tips keamanan internet

(Comments)

Internet menjadi kebutuhan bagi banyak orang, bahkan lebih dari kebutuhan tersier. Namun Tak banyak yang paham akan keamanan internet dan menjaga privacy secara online. Jaga IP kamu supaya tetap Privat. Berikut ini beberapa cara menyamarkan IP kamu.

Internet menjadi tempat yang berbahaya jika tidak tahu cara mengamankan diri. Karena banyak pihak-pihak yang berusaha mengincar para pengguna internet.

Maukah kamu data-data pribadi kamu di curi orang dan diumbar ke publik hingga disalahgunakan pihak-pihak tak bertanggungjawab?

Karena itulah pentingnya dalam menjaga keamanan internet untuk menjaga privacy kamu. Jangan sampai disalahgunakan pihak-pihak yang berbuat jahat.

Ilustrasi keamanan internet. (Pixabay)
Ilustrasi keamanan internet. (Pixabay)

Berikut ini cara menjaga keamanan internet dan tips privacy.

1. Jangan Sembarang Login

Jangan sembarang login email maupun media sosial di sembarang komputer atau perangkat yang tidak kamu kenal. Kamu tidak tahu apa yang ada di dalam komputer tersebut.Perhatikan juga halaman login tersebut, apakah benar asli dan meyakinkan? Bukan halaman login palsu yang dibuat untuk menjebak.

2. Private Browsing atau Incognito Mode

Jika harus login di perangkat yang bukan milikmu, kamu bisa memanfaatkan mode private atau incognito mode di browser yang kamu pakai.

Hampir semua browser telah mendukung mode mode private atau incognito. Dengan mode ini, browser dan komputer tidak akan menyimpan apa yang kamu lakukan selama browsing.

3. Buat Password yang Kuat

Pertahanan pertama dari email dan media sosial kamu adalah password. Buatlah password yang susah untuk ditebak, dan jangan pakai password yang pasaran.

Kamu bisa membuat password dengan menggunakan kombinasi angka, huruf kapital, dan simbol. Namun usahakan untuk tetap mudah diingat.

4. Tidak Sembarangan Beri Izin

Ketika mengakses internet, beberapa situs akan meminta izin untuk melakukan sesuatu. Dari minta akses cookie, push notifikasi, hingga dan masih banyak lainnya.

Permintaan izin seperti ini, biasanya disertai dengan term and condition alias kesepakatan sebelumnya. Kamu bisa membacanya dulu dan mempelajarinya sebelum menyetujui.

5. Amankan IP

Nomor IP ibaratkan alamat rumah yang sebaiknya tidak disebar ke sembarang orang. Pengamanan IP ini bukan hanya untuk perlindungan tapi menjaga privacy.

Berikut ini beberapa cara menyamarkan IP kamu: gunakan VPN, Proxy, TOR, dan masih banyak cara lainnya agar IP kamu tidak terbongkar ke publik.

6. Email Cadangan

Banyak yang menganggap remeh email, padahal ini penting dan harus dijaga. Termasuk akan media sosial pastinya terhubung dengan email.

Tidak ada salahnya membuat satu email lagi sebagai cadangan dan backup. Juga jadi recovery email jika email utama diambil alih peretas.

7. Aktivasi Otentifikasi Dua Faktor

Beberapa media sosial dan layanan online sekarang sudah menerapkan otentifikasi dua faktor. Apa itu Otentifikasi dua faktor?

Selain kamu login dengan username dan password, kamu juga diminta untuk memasukkan kode keamanan yang dikirimkan ke kamu. Bisa lewat email ataupun SMS.

8. Jangan Lupa Logout

Setelah login dan selesai, jangan lupa untuk logout. Terutama ketika kamu login email atau media sosial di perangkat yang bukan milikmu.

Ketika kamu lupa untuk logout, bisa jadi email atau akun media sosial milikmu masih terbuka di tempat tersebut. Bisa jadi dimanfaatkan orang lain.

9. Pastikan Menggunakan Protokol HTTPS

Jika browsing, usahakan untuk memilih akses ke situs-situs yang aman. Salah satu indikasinya adalah pemakaian protokol HTTPS di depan alamat situsnya.

Bukan berarti semua situs dengan HTTPS aman, namun setidaknya ada sertifikasi yang menjamin akses kamu ke situs tersebut aman.

10. Jangan Umbar Data Pribadi

Jangan mudah untuk mengumbar data-data pribadimu. Dari alamat, tanggal lahir, nama-nama keluarga, nomor telepon, apalagi nomor rekening.

Bahkan email pun termasuk jangan diumbar ke publik. Pisahkah email mana yang disebar ke publik dengan email utama untuk urusan pribadi.

Itulah 10 tips menjaga keamanan internet dan tips privacy yang bisa kamu terapkan untuk jaga-jaga. Jangan sampai data pribadi kamu dimanfaatkan orang lain.

Hot now!

Technology

Internet security

Are Cara Wifi admin melihat data penjelajahan internet!
424 Shares 4 Comments
Science

Internet privacy

Apa saja yang bisa dilihat admin Wifi.
424 Shares 4 Comments

Technology

Internet security

Are Dengan teori Jaringan- cara admin wifi melihat daftar riwayat penjelajahanmu!
424 Shares 4 Comments
Science

Internet privacy

Apa yang bisa dilihat admin Wifi.
424 Shares 4 Comments

Currently unrated

Comments

Riddles

22nd Jul- 2020, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20 Oct- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20Aug- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
10Aug- 2019, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
10Aug- 2015, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments

More News  »

Mengenal lebih dalam kurikulum merdeka

Recent news

Akhirnya Indonesia menerapkan kurikulum merdeka, namun sebenarnya apa sih itu kurikulum merdeka? 

read more
3 days, 21 hours ago

How to understand the impact of interactive variable from interaction model to depended variable

Recent news

I tried from my own research. And here it is

read more
2 weeks, 1 day ago

Thing you should do, to not clutter the social media

Recent news

There 7 things that really move the needle when it comes to social media. They aren’t always easy, but they really do produce results.

read more
2 weeks, 4 days ago

Elektabilitas cawapres 2024, Erick Thohir paling atas

Recent news

Jelang Pilpres 2024, sejumlah nama telah teridentifikasi dan mendapat dukungan publik. Tiga teratas capres sejauh ini adalah Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Ketiganya memang telah mengantongi dukungan dari beberapa partai politik. Namun, dukungan pada ketiganya tampak masih belum ajeg. Hal ini menunjukkan bahwa preferensi publik juga belum ajeg, masih rentan terhadap perkembangan situasi politik maupun kondisi lain.

read more
6 months ago

Perbedaan pandangan Dr Soepomo, Muh Yamin, dan Soekarno terhadap UUD 45

Recent news

Sebelum negara Indonesia merdeka, terdapat berbagai organisasi seperti BPUPKI. Di BPUPKI sendiri ada beragam peristiwa bersejarah. Misalnya adalah lahirnya pandangan Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno terhadap negara merdeka.
Pandangan ini lahir pada Sidang BPUPKI I di tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945. Nantinya, pandangan ini akan berpengaruh terhadap kehidupan bangsa dan negara Indonesia setelah merdeka

Pandangan Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno terhadap Negara Merdeka pada Sidang BPUPKI

Mengutip buku IPS Terpadu – Jilid 2B, Sri Pujiastuti, dkk (2007:3), BPUPKI adalah singkatan dari Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. BPUPKI lahir akibat janji PM Koiso untuk memerdekakan Indonesia agar Indonesia mau membantu Jepang melawan sekutu.
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, terdapat berbagai hal yang terjadi selama BPUPKI terbentuk. Contohnya adalah lahirnya pandangan Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno terhadap negara merdeka pada Sidang BPUPKI I. Berikut penjelasannya:

1. Mohammad Yamin

Mohammad Yamin berpidato pada tanggal 29 Mei 1945, yakni pada hari pertama Sidang BPUPKI I. Dalam pidato tersebut, Mohammad Yamin mengemukakan bahwa Indonesia harus merdeka berdasarkan peradaban bangsa sendiri, buka meniru negara lainnya.
Selain itu, beliau juga mengatakan bahwa Indonesia yang akan dibentuk meruppakan negara rakyat dalam suatu republik. Negara ini dipimpin oleh kepala negara pilihan serta dijalankan oleh kementerian dan bertanggung jawab pada majelis musyawarah

2. Soepomo

Soepomo menyatakan pandangannya akan negara merdeka pada tanggal 31 Mei 1945. Beliau berpendapat mengenai konsep negara integralistik yang mempunyai beberapa ciri-ciri, yakni:
  • Negara merupakan pengejawantahan secara organik oleh warga negara

read more
6 months, 1 week ago

Sepuluh fakta menarik tentang Jepang yang banyak orang belum tahu

Recent news

Berikut adalah 10 fakta menarik tentang Jepang yang mungkin tidak banyak diketahui orang:

read more
6 months, 1 week ago

Kumpulan rumus rumus fisika

Recent news

Rumus-rumus Fisika memang terkadang sulit dipahami. Butuh ketelitian dan kesabaran dalam mencerna setiap pembahasannya. Sobat notafraid yang mungkin berencana masuk IPA atau sudah masuk jurusan tersebut pasti merasakan hal seperti itu.

read more
6 months, 1 week ago

Pemberi dividien terbesar di 2023

Recent news
6 months, 1 week ago

More News »

Generic placeholder image

Collaboratively administrate empowered markets via plug-and-play networks. Dynamically procrastinate B2C users after installed base benefits. Dramatically visualize customer directed convergence without