Lima kapal induk terbesar di dunia, Indonesia juga sedang berencana membuat loh

(Comments)

Perang bisa terjadi di mana pun. Tak hanya di darat saja, lautan juga bisa jadi ajang di mana negara-negara berjibaku untuk jadi pemenang. Maka dari konsep dasar itulah kemudian tercipta alutsista-alutsista laut yang sebenarnya sudah dimulai sejak masa pra sejarah. Berbicara tentang alat perang laut, kapal induk di era sekarang ini begitu penting keberadaannya.

Berbeda dengan Frigate atau Destroyer, kapal induk memiliki kekuatan yang luar biasa. Wajar saja, selain ukurannya sangat besar dan dilengkapi dengan lusinan torpedo, kapal ini juga merupakan markas mengambang yang bagian atasnya bisa dihuni begitu banyak jet tempur. Alhasil tak heran kalau negara yang memiliki kapal macam begini kemudian begitu disegani. Dan masih soal kapal induk, berikut ini beberapa yang paling edan.

Kelas Nimitz, Amerika Serikat

Kelas Nimitz [image source]

Kapal induk yang satu ini tidak main-main besarnya. Dengan luas dek sebesar 4,5 hektar, kapal ini dapat menampung 60 unit pesawat terbang. Kapal ini juga memiliki bobot 97,000 ton dan menampung hingga 4000 kru. Sangat luas untuk dikatakan sebuah kapal. Kapal ini telah berumur lebih dari 50 tahun, namun hanya dibutuhkan satu kali perawatan. Bahkan sampai sekarang masih bisa digunakan. Bila terjadi perang, pastinya kapal ini akan sangat berguna, selain itu ukurannya yang fantastis, membuat pihak lawan tidak akan berani untuk mendekat ke perairan yang ia jaga. Kelas Nimitz juga dilengkapi reaktor nuklir sebagai bahan bakarnya, jadi semakin lengkap mimpi buruk bagi lawan kapal ini.

Admiral Kuznetsov

kuznetsov [image source]

Tidak mau kalah dengan rivalnya, Rusia juga memiliki kapal induknya sendiri. Admiral Kuznetsov memiliki luas dek sebesar 3,6 hektar dan mampu menampung 6 pesawat terbang besar. Bobotnya juga fantastis hingga 67,000 ton, Andiral Kuznetsov bisa menjadi mimpi buruk di lautan. Kapal ini juga dapat menampung sekitar 2500 kru di dalamnya. Selain itu juga dilengkapi banyak senjata perlindungan anti kapal selam dan pesawat tempur pada setiap sisi dari momok di samudera ini. Admiral Kuznetsov memastikan kalau tidak akan ada yang melanggar kedaulatan di perairan Rusia.

Liaoning, China

Liaoning [image source]

Kapal induk yang satu ini sebenarnya satu era dengan Admiral Kuznetsov. Setelah Uni Soviet pecah, akhirnya kapal yang tidak rampung pembuatannya ini di akusisi oleh China. Selanjutnya dikembangkan agar menjadi bentuk yang sempurna. Liaoning akhirnya menjadi kapal induk dari China, dengan bobot mencapai 59,000 ton, negara ini bisa merasa aman atas perlindungannya. Kapal ini bahkan dapat menampung 50 pesawat tempur termasuk jet dan helikopter serta ribuan kru di dalamnya.

Charles de Gaulle (R91), Perancis

Charles de Gaulle (R91) [image source]

Selain Amerika ternyata ada lagi kapal induk yang memiliki reaktor nuklir sebagai bahan bakarnya. Kapal ini adalah buatan Perancis dengan bobot mencapai 42,000 ton, kapal ini dapat mengangkut hingga 1350 kru. Belum lagi ditambah 40 pesawat tempur yang dapat mendarat di Pesawat tempur ini membuatnya semakin gagah perkasa.

São Paulo (A12), Brasil

Sao Paulo [image source]

Kapal ini dulunya dijual oleh Perancis pada Brasil. Dengan bobot 32,000 ton, kapal ini mampu mengangkut 1,920 kru serta 39 pesawat tempur. Kapal ini memiliki banyak senjata perlindungan baik dari serangan udara maupun dalam air. Selain itu kapal ini juga dinobatkan sebagai kapal bertenaga konvensional yang paling cepat di dunia. Hal ini membuat musuh-musuhnya tidak dapat lagi dari kejaran kapal ini.

Indonesia juga bakal punya, Markas KKP

Markas KKP [image source]

Saking maraknya pencurian ikan yang terjadi di perairan Indonesia, Menteri Susi Pujiastuti mengalangkan dana APBN sebesar 600 milyar untuk membangun kapal induk. Kapal itu nantinya diberi nama Markas KKP. Beliau bekerja sama dengan PT PAL  dan perusahaan-perusahaan pembuat kapal lokal untuk segera merealisasikan kapal induk ini. Diharapkan dengan adanya kapal Induk, maka kedaulatan di perairan Indonesia tetap terjaga.

Dari semua kapal induk yang ada, KKP tentu yang paling menyita perhatian. Seperti mimpi sih kalau Indonesia bisa memiliki kapal induk, tapi kita tunggu dan berharap saja semoga rencana pembangunan sang kapal tempur terbesar se NKRI itu bisa segera terealisasi. Dengan adanya KKP tentu posisi militer Indonesia bakal semakin dipertimbangkan.

Currently unrated

Comments

Teori krisis keuangan

Recent news
1 week, 1 day ago

Artist created a blended cat art with the landscape

Recent news

  
Cat Landscape Illustrations by Lim Heng Swee

This post may contain affiliate links. If you make a purchase, My Modern Met may earn an affiliate commission. Please read our disclosure for more info.

read more
1 week, 2 days ago

What if room famous paintings come to life

Recent news

What if Room Famous Paintings come to Life

Edited from the post of  EMMA TAGGART

read more
1 week, 3 days ago

Coronavirus memiliki asal mula dari alam

Recent news

Ilustrasi coronavirus (gambar stok).  |  Kredit: © pinkeyes / stock.adobe.com
Ilustrasi coronavirus (gambar stok).
Kredit: © pinkeyes / Adobe Stock

Novel coronavirus SARS-CoV-2 yang muncul di kota Wuhan, Cina, tahun lalu dan sejak itu menyebabkan epidemi COVID-19 berskala besar dan menyebar ke lebih dari 70 negara lain adalah produk evolusi alami, menurut temuan yang dipublikasikan hari ini di jurnal Nature Medicine .

read more
1 week, 3 days ago

Coronavirus: Negara mana saja yang mengunci dirinya

Recent news

Polisi Prancis mengendalikan kendaraan di Ustaritz, Prancis barat daya, Kamis, 19 Maret 2020.

Polisi Prancis mengendalikan kendaraan di Ustaritz, Prancis barat daya, Kamis, 19 Maret 2020.   -   Copyright   AP Photo / Bob Edme

read more
1 week, 3 days ago

Creativity amid the Corona outbreak - WFH design

Recent news

Some have set up their office on their beds. Others have migrated to kitchen tables or their couches. Many are trying to figure out how to maintain some normalcy while sharing small spaces with partners or family members.
Writng
And in the absence of proper work-from-home infrastructure (like, you know, an actual desk), a lot of people are getting creative.

The liquor cabinet desks

Emma Northcott, who is based in London, is using her liquor cabinet while she waits for an office that she ordered online to come in.
Patrick Gipson in New York had a similar idea.
They won't have to travel far for (virtual) happy hour.

    read more
    2 weeks ago

    Strategy for press release and also the contact of all journalist room in Indonesia

    Recent news

    Lately

    read more
    1 month ago

    The History of Financial Crisis after the Bretton Woods treaty ends

    Recent news
    1 month, 1 week ago

    More News »

    Generic placeholder image

    Collaboratively administrate empowered markets via plug-and-play networks. Dynamically procrastinate B2C users after installed base benefits. Dramatically visualize customer directed convergence without