Profil negara Sierra Leone!

(Comments)

Negara negara di benua Afrika belum lah sepopuler negara negara di Eropa. Pengetahuan tentang Sierra Leone misalnya. Apakah anda tahu bahwa Sierra Leone adalah sebuah negara yang terletak di bagian barat benua Afrika dan pesisir samudera Atlantik. Negara yang secara astronomisnya berada di antara 7°-10°LU dan 10°-14°BB ini berbatasan dengan negara Guinea di sebelah utaranya dan negara Liberia di sebelah tenggaranya. Sedangkan di sebelah barat dayanya Sierra Leone adalah Samudera Atlantik. Ibukota Sierra Leone adalah Freetown.

Dalam sejarahnya, Sierra Leone merupakan koloni Inggris sejak tahun 1808 hingga mencapai kemerdekaannya pada 27 April 2961 dari Inggris. Setelah kemerdekaannya, terjadi gejolak politik dan perang saudara yang mengakibatkan kematian dan perpindahan lebih dari 2 juta orang (sekitar sepertiga dari populasi Sierra Leone). Pada Oktober 1999, Dewan Keamanan PBB mengirimkan Pasukan Penjaga Perdamaian ke Sierra Leone hingga Politik dan Demokrasi Sierra Leone perlahan-lahan pulih kembali pada tahun 2005. Militer Sierra Leone kemudian mengambil alih tanggung jawab keamanan setelah perginya Pasukan Perdamaian PBB tersebut.

Luas negara Sierra Leone adalah sebesar 71.740km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 6.312.212 jiwa. Mayoritas penduduknya adalah etnis Temne 35.5%, etnis Mende 33.2%, Limba 6.4% dan etnis-etnis lainnya yang kurang dari 5% dari keseluruhan populasi Sierra Leone. Agama yang dianut oleh penduduk Sierra Leone adalah agama Islam 78,6% dan Kristen 20,8%. Bahasa resmi Sierra Leone adalah bahasa Inggris.

Sistem pemerintahan yang dianut oleh Sierra Leone adalah sistem pemerintahan Republik Presidensil yang kepala negara dan kepala pemerintahannya adalah Presiden. Presiden Sierra Leone dipilih melalui Pemilihan langsung Presiden untuk masa jabatan 5 tahun. Sedangkan Parlemen Sierra Leone terdiri dari 146 kursi dengan masa jabatan selama 5 tahun juga.

Di bidang perekonomian, Sierra Leone merupakan negara miskin yang hampir setengah populasi usia kerja bermatapencaharian di sektor pertanian subsisten yaitu pertanian swasembada yang hanya mencukupi kebutuhan keluarga dan diri sendiri. Sierra Leone pada dasarnya memiliki berbagai sumber daya mineral, pertanian dan perikanan. Namun pengembangannya masih sangat terbatas dan masih belum pulih dari perang saudara yang terjadi sebelumnya.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, pertumbuhan ekonomi didorong oleh sektor pertambangan khususnya pertambangan biji besi. Namun komoditas ini masih sangat rentan terhadap fluktuasi harga internasional. Hingga tahun 2014, pemerintah Sierra Leone mengandalkan bantuan eksternal untuk mendukung anggarannya, tetapi secara bertahap menjadi lebih mandiri.

Masalah ekonomi juga diperburuk dengan terjadinya wabah Ebola pada tahun 2014 dan 2015 serta dikombinasikan dengan penurunan harga komoditas global, menyebabkan kontraksi signifikan kegiatan ekonomi di semua bidang Sierre Leone. Pada tahun 2017, Pendapatan Domestik Bruto atau PDB Sierra Leaone adalah sebesar US$11,55 miliar dengan Pendapatan Per Kapita hanya sebesar US$1.600,-. Pertumbuhan ekonomi Sierra Leone mencapai 3,7%.

Di hubungan luar negeri, Sierre Leone bergabung sebagai anggota PBB pada 27 September 1961 dan sebagai juga negara anggota dari lembaga-lembaga internasional lainnya yang berada di bawah PBB seperti FAO, IAEA, ICAO, IFAD, ILO, IMF, IMO, ITU, UNCTAD, UNESCO, UNIDO, UNWTO, UPU, WHO, WIPO, WMO dan WTO. Selain itu, Sierre Leone juga aktif di beberapa organisasi internasional seperti Uni Afrika, Negera Persemakmuran Inggris (Commonwealth),  Masyarakat Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat (ECOWAS), Organisasi Kerjasama Islam (OIC) dan Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW).


Baca juga : Negara-negara Anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI atau OIC).

Profil Negara Sierra Leone

Profil Negara Sierra Leone

Berikut ini adalah profil negara Sierra Leone.

  • Nama Lengkap : Republik Sierra Leone (Republic of Sierra Leone)
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Presidensil
  • Kepala Negara : Presiden Julius Maada BIO (sejak 4 April 2018)
  • Kepala Pemerintahan : Presiden Julius Maada BIO (sejak 4 April 2018)
  • Ibukota : Freetown
  • Luas Wilayah : 740 km2
  • Jumlah Penduduk : 312.212 jiwa (2018)
  • Pertumbuhan Penduduk : 2,4% (2018)
  • Angka Kelahiran : 36 bayi per 1000 penduduk
  • Bahasa Resmi : Bahasa Inggris
  • Etnis : Temne 35.5%, Mende 33.2%, Limba 6.4%, Kono 4.4%, Fullah 3.4%, Loko 2.9%, Koranko 2.8%, Sherbro 2.6%, Mandingo 2.4%, Creole 1.2%, etnis lainnya di Sierra Leone 4.7%, etnis asing lainnya 0.3%, tidak diketahui 0.2% (estimasi 2013)
  • Agama : Islam 78.6%, Kristen 20.8%, agama lainnya 0.3%, tidak diketahui 0.2% (estimasi 2013)
  • Hari Kemerdekaan : 27 April 2961 (dari Inggris)
  • Hari Nasional : 27 April 2961 (hari kemerdekaan)
  • Lagu Kebangsaan : High We Exalt Thee, Realm of the Free
  • Kode Domain Internet : .sl
  • Kode Telepon : 232
  • Mata Uang : Leone Sierra Leone (SLL)
  • Pendapatan Per Kapita : US$1.600,- (2017)
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$11,55 miliar (2017)

Lambang Negara Sierra Leone dan Bendera Sierra Leone

Pembagian Wilayah Administrasi di Sierre Leone

Secara administratif, Republik Sierra Leone terbagi atas 4 Provinsi dan 1 Area. Berikut ini adalah 4 Provinsi dan 1 Area di Republik Sierra Leone beserta Ibukotanya.

No. Provinsi/Area Ibukota
1 Provinsi Eastern Kenema
2 Provinsi Northern Makeni
3 Provinsi North Western Port Loko
4 Provinsi Southern Bo
5 Area Western Freetown

 

Sumber referensi : Data-data Profil Negara Sierra Leone ini dikutip dari World Factbook.

Currently unrated

Comments

Meski belum bebas masuk eropa dan wilayah persemakmuran Inggris namun Paspor Indonesia bisa masuk ke 77 negara lainnya

Recent news
6 days, 14 hours ago

Marketing book in 2019 what are the crystal clear reads for you

Recent news

As it cited from usedproof website. Here is the great book for Marketer in 2019. 

read more
1 week ago

Good recommended Django books

Recent news

Learning python to create a web is one of great alternative. 

read more
1 week ago

Self taught programmer book

Recent news

A self taught programmer book is a great book to know how to life as a programmer that ready to produce a product. 

read more
1 week ago

Great book in learning stata

Recent news
1 week ago

Daftar susunan lengkap kabinet Jokowi Maaruf Amin 2019-2024 beserta gambar

Recent news
2 weeks, 4 days ago

Profil negara Sierra Leone!

Recent news
3 weeks, 1 day ago

Berpegang pada investasi LQ45 aja deh.. nda usah gabung saham goreng gorengan

Recent news

Kali ini mungkin saya ingin curhat! Mengenai pengalaman saya ber trading saham. 

read more
3 weeks, 6 days ago

More News »

Generic placeholder image

Collaboratively administrate empowered markets via plug-and-play networks. Dynamically procrastinate B2C users after installed base benefits. Dramatically visualize customer directed convergence without

Collaboratively administrate empowered markets via plug-and-play networks. Dynamically procrastinate B2C users after installed base benefits. Dramatically visualize customer directed convergence without revolutionary ROI.

Generic placeholder image

Collaboratively administrate empowered markets via plug-and-play networks. Dynamically procrastinate B2C users after installed base benefits. Dramatically visualize customer directed convergence without

Collaboratively administrate empowered markets via plug-and-play networks. Dynamically procrastinate B2C users after installed base benefits. Dramatically visualize customer directed convergence without revolutionary ROI.