Profil negara Mesir

(Comments)

Profil Negara Mesir (Egypt) – Mesir atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Egypt adalah sebuah negara yang terletak di dua benua (trans-benua) yaitu benua Afrika dan benua Asia. Negara dengan nama lengkap Republik Arab Mesir ini sebagian besar wilayahnya terletak di bagian timur laut Afrika sehingga sering digolongkan sebagai negara yang berada di benua Afrika. Berbagai media dan organisasi internasional juga sering menggolongkan Mesir sebagai negara yang berada di kawasan Timur Tengah.

Secara geografis, Mesir yang memiliki luas wilayah 1.001.450 km2 ini berbatasan dengan Libya di sebelah barat dan Sudan di sebelah Selatan, sedangkan di sebelah timur Mesir adalah Jalur Gaza dan Israel. Mesir juga berbatasan laut dengan Laut Tengah di sebelah utara dan Laut Merah di sebelah timur. Secara Astronomis, Mesir terletak di antara 25°BT- 36°BT dan 22°LU- 32°LU. Ibukota Mesir berada di Kota Kairo.

Mesir yang mayoritas penduduknya beragama Islam (sekitar 90%) ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 94.666.993 jiwa. Selain agama Islam, sekitar 10% penduduk Mesir adalah beragama Kristen. Kebanyakan penduduk Mesir menetap di pinggiran Sungai Nil dan kawasan delta sungai Nil di dekat laut Mediterania. Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia. Selain itu, sebagian besar daratan di Mesir merupakan bagian dari Gurun Sahara yang jarang dihuni orang. Bahasa Arab merupakan bahasa resmi negara ini, namun penduduk Mesir yang berpendidikan juga mengerti bahasa Inggris dan bahasa Perancis.

Sistem Pemerintahan yang dianut oleh Mesir adalah sistem pemerintahan Republik Presidensil, yaitu sistem pemerintahan dengan kepala negaranya adalah seorang Presiden yang dipilih oleh setiap 4 tahun sekali dan dapat menjabat sebanyak 2 kali periode. Berbeda dengan Republik Presidensil pada umumnya, Kepala pemerintahan di Mesir adalah seorang Perdana Menteri yang diangkat oleh Presiden.

Di sisi perekonomian, negara yang menempati sudut timur laut benua Afrika ini memiliki Pendapatan Domestik Bruto (PDB) berdasarkan paritas daya beli sebesar US$ 1,105 triliun dengan pertumbuhan ekonomi sekitar 3,8% pada tahun 2016. Pendapatan perkapita Mesir sebesar US$ 12.100,-. Aktivitas Ekonomi terutama sektor agrikultur Mesir banyak terpusat di lembah sungai Nil yang subur. Produk-produk agrikultur yang dihasilkan oleh Mesir diantaranya seperti Beras, jagung, gandum, kapas, buah-buahan, sayuran-sayuran, buah kurma, kambing, sapi dan domba. Terusan Suez yang merupakan kanal transportasi air dari Eropa ke Asia tanpa harus mengelilingi Afrika ini berada di wilayah Mesir. Terusan Suez diresmikan pada tahun 1869 dan memiliki panjang 163km.

Di hubungan luar negeri, Mesir merupakan anggota PBB dan Uni Afrika serta anggota lembaga-lembaga internasional yang berada di bawah PBB. Mesir adalah negara pertama di dunia yang mengakui kedaulatan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Profil Negara Mesir (Egypt)

Berikut ini adalah Profil Negara Mesir (Egypt) :

Nama Lengkap : Republik Arab Mesir (Arab Republic of Egypt)

Nama Lokal : Jumhuriyat Misr al-Arabiyah

Bentuk Pemerintahan : Republik Presidensil

Kepala Negara : Presiden Abdelfattah Said ELSISI (sejak 8 Juni 2014)

Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Sherif ISMAIL (sejak 12 September 2015)

Ibukota : Kairo

Luas Wilayah : 1.001.450 km2

Jumlah Penduduk : 94.666.993 jiwa

Pertumbuhan Penduduk : 2.51%

Angka Kelahiran : 30,3 bayi per 1000 penduduk

Bahasa Resmi : Arab

Agama : Islam 90%, Kristen 10%

Mata Uang : Pound Mesir (EGP)

Hari Nasional : 23 Juli 1952 (Hari Revolusi)

Lagu Kebangsaan : “Bilady, Bilady, Bilady” (My Homeland, My Homeland, My Homeland)

Kode Domain Internet : .eg

Kode Telepon : 20

Pendapatan Per Kapita : US$. 12.100,-

Pendapatan Domestik Bruto Nominal (PPP) : US$. 1,105 triliun

Lokasi : Benua Afrika

Pembagian Wilayah Mesir (Egypt)

Secara administratif, Mesir dibagi menjadi 27 Governorat. Berikut ini adalah 27 Governorat di Mesir beserta Ibukotanya.

No. Negara Bagian Ibukota 1 Aswan Aswan 2 Asyuth Asyuth 3 al-Bahr al-Ahmar Hurghada 4 Bani Suwayf Bani Suwayf 5 al-Buhayrah Damanhur 6 Bur Sa’id Bursaid 7 ad-Daqahliyah Mansura 8 Dumyat Dimyath 9 al-Fayyum Al Fayyum 10 al-Gharbiyah Tanta 11 al-Iskandariyah Iskandariyah 12 al-Isma’iliyah Ismailia 13 Janub Sina’ El Tor 14 al-Jizah Giza 15 Kafr asy-Syaykh Kafr asy-Syaykh 16 Matruh Marsa Matruh 17 al-Minufiyah Shibin al-Kawm 18 al-Minya Minya 19 al-Qahirah Kairo 20 al-Qalyubiah Banha 21 Qina Qina 22 Syamal Sina’ El Arish 23 asyh-Syarqiyah Zagazig 24 Suhaj Suhaj 25 as-Suways Suez 26 al-Uqsur Luxor 27 al-Wadi al-Jadid Kharga Sumber referensi : Data-data di Profil Negara Mesir ini dikutip dari CIA World Factbook.

Currently unrated

Comments

Riddles

22nd Jul- 2020, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20 Oct- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20Aug- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
10Aug- 2019, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
10Aug- 2015, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments

More News  »

Template that you need to know if you want to be pro in after effect

Recent news
6 days, 10 hours ago

What does the Fed do in 2008

Recent news
3 weeks, 1 day ago

What does the Fed do in 2008

Recent news

Today, one of the popular topic related to financial policy is the question on

read more
3 weeks, 1 day ago

What is Lifetime Value of customer

Recent news

Have you ever heard about LTV? well if you talk about Macroprudential policy, it will be loan to value. But if you talk about startups and the world of tech, it refers to the Lifetime value of a company. 

read more
1 month, 2 weeks ago

Mengenal lebih dalam kurikulum merdeka

Recent news

Akhirnya Indonesia menerapkan kurikulum merdeka, namun sebenarnya apa sih itu kurikulum merdeka? 

read more
1 month, 3 weeks ago

How to understand the impact of interactive variable from interaction model to depended variable

Recent news

I tried from my own research. And here it is

read more
2 months, 1 week ago

Thing you should do, to not clutter the social media

Recent news

There 7 things that really move the needle when it comes to social media. They aren’t always easy, but they really do produce results.

read more
2 months, 1 week ago

Elektabilitas cawapres 2024, Erick Thohir paling atas

Recent news

Jelang Pilpres 2024, sejumlah nama telah teridentifikasi dan mendapat dukungan publik. Tiga teratas capres sejauh ini adalah Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Ketiganya memang telah mengantongi dukungan dari beberapa partai politik. Namun, dukungan pada ketiganya tampak masih belum ajeg. Hal ini menunjukkan bahwa preferensi publik juga belum ajeg, masih rentan terhadap perkembangan situasi politik maupun kondisi lain.

read more
7 months, 3 weeks ago

More News »

Generic placeholder image

Collaboratively administrate empowered markets via plug-and-play networks. Dynamically procrastinate B2C users after installed base benefits. Dramatically visualize customer directed convergence without