Profil Negara Kroasia (Croatia)

(Comments)

Profil Negara Kroasia (Croatia) – Kroasia adalah sebuah negara yang terletak di benua Eropa, tepatnya di antara Selatan dan Timur benua Eropa. Negara yang secara astronomis berada diantara 42°-47°LU dan 13°-20°BT ini berbatasan dengan Slovenia dan Hongaria di sebelah utara, Serbia di sebelah timur, Bosnia Herzegovina dan Montenegro di tenggara sedangkan di sebelah Barat dayanya adalah Laut Adriatik. Ibukota Kroasia adalah kota Zagreb.

Dalam sejarahnya, wilayah yang saat ini merupakan negara Kroasia ini merupakan wilayah kekuasaan Austro-Hungaria hingga selesainya Perang Dunia I. Pada tahun 1918, Kroasia bersama dengan Serbia dan Slovenia membentuk sebuah kerajaan yang dikenal dengan nama Kerajaan Yugoslavia. Namun setelah Perang Dunia II, Kerajaan Yugoslavia berubah menjadi Negara Komunis dibawah pimpinan Marsekal Josip Broz, alias TITO dengan sebutan Republik Sosialis Federal Yugoslavia. Pada tahun 1991, Kroasia berhasil melepaskan diri dari Republik Sosialis Federal Yugoslavia. Tanggal 25 Juni 1991 kemudian diperingati sebagai hari Kemerdekaan Kroasia dari Yugoslavia.

Kroasia memiliki luas wilayah sebesar 56.594km2 dengan penduduk sebanyak 4.292.095 jiwa berdasarkan estimasi Juli 2017. Mayoritas penduduknya adalah etnis Kroasia (90,4%) dan etnis Serbia (4,4%). Sebagian besar penduduknya beragama Katolik Roma (86,3%) dan Ortodok (4,4%). Bahasa resmi Kroasia adalah bahasa Kroasia (Croatian). Kroasia merupakan salah satu negara di dunia ini yang mengalami pengurangan penduduk. Pada tahun 2017, Pertumbuhan penduduk Kroasia adalah -0,5%.

Sistem pemerintahaan yang dianut oleh Kroasia adalah sistem pemerintahan Republik Parlementer yang kepala negaranya adalah Presiden yang dipilih langsung oleh rakyatnya melalui Pemilihan Umum Presiden dengan masa jabatan 5 tahun (dapat dipilih kembali sebanyak 2 periode). sedangkan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri yang ditunjuk oleh Presiden dengan persetujuan Parlemen. Perdana Menteri Kroasia pada dasarnya adalah pemimpin partai politik atau pemimpin koaliasi politik terbesar di Kroasia.

Di bidang perekonomian, Kroasia memiliki Pendapatan Domestik Bruto sebesar US$100,2 miliar dengan Pendapatan perkapita sebesar US$24.100,- pada tahun 2017. Pilar utama perekonomian Kroasia adalah Pariwisata yang menyumbang sekitar 19,6% PDB Kroasia. Selain Pariwisata, Industri-industri yang penting bagi perekonomian Kroasia diantaranya seperti Industri Kimia dan Plastik, fabrikasi logam, elektronik, aluminium, kertas, produk kayu, bahan-bahan konstruksi, tekstil, pengolahan makanan dan minuman serta pengolahan minyak. Pertumbuhan ekonomi Kroasia pada tahun 2017 adalah sebesar 2,9%.

Di hubungan luar negeri, Kroasia bergabung menjadi negara anggota PBB sejak tahun 1992. Kroasia juga merupakan negara anggota dari lembaga-lembaga internasional yang berada di bawah PBB. Kroasia yang berada di kawasan benua Eropa ini juga merupakan negara anggota Uni Eropa sejak tahun 2013. Meskipun merupakan negara anggota Uni Eropa, Kroasia masih belum menggunakan mata uang Euro sebagai mata uang negaranya. Mata uang negara Kroasia adalah Kuna (HRK). Selain itu, Kroasia juga bergabung dengan NATO pada tahun 2009.

Baca juga : Negara-negara Anggota NATO.Profil Negara Kroasia (Croatia)

Berikut ini adalah profil negara Kroasia (Croatia).

  • Nama Lengkap : Republik Kroasia (Republic of Croatia)
  • Nama Lokal : Republika Hrvatska
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Parlementer
  • Kepala Negara : Presiden Kolinda GRABAR-KITAROVIC (sejak 19 February 2015)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Andrej PLENKOVIC (sejak 19 Oktober 2016)
  • Ibukota : Zagreb
  • Luas Wilayah : 56.594km2
  • Jumlah Penduduk : 4.292.095 jiwa (estimasi Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : –0,5% (2017)
  • Suku Bangsa : Kroasia (90,4%), Serbia (4,4%) dan etnis lainnya (5,2%)
  • Agama : Katolik Roma (86,3%), Ortodoks (4,4%), Muslim (1,5%), Tidak beragama atau Ateis (3,8%), agama lainnya (2,9%)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Kroasia
  • Mata Uang : Kuna (HRK)
  • Hari Kemerdekaan : 25 Juni 1991 (dari Yugoslavia)
  • Lagu Kebangsaan : “Lijepa nasa domovino” (Our Beautiful Homeland)
  • Kode Domain Internet : .hr
  • Kode Telepon : 385
  • Pendapatan Domestik Bruto : US$100,2 miliar (2017)
  • Pendapatan Per Kapita : US$24.100,- (2017)
  • Lokasi : Benua Eropa

Lambang Negara dan Bendera Negara Kroasia (Croatia)Pembagian Wilayah Administrasi Kroasia (Croatia)

Secara administratif, Republik Kroasia terbagi atas 20 Kabupaten dan 1 Kota. Berikut ini dalah daftar 20 Kabupaten dan 1 Kota di Kroasia beserta Ibukotanya.

No Kabupaten Kursi (Ibukota) 1 Bjelovar-Bilogora Bjelovar 2 Brod-Posavina Slavonski Brod 3 Dubrovnik-Neretva Dubrovnik 4 Istria Pazin 5 Karlovac Karlovac 6 Koprivnica-Križevci Koprivnica 7 Krapina-Zagorje Krapina 8 Lika-Senj Gospić 9 Međimurje Čakovec 10 Osijek-Baranja Osijek 11 Požega-Slavonia Požega 12 Primorje-Gorski Kotar Rijeka 13 Šibenik-Knin Šibenik 14 Sisak-Moslavina Sisak 15 Split-Dalmatia Split 16 Varaždin Varaždin 17 Virovitica-Podravina Virovitica 18 Vukovar-Srijem Vukovar 19 Zadar Zadar 20 Kabupaten Zagreb Zagreb 21 Kota Zagreb Zagreb Sumber referensi : Data-data Profil Negara Kroasia ini dikutip dari World Factbook.

Current rating: 5

Comments

Riddles

22nd Jul- 2020, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20 Oct- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20Aug- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
10Aug- 2019, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
10Aug- 2015, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments

More News  »

Harga BBNI meluncur tajam di bulan April, apakah kita perlu khawatir?

Recent news

Harga BBNI meluncur tajam di bulan April 2024, apakah kita perlu khawatir! Tentu tidak! Karena dari analisa nya sebenarnya sudah sangat aman!

read more
1 week, 2 days ago

BBRI di Bulan April kok turun tajam? Apakah kita perlu khawatir?

Recent news

Apakah kita perlu khawatir dengan harga saham yang meluncur tajam? 

read more
1 week, 3 days ago

Template that you need to know if you want to be pro in after effect

Recent news
2 weeks, 3 days ago

What does the Fed do in 2008

Recent news
1 month ago

What does the Fed do in 2008

Recent news

Today, one of the popular topic related to financial policy is the question on

read more
1 month ago

What is Lifetime Value of customer

Recent news

Have you ever heard about LTV? well if you talk about Macroprudential policy, it will be loan to value. But if you talk about startups and the world of tech, it refers to the Lifetime value of a company. 

read more
1 month, 4 weeks ago

Mengenal lebih dalam kurikulum merdeka

Recent news

Akhirnya Indonesia menerapkan kurikulum merdeka, namun sebenarnya apa sih itu kurikulum merdeka? 

read more
2 months, 1 week ago

How to understand the impact of interactive variable from interaction model to depended variable

Recent news

I tried from my own research. And here it is

read more
2 months, 2 weeks ago

More News »

Generic placeholder image

Collaboratively administrate empowered markets via plug-and-play networks. Dynamically procrastinate B2C users after installed base benefits. Dramatically visualize customer directed convergence without