Kandungan dan Gizi buah Nanas Pinneaple untuk kesehatan

(Comments)

Kandungan Gizi Buah Nenas dan Manfaat Buah Nenas bagi Kesehatan – Nenas adalah salah satu jenis buah-buahan Tropis yang terpopuler di dunia ini. Buah Nenas mengandung banyak gizi atau nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Nutrisi atau Gizi yang terkandung di dalam buah nenas diantaranya seperti Vitamin C, Manganese dan Asam Folat. Buah Nenas juga merupakan satu-satunya buah-buahan yang mengandung senyawa Bromelain.

Enzim Bromelain yang terkandung pada buah Nenas dapat memberikan manfaat kesehatan bagi yang mengkonsumsinya. Manfaat tersebut diantaranya seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit kanker, penyembuhan luka dan meningkatkan kesehatan pada usus.

Buah Nenas dapat dikonsumsi secara langsung dengan membuang kulitnya dan diolah menjadi berbagai makanan kaleng ataupun minuman jus. Nenas yang dalam bahasa inggirs disebut dengan Pineapple ini memiliki nama ilmiah Ananas comosus.

Kandungan Gizi Buah Nenas per 100g

Berikut ini adalahkandungan gizi dalam buah Nenas pada setiap 100 gramnya (3,5oz).

Kalori 50 kal – Karbohidrat 13,1g – Protein 0,5g – Gula 9,9g – Serat 1,4g – Lemak 0,1g – Vitamin B1 (Thiamine) 0,08mg 7% Vitamin B2 (Riboflavin) 0,03mg 2% Vitamin B3 (Niacin) 0,5mg 3% Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,21mg 4% Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,11mg 9% Cholin 5,5mg 1% Kalsium 13mg 1% Zat Besi 0,29mg 4% Magnesium 12mg 3% Fosfor 8mg 1% Potassium (Kalium) 109mg 2% Sodium 1mg 0% Seng (Zinc) 0,12mg 1% Tembaga (Copper) 0,11mg 12% Manganese 0,93mg 40% Manfaat Buah Nenas bagi Kesehatan

Buah Tropis ini memberikan banyak manfaat bagi orang yang mengkonsumsinya. Beberapa manfaat Buah Nenas tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C merupakan Antioksidan larut dalam air yang dapat mempertahankan semua organ tubuh yang mengandung air dari serangan radikal bebas. Radikal bebas adalah penyebab utama terjadinya penumpukan plak arteri atherosclerosis yang dapat menimbulkan penyakit jantung, merusak sel-sel usus dan kejang pada saluran pernapasan. Selain itu, Vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ini dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit seperti pilek, batuk dan sakit tenggorokan.

2. Mencegah Penyakit Asma

Risiko penyakit Asma akan berkurang pada orang yang mengkonsumsi nutrisi atau gizi tertentu dalam jumlah besar. Salah satu Gizi yang dapat mencegah penyakit Asma adalah Beta Karoten. Beta Karoten yang terkandung dalam buah-buahan seperti Nenas dapat mencegah timbulnya penyakit Asma.

3. Meperlancar Sistem Pencernaan

Serat yang dikandung oleh buah Nenas sangat bermanfaat bagi kesehatan usus kita sehingga dapat membantu mencegah sembelit dan menjaga keteraturan saluran pencernaan.

4. Meningkatkan Kesuburan (Fertilitas)

Diet yang kaya Antioksidan terbukti dapat meningkatkan kesuburan. Hal ini dikarenakan Radikal bebas dapat merusakan sistem reproduksi, makanan yang mengandung antioksidan seperti buah nenas biasanya dianjurkan bagi orang yang ingin mencoba hamil. Antioksidan dalam buah nanas seperti vitamin, beta-karoten, mineral tembaga, seng, dan folat dapat meningkatkan kesuburan baik bagi pria maupun wanita.

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Konsumsi buah Nenas yang kaya akan vitamin C dapat membantu untuk melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari dan polusi, mengurangi keriput dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. Vitamin C juga memliki peranan yang penting dalam pembentukan Kolagen yaitu struktur organik pembangun kulit, tulang, gigi, sendi dan otot.

6. Meredakan Peradangan dan Penyembuhan cepat pada Luka

Enzim Bromelain yang terdapat pada buah nenas memiliki kemampuan untuk mengurangi pembengkakan, memar dan mempercepat waktu penyembuhan luka. Bromelain saat ini digunakan untuk mengobati dan mengurangi peradangan dari Tendinitis (peradangan yang terjadi pada struktur elastis yang menghubungkan otot dengan tulang atau tendon), keseleo, cedera otot ringan serta pembengkakan pada operasi telinga, hidung dan tenggorokan.

7. Menurunkan Resiko Kanker

Vitamin C yang terkandung pada buah Nenas merupakan antioksidan yang sangat kuat untuk menangkal radikal bebas yang diketahui sebagai penyebab penyakit kanker. Makanan yang mengandung Beta Karoten juga memegang peranan penting dalam melindungi penyakit kanker prostat menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health’s Department of Nutrition. Pada penelitian-penelitian tentang enzim Bromelain juga menunjukan manfaat Bromelain yang dapat digunakan untuk mengurangi beberapa efek samping dalam pengobatan standar kanker.

8. Menurunkan Tekanan Darah

Mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung Potassium atau Kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah. Nenas mengandung Potassium atau Kalium sebesar 109mg per 100gram-nya.

9. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan Kalsium dalam buah Nenas dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah Osteoporosis.

10. Menjaga Kesehatan Jantung

Serat, Vitamin, Kalium (Potassium) yang terkandung dalam buah nenas dapat menjaga kesehatan jantung. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi 4.069 mg kalium (potassium) per hari akan menurunkan risiko terkenanya penyakit jantung sebesar 49% dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi Kalium (Potassium) kurang dari 1.000 mg per hari. Kalium atau Potassium juga dapat menurunkan risiko Stroke dan mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal.

Sumber referensi : Kandungan Gizi buah Nenas per 100gram dikutip dari Authority Nutrition. Manfaat buah Nenas bagi kesehatan diolah dari berbagai sumber.

Currently unrated

Comments

Teori krisis keuangan

Recent news
2 weeks, 1 day ago

Artist created a blended cat art with the landscape

Recent news

  
Cat Landscape Illustrations by Lim Heng Swee

This post may contain affiliate links. If you make a purchase, My Modern Met may earn an affiliate commission. Please read our disclosure for more info.

read more
2 weeks, 2 days ago

What if room famous paintings come to life

Recent news

What if Room Famous Paintings come to Life

Edited from the post of  EMMA TAGGART

read more
2 weeks, 3 days ago

Coronavirus memiliki asal mula dari alam

Recent news

Ilustrasi coronavirus (gambar stok).  |  Kredit: © pinkeyes / stock.adobe.com
Ilustrasi coronavirus (gambar stok).
Kredit: © pinkeyes / Adobe Stock

Novel coronavirus SARS-CoV-2 yang muncul di kota Wuhan, Cina, tahun lalu dan sejak itu menyebabkan epidemi COVID-19 berskala besar dan menyebar ke lebih dari 70 negara lain adalah produk evolusi alami, menurut temuan yang dipublikasikan hari ini di jurnal Nature Medicine .

read more
2 weeks, 3 days ago

Coronavirus: Negara mana saja yang mengunci dirinya

Recent news

Polisi Prancis mengendalikan kendaraan di Ustaritz, Prancis barat daya, Kamis, 19 Maret 2020.

Polisi Prancis mengendalikan kendaraan di Ustaritz, Prancis barat daya, Kamis, 19 Maret 2020.   -   Copyright   AP Photo / Bob Edme

read more
2 weeks, 3 days ago

Creativity amid the Corona outbreak - WFH design

Recent news

Some have set up their office on their beds. Others have migrated to kitchen tables or their couches. Many are trying to figure out how to maintain some normalcy while sharing small spaces with partners or family members.
Writng
And in the absence of proper work-from-home infrastructure (like, you know, an actual desk), a lot of people are getting creative.

The liquor cabinet desks

Emma Northcott, who is based in London, is using her liquor cabinet while she waits for an office that she ordered online to come in.
Patrick Gipson in New York had a similar idea.
They won't have to travel far for (virtual) happy hour.

    read more
    3 weeks ago

    Strategy for press release and also the contact of all journalist room in Indonesia

    Recent news

    Lately

    read more
    1 month, 1 week ago

    The History of Financial Crisis after the Bretton Woods treaty ends

    Recent news
    1 month, 2 weeks ago

    More News »

    Generic placeholder image

    Collaboratively administrate empowered markets via plug-and-play networks. Dynamically procrastinate B2C users after installed base benefits. Dramatically visualize customer directed convergence without