Profil negara Sudan

(Comments)

Profil Negara Sudan – Sudan adalah sebuah Negara yang terletak di benua Afrika bagian utara. Secara geografis, Sudan berbatasan dengan Mesir disebelah utaranya, berbatasan dengan Sudan Selatan di selatan, berbatasan dengan Afrika Tengah dan Kongo di sebelah barat daya serta berbatasan dengan Chad di Barat dan berbatasan dengan Libya di barat lautnya. Sudan juga berbatasan dengan Eritrea dan Ethiopia disebelah tenggaranya. Sedangkan di Timur laut Sudan adalah Laut Merah (Red Sea). Kebanyakan wilayah Sudan adalah daratan dan hanya beberap tempat yang berupa pengunungan. Titik tertinggi Sudan adalah Deriba Caldera (3042m) yang terletak di Gunung Marrah.

Dalam sejarahnya, Sudan berhasil ditaklukkan oleh Inggris pada tahun 1898 yang kemudian memerintahkan wilayah tersebut bersama dengan Mesir. Pertumbuhan Nasionalisme Sudan pada abad ke-20 berhasil memaksa Inggris untuk mengabulkan pemerintahan sendiri dan kemudian mencapai kemerdekaan pada 1 Januari 1956. Sejak kemerdekaannya, Sudah diperintah oleh serangkaian pemerintahan parlementer dan rezim militer yang tidak stabil. Ibukota Sudan adalah kota Khartoum.

Sebelum berpisahnya Sudan Selatan dengan Sudan pada tahun 2011, Negara Sudan merupakan negara terbesar di benua Afrika. Saat ini, Sudan memiliki luas wilayah sebesar 1.861.484 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 43.120.843 jiwa (2018). Mayoritas penduduknya adalah etnis Arab Sudan 70% dan sisanya adalah etnis Fur, Beja, Nuba dan Fallata. Agama Islam (Sunni) adalah agama yang dianut oleh sebagian besar penduduk Sudan. Terdapat dua Bahasa resmi di Sudan yaitu Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Sistem pemerintahan Sudan adalah sistem pemerintahan Republik Presidensil yaitu sistem pemerintahan yang kepala negara dan kepala pemerintahannya adalah Presiden. Namun pada April 2019 terjadi kudeta militer yang menggulingkan Presiden Omar al-Bashir hingga terjadi kesepakatan dewan militer yang berkuasa dengan aliansi oposisi sipil pada Agustus 2019 yang menandatangai kesepakatan pembagian kekuasaan sebagai “Dewan yang Berdaulat (Sovereign Council)” yang terdiri dari 6 Warga Sipil dan 5 Jenderal. Kepemimpinan Dewan akan dirotasi untuk periode 3 tahun sampai diadakannya Pemilihan Umum.

Di bidang Perekonomian, Sudan yang telah mengalami konflik sosial yang berkepanjangan dan perang saudara serta berpisahnya Sudan Selatan sehingga menyebabkan hilangnya tiga perempat produksi minyaknya. Hilangnya pendapatan dari sektor perminyakan ini semakin memperburuk keadaan ekonomi Sudan yang masih sangat rapuh. Pertumbuhan ekonomi Sudan pada tahun 2017 hanya sekitar 1,4% dengan Pendapatan Domestik Bruto hanya sekitar US$177,4 miliar. Pendapatan Per Kapita Sudah pada tahun 2017 adalah US$4.300,-. Selain sektor perminyakan, industri-industri yang penting bagi perekonomian Sudan adalah produksi kapas, tekstil, semen, minyak nabati, gula, penyulingan sabun, penyulingan minyak bumi, obat-obatan, peralatan perang, perakitan mobil dan truk ringan.

Di Hubungan luar negeri, Sudan adalah negara anggota PBB yang bergabung pada 12 November 1956. Sudan juga merupakan negara anggota lembaga-lembaga internasional yang berada dibawah PBB seperti FAO, IAEA, ICAO, IFAD, ILO, IMF, IMO, ITU, UNCTAD, UNESCO, UNHCR, UNIDO, UNWTO, UPU, WHO, WIPO, WMO dan WTO (Pengamat). Selain itu Sudan juga bergabung sebagai anggota Uni Afrika, Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan beberapa organisasi negara-negara benua Afrika dan Arab seperti Arab Bank for Economic Development in Africa (ABEDA), African, Caribbean and Pacific Group of States (ACP), African Development Bank (AfDB), Council of Arab Economic Unity (CAEU) dan Common Market for Eastern and Southern Africa (COMESA).

Baca juga : Negara Anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Profil Negara Sudan

Berikut ini adalah Profil Negara Sudan.

  • Nama Lengkap : Republik Sudan (Republic of the Sudan)
  • Nama Lokal : Jumhuriyat as-Sudan
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Presidensil
  • Kepala Negara : – (digantikan dengan Dewan yang Berdaulat (Sovereign Council) yang terdiri dari 6 warga sipil dan 5 Jenderal; Kepemimpinan Dewan akan dirotasi untuk periode 3 tahun sampai diadakannya Pemilihan Umum)
  • Kepala Pemerintahan : – (digantikan dengan Dewan yang Berdaulat (Sovereign Council) yang terdiri dari 6 warga sipil dan 5 Jenderal; Kepemimpinan Dewan akan dirotasi untuk periode 3 tahun sampai diadakannya Pemilihan Umum)
  • Ibukota : Khartoum
  • Luas Wilayah : 1.861.484 km2
  • Jumlah Penduduk : 43.120.843 jiwa (2018)
  • Pertumbuhan Penduduk : 2,93% (2018)
  • Angka Kelahiran : 34,2 bayi per 1000 penduduk
  • Bahasa Resmi : Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
  • Etnis : Arab Sudan (sekitar 70%), Fur, Beja, Nuba, Fallata
  • Agama : Islam Sunni dan minoritas Kristen
  • Hari Kemerdekaan : 1 Januari 1956 (dari Mesir dan Inggris)
  • Hari Nasional : 1 Januari 1956 (Hari Kemerdekaan)
  • Lagu Kebangsaan : “Nahnu Djundulla Djundulwatan” (We Are the Army of God and of Our Land)
  • Kode Domain Internet : .sd
  • Kode Telepon : 249
  • Mata Uang : Pound Sudan (SDG)
  • Pendapatan Per Kapita : US$4.300,- (2017)
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$177,4 miliar (2017)
  • Lokasi : Benua Afrika (Afrika Utara)

Pembagian Wilayah Administratif Sudan

Secara administratif, Republik Sudan terbagi atas 18 Negara Bagian. Berikut ini adalah daftar 18 Negara Bagian di Republik Sudan beserta Ibukotany.

No. Negara Bagian Ibukota 1 Gezira Wad Madani 2 Al Qadarif Al Qadarif 3 Blue Nile Ad-Damazin 4 Central Darfur Zalingei 5 East Darfur Ed Daein 6 Kassala Kassala 7 Khartoum Khartoum 8 North Darfur Al-Fashir 9 North Kordofan El-Obeid 10 Northern Dongola 11 Red Sea Port Sudan 12 River Nile Ad-Damir 13 Sennar Sennar 14 South Darfur Nyala 15 South Kordofan Kaduqli 16 West Darfur Geneina 17 West Kordofan Al-Fulah 18 White Nile Rabak Sumber referensi : Data-data di Profil Negara Sudan ini dikutip dari World Factbook.

Currently unrated

Comments

Riddles

22nd Jul- 2020, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20 Oct- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20Aug- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
10Aug- 2019, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
10Aug- 2015, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments

More News  »

Harga BBNI meluncur tajam di bulan April, apakah kita perlu khawatir?

Recent news

Harga BBNI meluncur tajam di bulan April 2024, apakah kita perlu khawatir! Tentu tidak! Karena dari analisa nya sebenarnya sudah sangat aman!

read more
2 weeks, 3 days ago

BBRI di Bulan April kok turun tajam? Apakah kita perlu khawatir?

Recent news

Apakah kita perlu khawatir dengan harga saham yang meluncur tajam? 

read more
2 weeks, 4 days ago

Template that you need to know if you want to be pro in after effect

Recent news
3 weeks, 4 days ago

What does the Fed do in 2008

Recent news
1 month, 1 week ago

What does the Fed do in 2008

Recent news

Today, one of the popular topic related to financial policy is the question on

read more
1 month, 1 week ago

What is Lifetime Value of customer

Recent news

Have you ever heard about LTV? well if you talk about Macroprudential policy, it will be loan to value. But if you talk about startups and the world of tech, it refers to the Lifetime value of a company. 

read more
2 months ago

Mengenal lebih dalam kurikulum merdeka

Recent news

Akhirnya Indonesia menerapkan kurikulum merdeka, namun sebenarnya apa sih itu kurikulum merdeka? 

read more
2 months, 2 weeks ago

How to understand the impact of interactive variable from interaction model to depended variable

Recent news

I tried from my own research. And here it is

read more
2 months, 3 weeks ago

More News »

Generic placeholder image

Collaboratively administrate empowered markets via plug-and-play networks. Dynamically procrastinate B2C users after installed base benefits. Dramatically visualize customer directed convergence without