Mengenal Galaksi

(Comments)

Pengertian Galaksi dan Karakteristik serta Jenis-jenis Galaksi – Galaksi (Galaxy) adalah struktur astronomi raksasa yang terdiri dari kumpulan bintang, planet, gas, debu, dan materi gelap, yang disatukan bersama oleh gravitasi. Galaksi merupakan salah satu bentuk dasar dari struktur kosmos dan kemungkinan terdapat ratusan miliar atau bahkan triliunan galaksi di alam semesta yang luas ini.

Semakin dalam kita melihat ke dalam kosmos, semakin banyak galaksi yang kita lihat. Sebuah penelitian di tahun 2016 memperkirakan bahwa alam semesta yang bisa diamati terdiri dari dua triliunan galaksi. Sebagian dari sistem-sistem jauh tersebut mirip dengan galaksi Bima Sakti kita, sedangkan sebagian lagi sangat berbeda.

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang pengertian galaksi dan jenis-jenisnya serta karakteristik-karakteristik yang membuatnya begitu menarik untuk dipelajari oleh para astronom dan ilmuwan.

Pengertian Galaksi

Galaksi adalah sistem astronomi yang terdiri dari planet-planet, gas, debu dan materi gelap serta jutaan hingga triliunan bintang yang berinteraksi dalam ikatan gravitasi. Istilah Galaksi pada dasarnya berasal dari Bahasa Yunani yang artinya adalah “Semacam Susu” ini dapat memiliki berbagai bentuk dan ukuran, mulai dari galaksi kecil seperti galaksi elips dan galaksi spiral hingga galaksi besar seperti galaksi elips raksasa dan galaksi berlengan.
Baca juga: Planet-planet dalam Sistem Tata Surya.

Jenis-jenis Galaksi

Terdapat 3 jenis utama Galaksi yaitu Galaksi Elips, Galaksi Spiral dan Galaksi Tidak Beraturan. Berikut ini adalah penjelasan singkat dari ketiga jenis Galaksi tersebut.

  1. Galaksi Elips (Elliptical Galaxies): Galaksi elips memiliki bentuk yang hampir bulat atau elipsoidal dengan distribusi bintang yang cenderung merata. Galaksi ini sering kali kurang memiliki fitur menonjol seperti spiral arm atau struktur lainnya. Umumnya, galaksi elips mengandung bintang yang lebih tua dan memiliki sedikit jumlah materi antargalaksi seperti gas dan debu.
  2. Galaksi Spiral (Spiral Galaxies): Galaksi spiral memiliki ciri-ciri yang mencolok berupa lengan spiral yang keluar dari inti galaksi. Lengan spiral ini terbentuk oleh kumpulan bintang, gas, dan debu yang saling terikat oleh gaya gravitasi. Menurut penelitian, terdapat banyak galaksi spiral di alam semesta ini, termasuk Bima Sakti yaitu galaksi dimana kita berada.
  3. Galaksi Irregular (Irregular Galaxies): Galaksi tak beraturan atau Irregular Galaxies memiliki bentuk yang tidak teratur dan kompleks. Mereka cenderung tidak memiliki struktur yang jelas seperti galaksi elips atau spiral. Galaksi ini sering kali mengandung banyak gas dan debu, serta memiliki laju pembentukan bintang yang tinggi.

Karakteristik dan Ciri Khas Galaksi

Berikut ini adalah beberapa Karakteristik dan Ciri Khas dari Galaksi.

  1. Bentuk dan Ukuran: Galaksi dapat memiliki berbagai bentuk, tetapi bentuk umum adalah elips, spiral, atau tak beraturan. Ukuran galaksi juga bervariasi, mulai dari beberapa ribu hingga ratusan ribu tahun cahaya.
  2. Komposisi Bintang: Galaksi mengandung jutaan hingga triliunan bintang. Komposisi bintang dalam galaksi bervariasi tergantung pada jenisnya. Galaksi elips lebih cenderung memiliki bintang yang lebih tua, sementara galaksi spiral memiliki kombinasi yang terdiri dari bintang yang lebih tua dan lebih muda.
  3. Lengan Spiral: Galaksi spiral ditandai oleh lengan spiral yang indah yang terbentuk dari kumpulan triliunan bintang, gas, dan debu yang padat. Lengan spiral ini adalah tempat di mana banyak bintang lahir.
  4. Lubang Hitam (Black Hole) di Pusat: Banyak galaksi, termasuk Bima Sakti, diyakini memiliki lubang hitam supermasif di pusatnya. Lubang hitam ini memiliki massa miliaran kali lebih besar daripada Matahari dan memainkan peran penting dalam evolusi galaksi.
  5. Interaksi Galaksi: Galaksi dapat berinteraksi gravitasi dengan galaksi lain yang menyebabkan peristiwa seperti penggabungan galaksi. Interaksi semacam ini dapat mempengaruhi bentuk dan evolusi galaksi yang terlibat.
Currently unrated

Comments

Riddles

22nd Jul- 2020, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20 Oct- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20Aug- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
10Aug- 2019, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
10Aug- 2015, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments

More News  »

Kalender pendidikan 2023 / 2024

Recent news

Tahun ajaran baru telah tiba. Yuk, cek kalender akademik 2023/2023 jenjang SD, SMP, SMA, SMK di wilayah DKI Jakarta terbaru untuk mengetahui jadwal pelaksanaan PTS, PAS, PAT/UKK, dan hari libur nasional.

read more
1 month, 1 week ago

Harga BBNI meluncur tajam di bulan April, apakah kita perlu khawatir?

Recent news

Harga BBNI meluncur tajam di bulan April 2024, apakah kita perlu khawatir! Tentu tidak! Karena dari analisa nya sebenarnya sudah sangat aman!

read more
2 months, 3 weeks ago

BBRI di Bulan April kok turun tajam? Apakah kita perlu khawatir?

Recent news

Apakah kita perlu khawatir dengan harga saham yang meluncur tajam? 

read more
2 months, 4 weeks ago

Template that you need to know if you want to be pro in after effect

Recent news
3 months ago

What does the Fed do in 2008

Recent news
3 months, 3 weeks ago

What does the Fed do in 2008

Recent news

Today, one of the popular topic related to financial policy is the question on

read more
3 months, 3 weeks ago

What is Lifetime Value of customer

Recent news

Have you ever heard about LTV? well if you talk about Macroprudential policy, it will be loan to value. But if you talk about startups and the world of tech, it refers to the Lifetime value of a company. 

read more
4 months, 2 weeks ago

Mengenal lebih dalam kurikulum merdeka

Recent news

Akhirnya Indonesia menerapkan kurikulum merdeka, namun sebenarnya apa sih itu kurikulum merdeka? 

read more
4 months, 3 weeks ago

More News »

Generic placeholder image

Collaboratively administrate empowered markets via plug-and-play networks. Dynamically procrastinate B2C users after installed base benefits. Dramatically visualize customer directed convergence without