Misteri batuk dan penyebarannya yang tertangkap oleh kamera

(Comments)

NYT the cough

Dikutip dari New York Times,

Batuk Misterius, Terperangkap dalam Film
Oleh DENISE GRADYOCT. 27, 2008

Lanjutkan membaca cerita utama. Bagikan Halaman Ini
Bagikan
Menciak
E-mail
Lebih
Menyimpan
Dalam novel Roald Dahl "The B.F.G.," karakter judul, raksasa ramah yang besar, menangkap mimpi di toples kaca. Di Pennsylvania State University, seorang profesor teknik telah menangkap sesuatu yang kurang aneh tapi tidak kalah fana - batuk - pada film.

Gambar itu, yang diterbitkan secara online 9 Oktober oleh The New England Journal of Medicine, diciptakan oleh fotografi schlieren, yang "mengambil fenomena yang tak terlihat dan mengubahnya menjadi gambar yang terlihat," kata profesor teknik, Gary Settles, yang merupakan direktur dari laboratorium dinamika gas universitas.

Schlieren adalah bahasa Jerman untuk "coretan"; dalam hal ini mengacu pada daerah dengan kepadatan berbeda dalam gas atau cairan, yang dapat difoto sebagai bayangan menggunakan teknik khusus.

"Di lab saya, kami banyak menggunakan teknik ini," kata Dr. Settles. "Sering digunakan untuk hal-hal lain, seperti di terowongan angin supersonik, untuk menunjukkan gelombang kejut di sekitar pesawat berkecepatan tinggi."

Foto

Batuk. Credit Gary Settles / Universitas Negeri Pennsylvania
Prosesnya melibatkan sumber cahaya kecil yang terang, lensa yang ditempatkan dengan tepat, cermin melengkung, pisau cukur yang menghalangi bagian dari berkas cahaya dan alat-alat lain yang memungkinkan untuk melihat dan memotret gangguan di udara. Dalam dunia dinamika gas, batuk hanyalah “jet udara yang bergejolak dengan perubahan kepadatan.” Meskipun batuk menyebar tuberkulosis, SARS, influenza, dan penyakit lainnya, yang mengejutkan hanya sedikit yang diketahui tentang mereka. "Kami tidak memiliki pemahaman yang baik tentang aliran udara," kata Dr. Settles.

Untuk memetakan batuk, ia bekerja sama dengan Dr. Julian Tang, seorang pakar virus dari Singapura. Seorang siswa yang sehat memberikan batuk. Udara yang dikeluarkan, bergerak dengan kecepatan 18 mil per jam, dicampur dengan udara sekitar yang lebih dingin dan menghasilkan “perbedaan suhu yang membelokkan sinar cahaya dengan jumlah yang berbeda,” kata Dr. Settles.

Lanjutkan membaca cerita utama
CAKUPAN TERKAIT
rangkai salindia
Melihat OCT yang Tak Terlihat. 27, 2008
Dia melanjutkan, “Hal berikutnya adalah, Anda membuat beberapa orang di depan cermin berbicara, atau satu batuk pada yang lain, dan Anda melihat bagaimana aliran udara bergerak, bagaimana orang saling menginfeksi satu sama lain. Atau Anda melihat bagaimana batuk dapat menyebarkan infeksi di udara di rumah sakit. Ini benar-benar sebuah saran untuk bagaimana kita dapat mempelajari semua itu. Teknik yang digunakan dalam terowongan angin dapat digunakan untuk mempelajari penyakit manusia. ”

Daftar Newsletter, Terus membaca berita utama
Times Sains
Kami akan membawakan Anda kisah-kisah yang mengabadikan keajaiban tubuh manusia, alam, dan kosmos.

Masukkan alamat email Anda
 Daftar

Anda setuju untuk menerima pembaruan sesekali dan penawaran khusus untuk produk dan layanan The New York Times.

LIHAT SAMPEL MENGELOLA PREFERENSI EMAIL KEBIJAKAN PRIVASI KELUAR ATAU HUBUNGI KAMI KAPAN SAJA
Gambar schlieren lainnya menunjukkan udara yang bergejolak dan gelombang kejut yang berasal dari tembakan pistol; Airedale mengendus bunga kecil; dan dunia yang tak terlihat, berkilau di sekitar lilin yang terbakar oleh angin.

Foto terakhir, dalam mock-up skala penuh dari kabin pesawat terbang, menangkap dalam mikrodetik kilatan ledakan di bawah peragawati di kursi pesawat terbang dan penyebaran gelombang kejut ke dalam kabin. Ledakan itu adalah penciptaan kembali upaya teroris pada tahun 1994 untuk menjatuhkan penerbangan Philippine Airlines dengan bom nitrogliserin. Pesawat itu tidak jatuh, tetapi ledakan itu membunuh penumpang yang duduk di atas bom. Simulasi tersebut menggunakan ledakan yang tidak terlalu kuat dari pengeboman yang sebenarnya.

"Simulasi ini membantu untuk memahami bagaimana energi ledakan di kapal bergema di sekitar kabin," kata Dr. Settles, "dan juga bermanfaat untuk memeriksa hasil simulasi ledakan komputer."

Versi artikel ini muncul di media cetak pada halaman D3 edisi New York dengan tajuk utama: The Mysterious Cough, Caught on Film. Cetak Ulang Pesanan | Makalah Hari Ini | Berlangganan

Currently unrated

Comments

Riddles

22nd Jul- 2020, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20 Oct- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20Aug- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
10Aug- 2019, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
10Aug- 2015, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments

More News  »

Kalender pendidikan 2023 / 2024

Recent news

Tahun ajaran baru telah tiba. Yuk, cek kalender akademik 2023/2023 jenjang SD, SMP, SMA, SMK di wilayah DKI Jakarta terbaru untuk mengetahui jadwal pelaksanaan PTS, PAS, PAT/UKK, dan hari libur nasional.

read more
4 months, 1 week ago

Harga BBNI meluncur tajam di bulan April, apakah kita perlu khawatir?

Recent news

Harga BBNI meluncur tajam di bulan April 2024, apakah kita perlu khawatir! Tentu tidak! Karena dari analisa nya sebenarnya sudah sangat aman!

read more
5 months, 3 weeks ago

BBRI di Bulan April kok turun tajam? Apakah kita perlu khawatir?

Recent news

Apakah kita perlu khawatir dengan harga saham yang meluncur tajam? 

read more
5 months, 4 weeks ago

Template that you need to know if you want to be pro in after effect

Recent news
6 months ago

What does the Fed do in 2008

Recent news
6 months, 2 weeks ago

What does the Fed do in 2008

Recent news

Today, one of the popular topic related to financial policy is the question on

read more
6 months, 2 weeks ago

What is Lifetime Value of customer

Recent news

Have you ever heard about LTV? well if you talk about Macroprudential policy, it will be loan to value. But if you talk about startups and the world of tech, it refers to the Lifetime value of a company. 

read more
7 months, 2 weeks ago

Mengenal lebih dalam kurikulum merdeka

Recent news

Akhirnya Indonesia menerapkan kurikulum merdeka, namun sebenarnya apa sih itu kurikulum merdeka? 

read more
7 months, 3 weeks ago

More News »

Generic placeholder image

Collaboratively administrate empowered markets via plug-and-play networks. Dynamically procrastinate B2C users after installed base benefits. Dramatically visualize customer directed convergence without