Takjub, inilah 10 daftar olah raga paling populer di dunia

(Comments)

10 Cabang Olahraga Terpopuler di Dunia – Olahraga adalah suatu kegiatan gerak badan yang bertujuan untuk melatih tubuh kita agar sehat dan kuat baik secara Jasmani maupun Rohani. Banyak diantara kita yang menjadikan olahraga sebagai suatu Hobi yang menyenangkan, ada juga yang menjadikannya sebagai suatu kegiatan rutin demi menyehatkan tubuhnya, namun banyak juga yang menjadikan olahraga sebagai salah satu kegiatan bisnis yang menghasilkan pendapatan ataupun menjadikannya sebagai profesi kerja.

Di kejuaraan olahraga Internasional Olimpiade, terdapat 54 cabang olahraga yang dipertandingkan, masing-masing 39 cabang olahraga pada musim panas dan 15 olahraga pada Olimpiade musim dingin. Popularitas cabang-cabang olahraga tersebut berbeda-beda, ada yang banyak penggemarnya ada juga yang sedikit penggemarnya. Popularitas suatu cabang Olahraga jika dilihat dari jumlah penggemarnya dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu jumlah penontonnya maupun jumlah orang yang memainkannya. Tetapi perlu digarisbawahi bahwa cabang-cabang olahraga yang digemari oleh penduduk Indonesia belum tentu juga digemari oleh penduduk di negara lain dan sebaliknya olahraga yang digemari oleh penduduk negara lain belum tentu digemari oleh penduduk negara kita.

Daftar 10 Cabang Olahraga Terpopuler di Dunia

Berikut ini adalah daftar 10 cabang Olahraga yang terpopuler di Dunia menurut jumlah penggemarnya.

1. Sepak Bola (Soccer)

Sepak Bola merupakan cabang olahraga yang paling populer di Dunia dengan jumlah penggemar sekitar 3,5 miliar orang atau hampir setengah dari jumlah penduduk di dunia ini. Olahraga Sepakbola ini terdiri dari 2 tim yang berlawanan dengan masing-masing tim memiliki 11 orang pemain. Tujuan permainan sepak bola adalah memasukan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya. Tim yang memasukan bola (biasanya disebut dengan GOL) terbanyak dinyatakan sebagai pemenang.

2. Kriket (Cricket)

Di Posisi kedua olahraga terpopuler di dunia adalah olahraga Cricket atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Kriket. Olahraga Cricket ini memiliki penggemar sebanyak 2,5 miliar orang yang kebanyakan dari negara-negara persemakmuran Inggris seperti Inggris, India, Pakistan, Sri Lanka, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan dan Zimbabwe. Olahraga Cricket/Kriket terdiri dari 2 tim yang masing-masing terdiri 11 orang pemain.

3. Hoki (Hockey)

Hockey atau Hoki pada umumnya terdiri 3 jenis, yaitu Field Hockey yang bermain di lapangan outdoor, Indoor Hockey yang bermain di lapangan Indoor dan Ice Hockey yang bermain di lapangan Es. Jumlah Penggemar Hockey diperkirakan sebanyak 2 miliar orang kebanyakan dari negara-negara bekas koloni Inggris seperti India, Pakistan dan Australia. Hockey merupakan permainan dengan menggunakan stick (pemukul) dan bola dengan tujuan mencetak gol sebanyak mungkin. Pihak yang mencetak Gol terbanyak dinyatakan sebagai pemenang.

4. Tennis

Tennis merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua pemain (tunggal) atau dua pasangan (ganda) yang masing-masing terdiri dari dua pemain dengan menggunakan raket dan bola karet. Tujuan permainan Tennis adalah memainkan bola dengan cara tertentu sehingga pemain lawan tidak dapat mengembalikan lagi bola tersebut. Jumlah penggemar Tennis sekitar 1 miliar orang. Beberapa Turnamen Tennis yang terkenal diantaranya seperti Australian Open, US Open, Wimbledon dan French Open.

Induk Organisasi Tennis Internasional adalah International Tennis Federation sedangkan di Indonesia dinaungi oleh Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (Pelti).

5. Bola Voli (Volley Ball)

Berada di urutan nomor 5 adalah Bola Voli yang dimainkan oleh 2 tim, masing-masing tim terdiri dari 6 orang pemain. Tim yang lebih dulu mencapai nilai (skor) 25 dinyatakan sebagai pemenang. Jumlah penggemar Bola Voli sebanyak 900 juta orang. Bola Voli sangat digemari oleh penduduk di Brasil, Kuba, Filipina, Italia, Rusia dan Singapura. Beberapa pemain Bola Voli yang terkenal diantaranya adalah Karch Kiraly, Logan Tom, Misty May-Treanor dan Kerri Walsh-Jennings.

Induk Organisasi Bola Voli dunia adalah FIVB (Federation Internationale de Volleyball). Di Indonesia, Bola Voli dibawah nauangan PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

6. Tenis Meja (Table Tennis)

Tenis Meja atau sering disebut dengan PING PONG adalah olahraga yang dimainkan oleh dua pemain (tunggal) atau dua pasangan (ganda) yang saling berlawanan. Tenis Meja menggunakan raket yang terbuat dari kayu dan dilapisi oleh karet serta bola yang disebut dengan bola Ping Pong. Seperti namanya, Tenis Meja adalah olahraga yang bermain diatas meja yang berukuran 274cm x 152,5cm. Jumlah Penggemar Tenis Meja di dunia ini sebanyak 850 juta orang. Tenis Meja merupakan Olahraga yang sangat digemari oleh penduduk di negara China, Mesir, India, Rusia, Polandia dan Singapura.

Induk Organisasi Tenis Meja Internasional adalah ITTF (International Table Tennis Federation) sedangkan di Indonesia dibawah naungan PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia).

7. Baseball

Baseball adalah salah satu cabang olahraga yang sangat populer di negara-negara yang berada di benua Amerika terutama di Venezuela, Kuba, Amerika Serikat dan Kanada. Jepang juga merupakan salah satu negara Asia yang sangat menggemari olahraga Baseball ini. Jumlah penggemar Baseball di Dunia sebanyak 500 juta orang. Baseball dimainkan oleh dua tim yang masing-masing tim terdiri dari 9 orang.

8. Golf

Golf adalah olahraga yang bermain secara perorangan atau tim yang berlomba untuk memasukan bola Golf ke dalam lubang-lubang dengan pukulan sesedikit mungkin. Pemain yang memasukan bola dengan pukulan tersedikit dinyatakan sebagai pemenang. Pemukulan bola Golf menggunakan tongkat khusus Golf yang biasnya disebut dengan “Stick Golf”. Pada umumnya, Golf terdiri dari 9 lubang atau 18 lubang. Jumlah penggemar Olahraga Golf di dunia sebanyak 450 juta orang. Pemain-pemain Golf yang terkenal diantaranya seperti Tiger Wood, Jack Nicklaus, Arnold Palmer dan Rory McLroy.

9. Bola Basket 

Basket adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 5 orang pemain. Kedua tim tersebut bertanding untuk mencetak poin dengan memasukan bola ke keranjang lawan. Jumlah penggemar Bola Basket di dunia sebanyak 400 juta orang. Beberapa Pemain Terkenal olahraga Bola Basket diantaranya seperti Michael Jordan, Lebron James dan Kobe bryant. Bola Basket adalah salah satu olahraga yang sangat digemari oleh penduduk Amerika Serikat, China, Lithuania, Indonesia, Turki dan Perancis.

10. Sepak Bola Amerika (American Football)

Sepak Bola Amerika atau American Football adalah salah satu olahraga yang sangat digemari oleh penduduk Amerika Serikat dan Kanada. Sama seperti Olahraga Sepak Bola, Sepak Bola Amerika juga terdiri dari dua tim yang masing-masing tim terdiri dari 11 orang. Namun bentuk bolanya adalah Oval dan berwarna Coklat. Jumlah penggemar olahraga Sepak Bola Amerika sebanyak 400 juta orang.

Currently unrated

Comments

Teori krisis keuangan

Recent news
2 weeks ago

Artist created a blended cat art with the landscape

Recent news

  
Cat Landscape Illustrations by Lim Heng Swee

This post may contain affiliate links. If you make a purchase, My Modern Met may earn an affiliate commission. Please read our disclosure for more info.

read more
2 weeks, 1 day ago

What if room famous paintings come to life

Recent news

What if Room Famous Paintings come to Life

Edited from the post of  EMMA TAGGART

read more
2 weeks, 2 days ago

Coronavirus memiliki asal mula dari alam

Recent news

Ilustrasi coronavirus (gambar stok).  |  Kredit: © pinkeyes / stock.adobe.com
Ilustrasi coronavirus (gambar stok).
Kredit: © pinkeyes / Adobe Stock

Novel coronavirus SARS-CoV-2 yang muncul di kota Wuhan, Cina, tahun lalu dan sejak itu menyebabkan epidemi COVID-19 berskala besar dan menyebar ke lebih dari 70 negara lain adalah produk evolusi alami, menurut temuan yang dipublikasikan hari ini di jurnal Nature Medicine .

read more
2 weeks, 2 days ago

Coronavirus: Negara mana saja yang mengunci dirinya

Recent news

Polisi Prancis mengendalikan kendaraan di Ustaritz, Prancis barat daya, Kamis, 19 Maret 2020.

Polisi Prancis mengendalikan kendaraan di Ustaritz, Prancis barat daya, Kamis, 19 Maret 2020.   -   Copyright   AP Photo / Bob Edme

read more
2 weeks, 2 days ago

Creativity amid the Corona outbreak - WFH design

Recent news

Some have set up their office on their beds. Others have migrated to kitchen tables or their couches. Many are trying to figure out how to maintain some normalcy while sharing small spaces with partners or family members.
Writng
And in the absence of proper work-from-home infrastructure (like, you know, an actual desk), a lot of people are getting creative.

The liquor cabinet desks

Emma Northcott, who is based in London, is using her liquor cabinet while she waits for an office that she ordered online to come in.
Patrick Gipson in New York had a similar idea.
They won't have to travel far for (virtual) happy hour.

    read more
    2 weeks, 6 days ago

    Strategy for press release and also the contact of all journalist room in Indonesia

    Recent news

    Lately

    read more
    1 month, 1 week ago

    The History of Financial Crisis after the Bretton Woods treaty ends

    Recent news
    1 month, 2 weeks ago

    More News »

    Generic placeholder image

    Collaboratively administrate empowered markets via plug-and-play networks. Dynamically procrastinate B2C users after installed base benefits. Dramatically visualize customer directed convergence without