Profil negara Ghana

(Comments)

Ghana adalah sebuah negara yang terletak di benua Afrika bagian barat. Negara yang secara astronomisnya berada di antara 4°45′- 11°LU dan 1°15′-3°15’BB ini  berbatasan dengan Pantai Gading di sebelah barat, berbatasan dengan Togo di sebelah timur sedangkan Burkina Faso di sebelah utara dan Teluk Nugini di sebelah selatan. Ibukota Ghana adalah Accra.

Wilayah Ghana pada awalnya dibentuk dari penggabungan koloni Inggris di Gold Coast sebagai wilayah protektoratnya dengan sebutan Togoland Trust Territory (Wilayah Kepercayaan Togoland). Pada tahun 1957, Ghana mendapatkan kemerdekaannya dari Inggris (Britania Raya) dan menjadikannya sebagai negara pertama yang merdeka di kawasan sub-sahara Afrika. Tanggal 6 Maret 1957 diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Ghana.

Luas Wilayah Ghana adalah sebesar 238.533 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 28.102.471 juta jiwa. Mayoritas penduduknya adalah etnis Akan 47,5%, Mole-Dagbon 16.6% dan Ewe 13.9% yang memeluk agama Kristen dan Islam. Pertumbuhan penduduk Ghana adalah sebesar 2,16%. Bahasa Inggris merupakan bahasa resmi Ghana.

Sistem pemerintahan yang dianut oleh Ghana adalah sistem pemerintahan Republik Presidensil yang Kepala Negara dan Kepala Pemerintahannya adalah Presiden. Presiden Ghana dipilih langsung melalui Pemilihan Presiden untuk masa jabatan 4 tahun. Sedangkan Parlemennya terdiri dari 275 kursi yang masing-masing dipilih melalui Pemilihan Legislatif untuk masa jabatan 4 tahun juga.
Baca juga : Negara-negara Republik di Dunia.

Emas, ekspor minyak dan Kakao merupakan sumber utama devisa Ghana. Komoditas pertanian menyumbang sekitar 18,3% Pendapatan Domestik Bruto atau PDB Ghana yang berjumlah US$134 miliar ini. Sedangkan Pendapatan Per Kapita Ghana adalah sebesar US$4.700,-. Pertumbuhan Ekonomi Ghana pada tahun 2017 adalah 8,4%.

Di hubungan luar negeri, Ghana secara resmi bergabung dengan PBB pada 8 Maret 1957 yaitu sekitar 2 hari setelah kemerdekaannya. Ghana juga merupakan negara anggota lembaga-lembaga internasional yang berada dibawah PBB seperti FAO, IAEA, ICAO, IFAD, ILO, IMF, IMO, ITU, UNHCR, UNCTAD, UNESCO, UNIDO, UNWTO, UPU, WHO, WIPO, WMO dan WTO. Ghana juga aktif di berbagai organisasi internasional, diantaranya adalah African, Caribbean and Pacific Group of States (ACP), African Development Bank (AfDB), Uni Afrika, Negara-negara Persemakmuran Inggris (Commonwealth of Nations) dan Organisation for the Prohibition of Chemical Weapons (OPCW).

Profil Negara Ghana

Profil Negara Ghana

Berikut ini adalah Profil Negara Ghana :

  • Nama Lengkap : Republik Ghana (Republic of Ghana)
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Presidensil
  • Kepala Negara : Presiden Nana Addo Dankwa AKUFO-ADDO (sejak 7 Januari 2017)
  • Kepala Pemerintahan : Presiden Nana Addo Dankwa AKUFO-ADDO (sejak 7 Januari 2017)
  • Ibukota : Accra
  • Luas Wilayah : 533 km2
  • Jumlah Penduduk : 102.471 jiwa (2018)
  • Pertumbuhan Penduduk : 2,16% (2018)
  • Angka Kelahiran : 30,2 bayi per 1000 penduduk
  • Bahasa Resmi : Bahasa Inggris
  • Etnis : Akan 47.5%, Mole-Dagbon 16.6%, Ewe 13.9%, Ga-Dangme 7.4%, Gurma 5.7%, Guan 3.7%, Grusi 2.5%, Mande 1.1%, etnis lainnya 1.4% (estimasi tahun 2010)
  • Agama : Kristen (71,2%), Islam (17,6%), Tradisional (5,2%), agama lainnya 0,8% dan tidak beragama 5,2% (estimasi tahun 2010)
  • Hari Kemerdekaan : 6 Maret 1957 (dari Inggris)
  • Hari Nasional : 6 Maret 1957 (hari kemerdekaan)
  • Lagu Kebangsaan : God Bless Our Homeland Ghana
  • Kode Domain Internet : .gh
  • Kode Telepon : 233
  • Mata Uang : Cedis Ghana (GHC)
  • Pendapatan Per Kapita : US$4.700,- (2017)
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$134 miliar (2017)
  • Lokasi : Benua Afrika (Afrika Barat)

Pembagian Wilayah Administrasi Ghana

Secara administratif, Republik Ghana terbagi atas 16 Region. Berikut ini adalah 16 Region di Republik Ghana beserta Ibukotanya.

No. Region Ibukota
1 Ashanti Region Kumasi
2 Brono Region Sunyani
3 Ahafo Region Goaso
4 Bono East Region Techiman
5 Central Region Cape Coast
6 Eastern Region Koforidua
7 Greater Accra Region Accra
8 Northern Region Tamale
9 Savannah Region Damongo
10 North East Region Nalerigu
11 Upper East Region Bolgatanga
12 Upper West Region Wa
13 Volta Region Ho
14 Oti Region Dambai
15 Western Region Sekondi-Takoradi
16 Western North Region Wiawso
Currently unrated

Comments

Brebes Disiapkan Jadi Lokasi Pindah Pabrik AS dari China

Recent news

Brebes Disiapkan Jadi Lokasi Pindah Pabrik AS dari China

Berdasarkan berita yang dihimpun bersama (CNBC Indonesia) - Brebes digadang-gadang akan menjadi lokasi baru relokasi pabrik-pabrik multinasional milik Amerika Serikat di China yang akan dipindah ke Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Menko Bidang Kemaritiman dan investasi luhut Binsar Panjaitan terkait percakapan antara Presiden Joko Widodo dengan Presiden Donald Trump.

Nama Brebes belakangan sering jadi buah buah bibir, selain jadi lokasi baru relokasi pabrik PT Shyang Yao Fung, salah satu pabrik yang memproduksi brand kenamaan yang buyernya antara lain Adidas, yang pindah dari Tangerang.  Brebes juga digadang-gadang menjadi lokasi baru relokasi pabrik-pabrik multinasional milik AS di China yang akan dipindah ke Indonesia.

Hal ini bermula saat Menko Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bercerita soal percakapan 'rahasia' antara Presiden Jokowi dengan Presiden AS Donald Trump. Jokowi berbicara dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, soal pembahasan peluang investasi di bidang farmasi di Indonesia, karena 90% bahan baku farmasi harus impor.

"Presiden Jokowi bicara dengan Presiden Trump, sekarang Presiden Trump dengan Indonesia. Karena dia berantem dengan Tiongkok, dia mau relokasi industrinya (di China), saya diminta presiden untuk bicara nanti sama pembantu Presiden Trump," sebut Luhut, kemarin (10/5).

Luhut memang tak menjelaskan kapan pembicaraan tersebut. Namun, komunikasi kedua pemimpin yang diketahui publik terungkap saat Trump dalam cuitannnya di akun twitter pribadinya @realDonaldTrump, pada Jumat (24/4/2020), mengungkapkan soal permintaan bantuan ventilator dari Presiden Jokowi. 

Luhut bilang pemerintah sedang menyiapkan lahan 4.000 hektare di Jawa Tengah. Lahan itu khusus disediakan untuk kawasan ekonomi khusus untuk industri farmasi.

"Sekarang kita kerjakan. Sambil kita bicarakan dengan Gubernur Jateng, untuk sekarang kita mulai. Sebenarnya itu pernah dikerjakan itu tapi terhenti, nah, jadi kalau dibilang nggak [jalan] ini industri jalan semua, sekarang misalnya industri APD sekarang buatan dalam negeri 1,5 juta produksi per bulan," kata Luhut.

Pernyataan Luhut soal kawasan industri seluas 4.000 hektare mengerucut pada kawasan industri di Brebes, sebab Kawasan Industri di Kendal luasnya hanya 2.200 hektare.

Pihak Jubir Kemenko Marves Jodi Mahardi saat diminta penjelasan CNBC Indonesia masih butuh waktu untuk menjelaskan soal rencana besar tersebut, ia masih perlu koordinasi dengan beberapa pihak.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang sebelumnya sudah menyiapkan 27 kawasan industri baru yang akan dibangun dalam kurun waktu 2020-2024. Salah satu daerah yang akan dibangun kawasan industri, yaitu di Brebes, Jawa Tengah. Brebes selama ini terkenal dengan bawang dan telur asinnya.

"Dari 27 kawasan itu, hanya ada 2 di Pulau Jawa. Satu di Brebes dan satu di Madura. Selebihnya, atau 25 lainnya diarahkan di kawasan-kawasan industri di luar Pulau Jawa," ujar Agus.

Pemda Kabupaten Brebes punya rencana pengembangan Kawasan Industri Brebes (KIB) seluas 3.976 hektare dan untuk Kawasan Peruntukan Industri Brebes (KPIB) seluas 5.070 hektare. Kawasan industri ini akan membentang dari kecamatan Losari, Tanjung hingga Bulakamba.

Dalam catatan resmi Pemkab Brebes, sebanyak 39 perusahaan yang bergerak di berbagai sektor usaha telah mendaftar sebagai penghuni Kawasan Industri Brebes sampai November 2019. Sebanyak 24 investor yang telah mendirikan pabrik di Kabupaten Brebes, selebihnya masih dalam proses perizinan sebanyak 12 perusahaan hingga akhir 2019.

read more
2 weeks ago

List of best VGA card for your eGPU

Recent news

There is list of my favorites VGA card for the eGPU.

read more
3 weeks, 2 days ago

The average salary in USA

Recent news
4 weeks ago

How to use Latex in Brainly

Recent news
4 weeks ago

How To Set Up Django Blog Mezzanine With Nginx And Gunicorn On Ubuntu

Recent news

Dark room programmer

How To Set Up Django Blog Mezzanine with Nginx and Gunicorn on Ubuntu 

Installing your own productive machine, sometime can give you very heavy headache. Especially when you never had it before in your coding experience. Thanks to the internet for providing stackoverflow and other very cool page source to help me in installing my mezzanine cms for django. This page is curated from all my hustling and finally I can run my websites. One is fluxzy.com and notafra.id. 

read more
4 weeks ago

how-to-change-your-bookmark-icons-in-firefox-and-chrome/

Recent news
4 weeks ago

Jadwal program belajar dari Rumah TVRI

Recent news

Indonesia - Ditengah pandemi virus Korona saat ini, Pemerintah berusaha menjembatani berbagai aktifitas yang dapat membantu siswa secara daring atau online. Termasuk juga TVRI bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), mulai dari Senin sampai Jumaat. 

read more
1 month, 2 weeks ago

The list of best egpu

Recent news

One of the best closure for the EGPU is the Razer core x. 

read more
1 month, 3 weeks ago

More News »

Generic placeholder image

Collaboratively administrate empowered markets via plug-and-play networks. Dynamically procrastinate B2C users after installed base benefits. Dramatically visualize customer directed convergence without