Dont forget to be happy?
share


(Comments)

Brexit delay

Brussels (CNN) Keanehan belaka Brexit mungkin paling baik digambarkan oleh tontonan aneh yang akan berlangsung di Brussels pada Rabu malam. Saat ini Inggris adalah ekonomi terbesar kelima di dunia. Ini adalah negara bersenjata nuklir dengan kursi permanen di Dewan Keamanan PBB. Inggris memiliki industri layanan kelas dunia dan populasi lebih dari 60 juta orang. Malta, sebaliknya, adalah ekonomi terbesar ke-124 di dunia. Menurut Eurostat, populasi di bawah 500.000 orang.

Keanehan Brexit dan mengapa ini adalah WTF event


Namun sekitar pukul 6:45 malam waktu setempat, Joseph Muscat, Perdana Menteri Malta, akan memiliki suara lebih besar dalam hasil akhir masa depan Inggris daripada Theresa May, Perdana Menteri Inggris. Karena, Muscat, tidak seperti Mei, akan memiliki kursi di meja makan bersama dengan para pemimpin Uni Eropa lainnya di mana masa depan Brexit akan dihancurkan. Ketidakmampuan Inggris untuk menyetujui pada tingkat politik bagaimana ia ingin meninggalkan UE telah menyebabkan batas waktu Brexit, 29 Maret, terlewatkan begitu saja.

Permohonan May ke Tusk

Fakta bahwa House of Commons menolak kesepakatan Brexit May untuk ketiga kalinya pada hari itu telah menyebabkan peristiwa yang tidak mendasari yang akan menyusul di Brussels beberapa saat kemudian. Akhir pekan lalu, May menulis surat kepada Donald Tusk, Presiden Dewan Eropa, meminta perpanjangan Pasal 50, proses dimana Inggris meninggalkan Uni Eropa. May meminta agar Brexit ditunda hingga 30 Juni, sehingga Inggris hanya punya sedikit waktu untuk mengurus rumahnya. Tidak mungkin 30 Juni akan disetujui untuk menjadi pemimpin UE lainnya.


Masalah yang dihadapi Brexit sekarang adalah bahwa tidak ada jalan yang tersisa untuk menyalahkan, bukan tanpa konsekuensi. Batas waktu Brexit yang baru, 12 April, diputuskan karena ini adalah titik terakhir di mana Inggris harus menyatakan niatnya untuk berdiri dalam pemilihan Parlemen Eropa atau tidak. Jika Inggris masih merupakan negara anggota UE pada 23 Mei, maka Inggris harus mengajukan kandidat dalam jajak pendapat itu.

Apa yang terjadi jika tidak ada kesepakatan


Dengan meminta perpanjangan hingga 30 Juni, May tampaknya menerima nasib ini. Dia bahkan mengakui banyak hal dalam suratnya kepada Tusk.
Sementara ini mungkin tampak masalah yang sangat memalukan bagi Mei, itu adalah masalah yang bahkan lebih mengkhawatirkan bagi UE. Pada hari-hari sejak surat Mei kepada Tusk dipublikasikan, Brexiteers garis keras mengatakan bahwa, jika Inggris tetap terjebak dalam serikat pekerja pada saat ini, maka itu akan "menjadi kuda Trojan di Uni Eropa."


Ini bukan hanya pembicaraan sulit dari pecundang: sebagai negara anggota penuh dengan anggota parlemen duduk di Brussels dan Strasbourg, Inggris akan memiliki hak negara anggota penuh. Ini akan dapat memiliki input dalam proyek-proyek UE - dan anggaran yang sangat penting - dengan sedikit blowback.


Di sinilah kita kembali ke 30 Juni. May telah memilih tanggal ini karena datang satu hari sebelum Parlemen Uni Eropa yang baru terpilih akan duduk untuk pertama kalinya. Ini berarti bahwa, bahkan jika Inggris mengambil bagian dalam pemilihan ini, jika kesepakatannya disetujui pada waktunya, Brexit akan terjadi persis seperti yang dia inginkan.


Tapi apa yang diinginkan dan mungkin dimiliki May hingga saat ini adalah hal yang sangat berbeda. Saat ini, pemikiran di Brussels adalah bahwa perpanjangan akan diberikan, tetapi itu akan jauh lebih lama dari 30 Juni. Tidak dapat dinyatakan cukup sering betapa kecilnya Uni Eropa ingin dianggap bertanggung jawab untuk mendorong Inggris menuju no-deal Brexit.


Namun, para pemimpin UE lainnya kurang puas dengan ini. Emmanuel Macron, Presiden Prancis, tampak frustrasi dengan oksigen yang dikeluarkan Brexit dari politik Eropa. Sementara tidak ada yang mengharapkan dia untuk mendorong kesepakatan, bukan rahasia bahwa di matanya - dan bukan dirinya sendiri - ada hasil yang lebih buruk daripada tidak ada kesepakatan. Salah satu hasil tersebut mungkin adalah Trojan-horse UK.
KTT ini dipanggil pada 29 Maret, karena tenggat waktu Brexit pertama menghilang. Pada hari Jumat, mungkin yang lain akan hilang. Masa depan Inggris sedang diputuskan bermil-mil dari London. Pasti mengerikan untuk menjadi Brexiteer sekarang.

Currently unrated

Comments

share
Load More