Kang Emil sudah merancang banyak masjid sebelum kasus Masjid segitiga di Bandung

(Comments)

Saya biasanya tidak menulis terkait politik, tapi kali ini saya tidak bisa menahan diri saat orang yang cukup saya ikuti dan perhatikan mendapatkan framing negatif karena karyanya. Terutama framing negatif ini berkaitan dengan tujuan jangka panjang. Yaitu Pemilu 2024 yang masih 5 tahun lagi. Yup orang itu adalah Kang Emil atau Ridwan Kamil. 

Sebenarnya apa sih framing negatif itu, dan mengapa banyak orang merasa terancam dengan pamor dan ketenaran Kang EMil saat ini. Hal ini dikarenakan kans dan peluang Kang EMil untuk maju menjadi presiden Indonesia di tahun 2024, bersaing dengan tokoh tokoh muda seperti Anies Baswedan dan AHY. Kalau pun ada tokoh lain, saya tidak melihat sebagai tokoh yang bisa disandingkan dengan tiga besar unggulan 2024 ini. 

Sebenarnya seperti apa sih framing negatif tersebut. Hal ini berawal dari masjid yang dirancang Kang Emil yang banyak menggunakan bentuk segitiga. Dan yang agak parah karena banyak simbol segitiga maka masjid itu dikait2kan dengan simbol iluminati. 

Iluminati

Padahal setelah dikonfirmasi oleh Kang EMil, banyak nya bentuk segitiga tersebut karena desain masjid ini seperti lipatan lipatan kertas dan masjid ini lebih keren lagi karena mihrabnya menghadap ke pegunungan dan pemandangan alam yang sangat indah. 

Konfirmasi kang Emil

Nah seperti apa sih sebenarnya kesalahpahaman ini. Dan yuk kita lihat masjid masjid lain yang dirancang oleh kang Emil. 

Latar Belakang Kang Emil

Yuk simak profil Kang Emil atau Muhammad Ridwal Kamil, beliau  lahir di BandungJawa Barat4 Oktober 1971 dan saat artikel ini ditulis usia beliau adalah 48 tahun. Beliau merupakan politikus yang memiliki background sebagai seorang arstitek. Saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat sejak 5 September 2018. 

Sebelum menjadi pejabat, pria yang akrab dipanggil Kang Emil ini memiliki karier sebagai seorang arsitek merangkap dosen tidak tetap di Institut Teknologi Bandung. Emil merupakan putra dari pasangan Atje Misbach Muhjiddin dan Tjutju Sukaesih

Kiprah Kang Emil

Bekerja sembari kuliah

Master of Urban Design University of California, Berkeley 1999-2001. Setelah lulus S-2 dari University of California, Berkeley, Ridwan Kamil melanjutkan pekerjaan profesional sebagai arsitek di berbagai firma di Amerika Serikat. Sebelumnya Ridwan Kamil memulai karier bekerjanya di Amerika sesaat setelah lulus S-1, akan tetapi hanya berkisar empat bulan ia pun berhenti kerja karena terkena dampak krisis moneter yang melanda Indonesia saat itu. Tidak langsung pulang ke Indonesia, dia bertahan di Amerika sebelum akhirnya mendapat beasiswa di University of California, Berkeley. Selagi mengambil S-2 di Universitas tersebut Ridwan Kamil bekerja paruh waktu di Departemen Perencanaan Kota Berkeley. 

Mendirikan Urbane

Pada tahun 2002 Ridwan Kamil pulang ke tanah kelahirannya Indonesia dan dua tahun kemudian mendirikan Urbane, perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa konsultan perencanaan, arsitektur dan desain. Kini Ridwan Kamil aktif menjabat sebagai Prinsipal PT. Urbane Indonesia, Dosen Jurusan Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung[4], serta Senior Urban Design Consultant SOM, EDAW (Hong Kong & San Francisco), dan SAA (Singapura).

Urbane adalah perusahaan yang didirikan oleh Ridwan Kamil pada tahun 2004 bersama teman-temannya seperti Achmad D. TardiyanaReza Nurtjahja dan Irvan W. Darwis. Reputasi Internasional sudah mereka bangun dengan mengerjakan projek-projek di luar Indonesia seperti Syria Al-Noor Ecopolis di negara Syria dan Suzhou Financial District di China. Tim Urbane sendiri terdiri dari para profesional muda yang kreatif dan berpikir idealis untuk mencari dan menciptakan solusi mengenai masalah desain lingkungan dan perkotaan. Urbane juga memiliki projek berbasis komunitas dalam Urbane Projek Komunitas di mana visi dan misinya adalah membantu orang-orang dalam sebuah komunitas perkotaan untuk memberikan donasi dan keahlian-keahlian dalam meningkatkan daerah sekitarnya.

Urbane telah banyak dianugerahi penghargaan dari media internasional seperti BCI Asia Awards tiga tahun berturut-turut pada tahun 2008, 2009 dan 2010 dan juga BCI Green Award pada tahun 2009 atas projek desain Rumah Botol (dari botol bekas). Urbane juga sering mengikuti kompetisi di bidang desian arsitektur tingkat nasional seperti Juara 1 kompetisi desain Museum Tsunami di Nangro Aceh Darrussalam tahun 2007, Juara 1 kompetisi desain kampus 1 Universitas Tarumanegara tahun 2007, Juara 1 kompetisi desain Fakultas Ilmu Budaya di Universitas Indonesia tahun 2009, juara 1 kompetisi desain Sanggar Nagari di Kota Baru Parahyangan di Kabupaten Bandung Barat dan juara 1 kompetisi desain Pusat Seni dan Sekolah Seni di Universitas Indonesia tahun 2009.

Mesjid Agung Sumatra Barat, Mahligai Minang (2006)

Masjid Sumbar

Masjid Al-Irsyad Kota Baru Parahyangan, Kab. Bandung Barat (2008)

Masjid Al Irsyad

Masjid Semarang, Semarang (2010)

Masjid Suramadu, Madura (2010)

Masjid Gegerkalong, Bandung (2010)

Masjid Al-Azhar, Summarecon, Bekasi (2013)

Masjid Emerald 

Menjadi walikota Bandung

Pada tahun 2013 Emil yang dari kalangan profesional dicalonkan oleh Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Gerakan Indonesia Raya sebagai wali kota Bandung dengan didampingi oleh Oded Muhammad Danial sebagai calon wakil wali kota. 

Dalam rapat pleno Komisi Pemilihan Umum Kota Bandung pada 28 Juni 2013, pasangan ini unggul telak dari tujuh pasangan lainnya dengan meraih 45,24% suara sehingga pasangan Ridwan dan Oded menjadi pemenang dalam Pemilihan umum Wali Kota Bandung 2013.

Menjadi Gubernur Jawa Barat

Pada pemilihan umum Gubernur Jawa Barat 2018, Ridwan Kamil diusung sebagai calon gubernur, berpasangan dengan Uu Ruzhanul Ulum oleh PPPPKBPartai Nasdem, dan Partai Hanura

Kesimpulan

Melihat karya karya keren Kang EMil, saya yakin apabila beliau menjadi Presiden (amiin) di tahun 2024 maka beliau bisa menginspirasi bangunan bangunan keren di Indonesia seperti jaman Bung Karno. Dan sebaiknya memang kita tidak terlalu sempit dan mengkaitkan segala sesuatu dengan hal yang negatif. Seperti segitiga dan iluminati. Nanti jadinya seperti gambar di bawah ini noh. 

Current rating: 4.5

Comments

Brebes Disiapkan Jadi Lokasi Pindah Pabrik AS dari China

Recent news

Brebes Disiapkan Jadi Lokasi Pindah Pabrik AS dari China

Berdasarkan berita yang dihimpun bersama (CNBC Indonesia) - Brebes digadang-gadang akan menjadi lokasi baru relokasi pabrik-pabrik multinasional milik Amerika Serikat di China yang akan dipindah ke Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Menko Bidang Kemaritiman dan investasi luhut Binsar Panjaitan terkait percakapan antara Presiden Joko Widodo dengan Presiden Donald Trump.

Nama Brebes belakangan sering jadi buah buah bibir, selain jadi lokasi baru relokasi pabrik PT Shyang Yao Fung, salah satu pabrik yang memproduksi brand kenamaan yang buyernya antara lain Adidas, yang pindah dari Tangerang.  Brebes juga digadang-gadang menjadi lokasi baru relokasi pabrik-pabrik multinasional milik AS di China yang akan dipindah ke Indonesia.

Hal ini bermula saat Menko Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bercerita soal percakapan 'rahasia' antara Presiden Jokowi dengan Presiden AS Donald Trump. Jokowi berbicara dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, soal pembahasan peluang investasi di bidang farmasi di Indonesia, karena 90% bahan baku farmasi harus impor.

"Presiden Jokowi bicara dengan Presiden Trump, sekarang Presiden Trump dengan Indonesia. Karena dia berantem dengan Tiongkok, dia mau relokasi industrinya (di China), saya diminta presiden untuk bicara nanti sama pembantu Presiden Trump," sebut Luhut, kemarin (10/5).

Luhut memang tak menjelaskan kapan pembicaraan tersebut. Namun, komunikasi kedua pemimpin yang diketahui publik terungkap saat Trump dalam cuitannnya di akun twitter pribadinya @realDonaldTrump, pada Jumat (24/4/2020), mengungkapkan soal permintaan bantuan ventilator dari Presiden Jokowi. 

Luhut bilang pemerintah sedang menyiapkan lahan 4.000 hektare di Jawa Tengah. Lahan itu khusus disediakan untuk kawasan ekonomi khusus untuk industri farmasi.

"Sekarang kita kerjakan. Sambil kita bicarakan dengan Gubernur Jateng, untuk sekarang kita mulai. Sebenarnya itu pernah dikerjakan itu tapi terhenti, nah, jadi kalau dibilang nggak [jalan] ini industri jalan semua, sekarang misalnya industri APD sekarang buatan dalam negeri 1,5 juta produksi per bulan," kata Luhut.

Pernyataan Luhut soal kawasan industri seluas 4.000 hektare mengerucut pada kawasan industri di Brebes, sebab Kawasan Industri di Kendal luasnya hanya 2.200 hektare.

Pihak Jubir Kemenko Marves Jodi Mahardi saat diminta penjelasan CNBC Indonesia masih butuh waktu untuk menjelaskan soal rencana besar tersebut, ia masih perlu koordinasi dengan beberapa pihak.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang sebelumnya sudah menyiapkan 27 kawasan industri baru yang akan dibangun dalam kurun waktu 2020-2024. Salah satu daerah yang akan dibangun kawasan industri, yaitu di Brebes, Jawa Tengah. Brebes selama ini terkenal dengan bawang dan telur asinnya.

"Dari 27 kawasan itu, hanya ada 2 di Pulau Jawa. Satu di Brebes dan satu di Madura. Selebihnya, atau 25 lainnya diarahkan di kawasan-kawasan industri di luar Pulau Jawa," ujar Agus.

Pemda Kabupaten Brebes punya rencana pengembangan Kawasan Industri Brebes (KIB) seluas 3.976 hektare dan untuk Kawasan Peruntukan Industri Brebes (KPIB) seluas 5.070 hektare. Kawasan industri ini akan membentang dari kecamatan Losari, Tanjung hingga Bulakamba.

Dalam catatan resmi Pemkab Brebes, sebanyak 39 perusahaan yang bergerak di berbagai sektor usaha telah mendaftar sebagai penghuni Kawasan Industri Brebes sampai November 2019. Sebanyak 24 investor yang telah mendirikan pabrik di Kabupaten Brebes, selebihnya masih dalam proses perizinan sebanyak 12 perusahaan hingga akhir 2019.

read more
2 weeks ago

List of best VGA card for your eGPU

Recent news

There is list of my favorites VGA card for the eGPU.

read more
3 weeks, 2 days ago

The average salary in USA

Recent news
4 weeks ago

How to use Latex in Brainly

Recent news
4 weeks ago

How To Set Up Django Blog Mezzanine With Nginx And Gunicorn On Ubuntu

Recent news

Dark room programmer

How To Set Up Django Blog Mezzanine with Nginx and Gunicorn on Ubuntu 

Installing your own productive machine, sometime can give you very heavy headache. Especially when you never had it before in your coding experience. Thanks to the internet for providing stackoverflow and other very cool page source to help me in installing my mezzanine cms for django. This page is curated from all my hustling and finally I can run my websites. One is fluxzy.com and notafra.id. 

read more
4 weeks ago

how-to-change-your-bookmark-icons-in-firefox-and-chrome/

Recent news
4 weeks ago

Jadwal program belajar dari Rumah TVRI

Recent news

Indonesia - Ditengah pandemi virus Korona saat ini, Pemerintah berusaha menjembatani berbagai aktifitas yang dapat membantu siswa secara daring atau online. Termasuk juga TVRI bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), mulai dari Senin sampai Jumaat. 

read more
1 month, 2 weeks ago

The list of best egpu

Recent news

One of the best closure for the EGPU is the Razer core x. 

read more
1 month, 3 weeks ago

More News »

Generic placeholder image

Collaboratively administrate empowered markets via plug-and-play networks. Dynamically procrastinate B2C users after installed base benefits. Dramatically visualize customer directed convergence without