Kandungan gizi alpukat

(Comments)

Kandungan Gizi Buah Alpukat dan Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan – Buah Alpukat atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Avocado adalah buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia dan juga perawatan kulit/kosmetik. Buah yang dikenal dengan nama ilmiah Persea Americana ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah namun saat ini telah banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Asia Tenggara terutama di Indonesia.

Buah Alpukat mengandung Mineral, Vitamin dan Serat yang tinggi terutama Vitamin B, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, Potassium (Kalium) dan Tembaga yang sangat bermanfaat bagi orang yang mengkonsumsinya. Buah Alpukat juga memberikan rasa kenyang sehingga berguna bagi mereka yang ingin menurunkan berat badannya. Buah Alpukat disebut juga buah Avokad atau apokat.

Kandungan Gizi Buah Alpukat

Berikut ini adalah Kandungan Gizi atau Nutrisi pada buah Alpukat (Avocado) :

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG% Kalori 160 kal – Karbohidrat 8,5g – Air 73% – Protein 2g – Gula 0,7g – Serat 6,7g – Lemak 14,7g – Vitamin A 7µg 1% Vitamin C 10mg 11% Vitamin D 0µg – Vitamin E 2,07mg 14% Vitamin K 21µg 18% Vitamin B1 (Thiamine) 0,07mg 6% Vitamin B2 (Riboflavin) 0,13mg 10% Vitamin B3 (Niacin) 1,74mg 11% Vitamin B5 (Panthothenic acid) 1,39mg 28% Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,26mg 20% Vitamin B9 (Folat) 81µg 20% Vitamin B12 0µg – Cholin 14,2mg 3% Kalsium 12mg 1% Zat Besi 0,55mg 7% Magnesium 29mg 7% Fosfor 52mg 7% Potassium (Kalium) 485mg 10% Sodium 7mg 0% Seng (Zinc) 0,64mg 6% Tembaga (Copper) 0,19mg 21% Manganese 0,14mg 6% Selenium 0,4µg 1% Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan

Vitamin, Serat, Mineral dan Senyawa tumbuhan seperti Karatenoid, Persenones A dan B, D-Mannoheptulose yang terkandung dalam buah Alpukat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya :

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit Jantung merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan tingginya angka kematian di dunia. Beberapa penyebab penyakit jantung adalah karena tingginya kadar kolesterol, tingginya trigriserida dan juga karena tekanan darah yang tinggi. Beberapa penelitian mendapatkan hasil bahwa konsumsi buah alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) serta dapat menurunkan level trigriserida secara signifikan.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu senyawa tumbuh-tumbuhan yang terkandung dalam buah Alpukat yaitu Karatenoid dapat mengurangi risiko penyakit mata yang berkaitan dengan usia.

3. Memberikan manfaat bagi Kehamilan

Nutrisi dan Gizi sangat penting bagi kesuburan, perkembangan janin, kelahiran dan juga komposisi dalam ASI (Air Susu Ibu). Buah Alpukat mengandung beberapa nutrisi penting bagi wanita hamil dan menyusui seperti Folat, Serat, Lemak tak jenuh tunggal (Monounsaturated Fat) dan antioksidan larut dalam lemak.

4. Pengendalian kadar gula darah dan mendukung penurunan Berat Badan

Beberapa penelitian menunjukan bahwa konsumsi buah Alpukat segar dapat memberikan manfaat untuk mengelola berat badan dan menurunkan risiko terkenanya sindrom metabolik. Sindrom Metabolik adalah sekelompok faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit arteri koroner, stroke dan diabetes tipe-2. Senyawa tumbuh-tumbuhan yang terdapat pada buah Alpukat seperti D-Mannoheptulose dapat membantu mengendalikan kadar gula dalam darah.

5. Melawan kelelahan dan menambah energi

Buah Alpukat merupakan sumber vitamin C, vitamin B3 (niacin), vitamin B6 (Pyridoxine) dan B9 (Folat) yang dapat meningkatkan energi dan melawan kelelahan. Vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi dari makanan lain juga dapat mendukung peningkatan energi.

6. Mencegah penyakit Kanker

Buah Alpukat merupakan sumber antioksidan karatenoid seperti likopena, alpa-karotena, beta-karoten, beta-cryptoxanthin, lutein, dan zeaxantin yang dapat melindungai sel-sel tubuh manusia dari pengrusakan radikal bebas sehingga menurunkan risiko terkenanya penyakit kanker. Vitamin C dan Vitamin E juga merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

7. Mengatasi Sembelit dan Membantu sistem pencernaan

Buah Alpukat mengandung Serat yang tinggi sehingga dapat membantu sistem pencernaan pada tubuh kita dan membantu mengatasi sembelit.

8. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit

Lemak tak Jenuh tunggal atau Monosaturated Fats yang terkandung dalam buah Alpukat bermanfaat untuk meningkatkan warna kulit dan penampilan. Lemak tak Jenuh tunggal ini merupakan nutrisi penting dalam menjaga tingkat kelembaban di lapisan epidermis kulit sehingga terlihat lembut dan sehat.

Sumber referensi : Kandungan Gizi Buah Alpukat per 100gram dikutip dari Authority Nutrition. Manfaat Buah Alpukat bagi kesehatan diolah dari berbagai sumber.

Currently unrated

Comments

Riddles

22nd Jul- 2020, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20 Oct- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20Aug- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
10Aug- 2019, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
10Aug- 2015, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments

More News  »

Template that you need to know if you want to be pro in after effect

Recent news
5 days, 17 hours ago

What does the Fed do in 2008

Recent news
3 weeks ago

What does the Fed do in 2008

Recent news

Today, one of the popular topic related to financial policy is the question on

read more
3 weeks ago

What is Lifetime Value of customer

Recent news

Have you ever heard about LTV? well if you talk about Macroprudential policy, it will be loan to value. But if you talk about startups and the world of tech, it refers to the Lifetime value of a company. 

read more
1 month, 2 weeks ago

Mengenal lebih dalam kurikulum merdeka

Recent news

Akhirnya Indonesia menerapkan kurikulum merdeka, namun sebenarnya apa sih itu kurikulum merdeka? 

read more
1 month, 3 weeks ago

How to understand the impact of interactive variable from interaction model to depended variable

Recent news

I tried from my own research. And here it is

read more
2 months ago

Thing you should do, to not clutter the social media

Recent news

There 7 things that really move the needle when it comes to social media. They aren’t always easy, but they really do produce results.

read more
2 months, 1 week ago

Elektabilitas cawapres 2024, Erick Thohir paling atas

Recent news

Jelang Pilpres 2024, sejumlah nama telah teridentifikasi dan mendapat dukungan publik. Tiga teratas capres sejauh ini adalah Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Ketiganya memang telah mengantongi dukungan dari beberapa partai politik. Namun, dukungan pada ketiganya tampak masih belum ajeg. Hal ini menunjukkan bahwa preferensi publik juga belum ajeg, masih rentan terhadap perkembangan situasi politik maupun kondisi lain.

read more
7 months, 3 weeks ago

More News »

Generic placeholder image

Collaboratively administrate empowered markets via plug-and-play networks. Dynamically procrastinate B2C users after installed base benefits. Dramatically visualize customer directed convergence without