Contoh teks ceramah

(Comments)

Contoh Teks Ceramah

Contoh Teks Ceramah – Ceramah merupakan kegiatan penyampaian pesan yang mempunyai tujuan untuk memberikan nasehat, petunjuk maupun petuah kepada pendengar secara lisan. Pendengar bisa berarti siapa saja, masyarakat luas atau khalayak.

Dibawah ini akan dijelaskan contoh-contoh teks ceramah. Ada beberapa tema ceramah yang bisa menjadi pembelajaran. Berikut penjabarannya:


1. Contoh Teks Ceramah Tentang Sabar

contoh teks ceramah

Contoh teks ceramah pertama adalah tentang sabar. Kita tahu bahwa sabar adalah sebuah amalan yang paling susah didapat namun memberikan arti yang sangat besar akan kehidupan. Ceramah ini bisa diberikan saat acara pengajian di masjid maupun saat acara-acara keagamaan.Berikut contoh teks ceramahnya.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.Alhamdulilah, Puji Syukur Kehadirat Allah SWT yang telah memberikan curahan nikmatnya. Hingga pada hari ini kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan sedikit berceramah mengenai perlunya sabar.

Saudaraku, pertama saya akan membahas tentang apa itu sabar?. Pada dasarnya sabar berasal dari kata sobaro yasbiru yang artinya adalah menahan. Yang mana menahan disini mempunyai arti yang luas. Misalnya saat berpuasa,kita  menahan semua hawa nafsu untuk banyak hal.

Seperti menahan lapar dari adzan subuh hingga adzan magrib tiba untuk saat berbuka. Selain itu hendaknya kita juga diharuskan bersabar dalam menghadapi perilaku buruk seseorang kepada kita.Tetapi harus juga diketahui , bahwa tidak semua orang dapat menikmati sebuah kesabaran. Karena pada hakekatnya tidak semua orang dapat menahan rasa sabar tersebut.

Untuk itu semua saudaraku hendaknya kita selalu berdoa dan semakin mendekatkan diri pada Allah SWT agar diberi kesabaran melimpah dan tidak ada batasnya. Supaya kita semua mendapat pahala dari Nya yang seluas-luasnya. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqoroh ayat 153 yang artinya :

“Hai orang-orang yang beriman , jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”Bercermin dari ayat tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa Allah SWT akan selalu memberikan pertolongan untuk setiap hamba-hambanya yang mau menjalankan segala perintahNya dan menjauhkan diri dari segala laranganNya.

Didalam ayat Surat Al-Baqoroh tersebut disebutkan Keuntungan orang-orang yang mau mengerjakan sholat wajib 5 waktu. Serta mereka yang mampu menegakkan rasa sabarnya. Yaitu niscaya Allah SWT akan menjanjikan pertolongan  saat mendapat kesusahan.

Walaupun begitu saudaraku, sabar memang tidaklah mudah justru adalah sebuah ujian. Namun justru karena ketidak mudahan tersebut menjadikan sabar adalah sarana Allah SWT untuk menguji hambanya apakah bisa lolos atau tidak dalam ujianNya. Hendaknya kita harus selalu istighfar dan berfikir positif agar dapat lolos ujian kesabaran yang diberikan Allah SWT.

Dan Begitulah sedikit mengenai sabar yang bisa saya bagikan kepada saudara-saudara sekalian. Semoga setelah mendengar ceramah ini kita semua dapat lebih memahami arti penting dari sebuah kesabaran. Dan untuk kemudian mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu saya akhiri ceramah hari ini dan mohon maaf apabila ada terdapat salah kata saat penyampaian tadi. Wassalamualaikum Wr.Wb


2. Contoh Teks Ceramah Tentang Pentingnya Pendidikan Pendidikan Moral

contoh teks ceramah

Pendidikan Moral masyarakat sangat erat kaitannya dengan kemajuan bangsa. Karena jika sebuah bangsa terdiri atas masyarakat yang memiliki moral yang baik maka segala aspek kehidupan bangsa juga akan baik pula. Untuk itu pendidikan moral sangatlah penting khususnya diberikan pada generasi muda.

Ceramah ini dapat diberikan di sekolah-sekolah misalnya saat rapat pertemuan guru dan wali murid.Berikut contoh teks ceramah dengan tema moral.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Segala puji bagi Allah SWT yang menguasai semesta alam  telah memberikan segenap limpahan rahmat serta karunianya. Sehingga kali ini kita dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat walafiat.

Tak lupa sholawat serta salam saya haturkan kepada junjungan Nabi Besar kita Nabi Muhammad Shalawahu Alaihi Wassalam. Karena  atas tuntunannya kepada kita semua sehingga sampai saat ini kita masih bisa berada pada jalan yang di ridoi Allah SWT. Dan tentunya dalam keadaan sehat wal-afiat.

Bapak/Ibu dan Para murid sekalian yang berbahagia.Pada kesempatan yang indah ini mohon Izinkan saya memberikan beberapa patah kata untuk menyampaikan sebuah ceramah singkat. Tema hari ini adalah  mengenai pentingnya pendidikan moral dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Bapak/Ibu guru dan sahabat –sahabat murid  yang saya cintai. Kita harus mengetahui bahwa sebuah bangsa atau negara sangat dipengaruhi oleh perilaku moral perilaku masyarakatnya. Bisa dikatakan sebuah bangsa atau negara akan menjadi lemah jika perilaku masyarakat tidak berlandaskan moral  dalam setiap tingkah laku perbuatannya.

Oleh karena itu wajib hukumnya bagi masyarakat sebuah bangsa dan Negara untuk selalu senantiasa menjaga moral perilaku. Yaitu beberapa pengaruh maupun efek buruk yang dapat merusak nilai kearifan kita semua. Hal tersebut tidak lain agar tercipta sebuah bangsa  dan negara yang kuat  dan tak lemah di mata dunia.

Apalagi di era globalisasi ini yang semakin mempermudah siapa saja untuk melakukan aktivitas apapun.Kemudahan Teknologi,Informasi dan komunikasi misalnya. Banyak media-media seperti televisi maupun internet yang memberikan informasi secara cepat tentang peristiwa apapun yang terjadi di seluruh belahan dunia.

  Contoh Teks Prosedur

Namun kita semua tidak sepatutnya terbuai dengan berbagai kenyamanan dan kemudahan yang diciptakan tersebut. Bisa jadi semua yang kita dapat secara mudah dan instan itu malah akan secara tidak langsung merusak moral kita. Ada baiknya kita semua yang ada disini untuk lebih pintar dalam memilih mana yang bisa dimanfaatkan untuk tujuan baik.

Salah satunya cara untuk menciptakan kehidupan masyarakat  yang bermoral demi kekuatan bangsa adalah dengan membentuk perilaku para generasi muda. Kita tahu bahwa anak-anak merupakan aset generasi muda yang begitu penting perannya dalam membangun kemajuan sebuah negeri. Untuk itu pengaruh orang tua sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Orang tua sudah seyogyanya harus senantiasa melakukan pemantauan terhadap anak-anaknya agar terhindar dari pengaruh buruk yang dapat merusak moral mereka. Seperti melalui tayangan televisi maupun internet yang membawa pengaruh buruk pada mereka.

Selalu memberikan nasihat yang mendidik kearah yang benar adalah suatu kewajiban yang penting dilakukan.Sebaiknya pilih tayangan yang bisa membawa kearah positif dan membatasi tontonan dari luar yang sekiranya dapat merusak moral kearifan kita.Dan lakukan upaya untuk membentuk moral yang baik pada anak-anak.

Banyak cara yang dilakukan untuk membentuk moral baik pada anak-anak. Misalnya dengan memberikan pendidikan agama sejak usia dini. Para orang tua dapat juga memberikan ragam informasi yang bisa membuat mereka lebih bersemangat belajar.

Sebagai orang tua hendaknya kita juga harus bisa meluangkan waktu demi mendengar keluh kesah anak-anak agar mereka dapat menemukan solusi dari masalah yang dihadapi. Dan Dengan begitu agaknya mereka tidak salah melangkah atau terlalu mengikuti arus modernisasi yang bisa berdampak buruk bagi moralnya.

Sungguh penting arti sebuah moral. Bangsa Indonesia tidak akan mampu untuk menopang motto kokohnya yaitu Bhinneka Tunggal Ika saat budaya ketimuran yang ramah dan santun sudah hilang dan berganti karena globalisasi.Maka oleh sebab itu para hadirin, hendaknya kita perlu untuk menjunjung tinggi nilai moral dalam bermasyarakat.

Selalu budayakan gotong royong, nuansa tenggang rasa dan menghargai perbedaan. Hal ini bisa dimulai dengan kita para orang tua untuk mengajari anak-anak kita bermoral yang baik. Agar tercipta suasana berbangsa dan bernegara yang kokoh.

Dan itulah yang dapat saya sampaikan hari ini.Semoga kita semua dapat selalu dalam lindungan dan rahmat yang dianugerahkan oleh Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dan saya harap apa yang saya berikan hari ini dapat bermanfaat bagi semua.

Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati, saya mohon maaf sebesar-besarnya.Akhir kata, Wassalamualikum Wr.Wb


3. Contoh Teks Ceramah Tentang Sholat

contoh teks ceramah

Seperti kata pepatah Sholat merupakan tiang agama. Karena itu penting bagi kita utamanya umat muslim untuk menjalankan salah satu rukun islam tersebut. Ceramah ini bisa diberikan untuk tema pengajian-pengajian maupun acara yang mengandung unsur keagamaan. Berikut contoh teks ceramah tentang sholat:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulilah, Puji Syukur Kehadirat Allah SWT yang telah memberikan curahan nikmatnya hingga pada hari ini kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Pada kesempatan yang berbahagia dan menyenangkan ini saya akan sedikit berceramah mengenai keutamaan sholat.

Saudaraku, kita semua tahu sholat merupakan tiang agama. Maka kita sebagai umat muslim yang beriman agaknya selalu dirikan lah sholat yang khusuk dan benar. Karena dengan kita khusuk saat menjalankan ibadah sholat, berarti kita telah menjalankan satu tiang kehidupan.

Sholat merupakan tiang agama. Hal tersebut bisa dianalogikan dengan sebuah tiang bangunan roboh maka seluruh bangunan pasti ikut hancur dan rusak. Begitu juga dengan kehidupan kita. Baik buruknya sholat kita merupakan cerminan perilaku kehidupan yang kita jalani.

Banyak orang yang berpendapat bahwa jika ingin melihat bagaimana seseorang maka cukup lihat cara sholat orang tersebut. Kalau Sholatnya baik, Insya Allah semua amalan yang dilakukan orang tersebut baik adanya.Karena kekhusukan sholat dapat mencerminkan bahwa seseorang telah dengan maksimal menjalankan perintah Allah dalam hal ini yaitu sholat.

Hal ini juga merupakan sebuah bukti ketakwaan kita terhadap Allah SWT.Lain halnya Saudaraku, jika kita selalu seenaknya dan tidak khusuk saat menjalankan sholat. Baik dalam soal waktu maupun bacaan sholat yang dilantunkan. Maka sudah dapat dipastikan amalan lain yang dilakukan orang tersebut akan tidak jauh berbeda.

Ada juga sebuah Hadist Nabi yang artinya bahwa sholat dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. Hal ini menjadi sebuah kesimpulan yaitu sholat yang dikerjakan dengan baik dan khusuk akan dapat mempengaruhi jiwa dan hati nurani kita. Khususnya dari penyakit hati dan hal buruk yang bisa merugikan orang lain.

Dan sampailah kita di bagian akhir dari ceramah untuk hari ini, semoga dapat memberi banyak manfaat bagi semua hadirin yang hadir disini. Mohon maaf tak lupa saya haturkan bila terdapat salah salah kata. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


4. Contoh Teks Ceramah Mengenahi Narkoba

contoh teks ceramah

Kita tentunya para generasi muda hendaknya peduli dengan masalah ini. Narkoba merupakan salah satu musuh bangsa. Harus diperangi agar bangsa Indonesia tetap maju untuk selamanya. Ceramah ini bisa disampaikan di sekolah-sekolah. Mengingat di tempat tersebut generasi bangsa disiapkan untuk memajukan kehidupan bangsa. Contoh teks ceramah mengenai Narkoba:

Assalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua.Para hadirin yang saya hormati, Bapak/Ibu Guru serta para murid sekalian.

  Contoh Teks Eksposisi

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa.Karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Pada kesempatan yang berbahagia ini,saya akan sedikit membagikan ilmu melalui ceramah dengan tema Bahaya Narkoba.

Bapak/Ibu Guru serta para murid sekalian. Kita harus mengetahui bahwa di Indonesia Negara yang kita cintai ini ternyata memiliki jumlah pengguna narkoba yang sangat besar. Hal tersebut terjadi karena begitu lemahnya hukum di negeri ini. Bahkan banyak kasus pengedar luar negeri yang bekerja sama dengan warga Indonesia demi keuntungan berlipat ganda.

Penggunaan narkoba yang tidak semestinya dan zat adiktif lain tentu akan membawa dampak buruk yang sangat luas. Misalnya dalam aspek kesehatan seperti menurunnya imun tubuh, sakit yang berkepanjangan dan lain-lain. Juga aspek lainnya seperti menurunnya produktivitas kerja, serta semakin maraknya kriminalitas dan tindak kekerasan.

Setelah mengetahui berbagai dampak buruk yang terjadi akibat narkoba harusnya kita harus berpikir untuk mulai memerangi bahaya narkoba. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk terhindar dari barang haram tersebut. Misalnya dengan mengikuti program penyuluhan anti narkoba, tidak bergaul dengan pemakai, dan tentunya tidak mudah terpengaruh dengan bujuk rayu pengguna narkoba lain.

Masalah yang paling membuat miris adalah keterlibatan remaja dan anak sekolah yang lebih dominan menjadi pemakai.Tentu ini patut menjadi perhatian kita. Bagaimana generasi muda yang harusnya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan siap melanjutkan dunia. Malah dirusak masa depannya hanya karena Narkoba.

Tentu kita semua tidak berharap bahwa negeri kita yang tercinta ini suatu saat akan hancur hanya karena generasi muda yang rusak akibat narkoba.Di sinilah peran sekolah sangat dibutuhkan. Melalui lembaga ini perlu adanya program penyuluhan yang ditujukan pada para murid mengenai bahaya dan dampak dari pemakaian Narkoba.

Bisa melalui guru BP maupun diadakan acara khusus dengan mengundang narasumber terkait misalnya anggota BNN dan menjadikan murid sebagai peserta diskusi.Program lain yang bisa dilakukan yaitu mengenali lebih dalam tentang ciri-ciri siswa yang mengkonsumsi narkoba, atau bisa dilakukan dengan mengadakan razia dadakan.

Walaupun para pengedar dan pengguna mungkin sudah mengetahui dan memahami dengan benar apa saja program yang telah sekolah usahakan. Tak lain dan tak bukan untuk upaya mencegah peredaran narkoba di sekolah. Mereka para pengedar tentu dapat dengan mudah mengatasi sebaik yang mereka bisa.

Namun sepandai apapun cara-cara yang bisa dilakukan pengedar, yang terpenting adalah kita harus selalu optimis.Bahwa narkoba pasti mampu ditangkal dan dilawan. Setidaknya mampu diminimalisir dengan cara apapun sekuat tenaga.

Dan yang paling utama adalah cara-cara yang dapat kita lakukan tadi dapat membawa manfaat untuk para murid sekalian. Yaitu membentuk karakter dan perilaku yang baik jauh dari narkoba. Selain itu para murid dapat dengan mudah dan nyaman untuk terus melanjutkan aktivitas belajar.

Demikian ceramah yang dapat saya sampaikan. Tidak lupa saya mohon maaf sebesar-besarnya apabila tadi terdapat kesalahan kata-kata .Maka atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Wassalamualikum Waramatullahi Wabarakatuh.


5. Contoh Teks Ceramah Tentang Ibu

contoh teks ceramah

Ceramah yang bertema ibu bisa disampaikan saat acara khusus seperti peringatan hari ibu. Ataupun bisa dilakukan sebagai topic perbincangan khusus saat pengajuan di masjid. Berikut contoh teks ceramah dengan tema “Ibu”

Assalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Bapak/Ibu,Saudara sekalian yang saya hormati. Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur pada kehadirat Allah SWT. Karena atas`limpahan rahmat dan karuniaNya kita semua masih diberi kesempatan untuk berkumpul untuk bersilahturrahmi di tempat ini. Tentunya dalam keadaan sehat wal-afiat.

Bapak/Ibu seta Saudara sekalian, pada hari ini saya akan sedikit memberikan ceramah singkat dengan tema “ibu”. Ibu merupakan orang tua kita selain ayah yang patut kita hormati sampai kapanpun. Tidak ada pengecualian karena hal itu merupakan ketentuan Allah SWT.Sesuai dengan salah satu firman Allah SWT dalam Al-Quran surat Al-Isra’.

Di mana artinya berbunyi “Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah engkau berbuat baik kepada ibu-Bapak”. Dan lanjutan artinya adalah “Jika salah seorang diantara keduanya atau keduanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka janganlah menyebut kata ‘ah’.”

Selain itu dalam potongan ayat tersebut juga menjelaskan tentang larangan keras pada kita selaku anak-anak mereka untuk membentak keduanya.Berkata kata yang menyakitkan dan buruk. Juga perintah untuk hanya mengucapkan kalimat dan kata–kata yang baik kepada kedua orang tua kita.

Melalui ayat tersebut sudah sangat jelas menerangkan bahwa sebagai seorang anak sudah menjadi kewajiban kita agar menghormati orang tua khususnya ibu. Diharamkan kepada kita mengucap ‘ah’ apalagi sampai membentak kedua orang tua kita. Maka Allah SWT akan tidak segan memberikan azab yang berat.

Hal tersebut tentu sangat berhubungan dengan kehadiran kita di dunia. Ingatlah bahwa kita tidak akan bisa hidup di dunia ini tanpa perjuangan orang tua kita. Melalui mereka Allah SWT memberi amanat kita. Bahkan ada sebuah pepatah Ridho Allah adalah Ridho orang tua.Dan sebaliknya Murka Allah juga merupakan murka orang tua.

Khususnya bagi seorang ibu. Seseorang yang rela mengandung kita selama sembilan bulan lamanya. Setelah itu dengan susah payah beliau akhirnya melahirkan kita tanpa peduli rasa sakit yang dirasakannya. Perjuangan mulianya belum berakhir, kita juga dilimpahi segudang kasih sayang saat proses membesarkan kita selanjutnya hingga dewasa. Hingga ada sebuah kiasan “kasih Ibu sepanjang masa”.

  Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Arti kiasan tersebut kurang lebih yaitu kasih sayang yang seorang ibu berikan memang tak terhingga. Bahkan seringkali tanpa pamrih sedikit pun dan tidak mengharap imbalan kembali. Ada juga istilah yang sangat dikenal oleh masyarakat yang berbunyi surga di telapak kaki ibu.

Semua kiasan,pepatah dan istilah yang selama ini kita kenal dan melekat dalam kehidupan masyarakat tersebut tentunya cukup menjelaskan seberapa berjasanya ibu. Sampai kita diwajibkan untuk selalu menaruh hormat pada beliau. Juga perintah Allah SWT untuk  senantiasa berbuat dan berkata baik pada ibu sampai akhir hayat kita nanti.

Sekian ceramah yang bisa saya berikan hari ini. Semoga dapat memberikan banyak manfaat untuk semua yang hadir hari ini. Untuk salah kata saya mohon maaf sebesar-besarnya. Akhir kata Wassalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


6. Contoh Teks Ceramah Tentang Lingkungan

contoh teks ceramah

Jika membahas tentang lingkungan, maka yang menjadi bahasan utama yaitu mengenai kebersihan. Dengan hidup di lingkungan yang bersih maka akan tercipta suasana yang nyaman dan dapat dengan mudah melakukan kegiatan positif.Namun sayangnya masih banyak orang yang acuh terhadap hal ini.

Maka dari itu perlu adanya sebuah sosialisasi kepada masyarakat luas tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Misalnya melalui ceramah singkat yang diadakan saat memperingati hari lingkungan hidup. Berikut contoh teks ceramahnya.

Asalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillah kita telah diberi kesempatan pada hari ini untuk berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal-afiat.Saudara saudara yang saya cintai,di kesempatan yang berbahagia ini saya akan sedikit menyampaikan ceramah mengenai “lingkungan.”

Di moment hari lingkungan hidup ini saya ingin mengajak saudara-saudara sekalian untuk turut menjaga lingkungan sekitar kita. Tema ini saya ambil terus terang karena rasa prihatin saya terhadap lingkungan sekitar kita. Yang mana keadaannya makin tercemar tiap harinya.

Kita perlu menyadari bahwa sedari awal hidup di bumi ini kita sudah sangat bergantung pada lingkungan. Misalnya saja saat merasa kehausan, kita minum yang bersumber dari lingkungan. Saat bernafas, udara yang kita hirup pun berasal dari lingkungan.

Atau saat kita lapar lalu makan. Makanan yang kita konsumsi tidak lain dan tak bukan adalah sumber makanan yang ditanam dari lingkungan kita. Dengan begitu sudah sangat jelas kita sangat bergantung pada lingkungan. Lingkungan mempunyai dampak yang sangat besar untuk kehidupan kita. Bahkan seakan akan lingkungan adalah hidup kita.

Oleh karena itu bisa disimpulkan bahwa baik buruknya kondisi lingkungan kita akan berpengaruh langsung terhadap baik buruknya kehidupan kita.Tentunya dalam hal kualitas hidup.Hal tersebut bisa diliat dari beberapa masa lalu ketika masih banyak pohon hijau yang hidup di sekitar lingkungan kita.

Kualitas hidup kita saat itu sangat baik, setiap hari menghirup udara segar hingga pernafasan segar. Mata pun selalu dimanjakan dengan pemandangan hijau yang menyejukkan. Namun lihatlah keadaan sekarang. Pohon-pohon besar yang rindang mulai berkurang.

Akibat kerakusan manusia yang menebang pohon sembarangan. Kesejukan dan kehijauan lingkungan seakan mulai musnah. Digantikan dengan asap karbondioksida dari aktivitas pabrik yang mulai terasa mengganggu. Tidak ada lagi yang berperan sebagai pengubah karbondioksida menjadi oksigen. Karena pohon telah banyak ditebang.

Kesejukan dan kesegaran yang selalu kita hirup dulunya, sekarang berubah dengan bau tidak sedap yang berasal dari polusi limbah. Bencana alam juga sering datang silih berganti seakan tak ada habisnya. Apalagi kalau bukan karena modernisasi yang sangat tidak bersahabat dengan lingkungan.

Masalah sampah pun tidak luput dari kehidupan masyarakat masa kini. Kita semua pasti masih ingat beberapa tahun kebelakang, saat kita mencoba untuk berjalan-jalan sekitar lingkungan. Di setiap langkah kita pastinya terlihat bersih. Tidak seperti masa kini yang mana sampah sudah terlihat dimana-mana bahkan menyerupai gunung yang dapat merusak pandangan mata.

Tanah yang dulu sangat subur dapat ditanami berbagai macam jenis tumbuhan, kini seakan tak mampu memberi kehidupan. Di atas tanah yang dulunya selalu bersih sekarang penuh dengan timbunan sampah. Kesuburan yang dulu adalah sebuah hal yang lumrah kini hanya menjadi sebuah legenda saja.

Saudara-saudara yang saya hormati.Saya yakin hal-hal tersebut dari kita semua yang ada disini pasti pernah mengalaminya. Hendaknya kita menyadari dan memahami, bahwa kerusakan lingkungan yang saya sebutkan tadi sebetulnya adalah ulah kita sendiri. Hendaknya kita semua disini untuk tidak mengabaikan hal ini.

Karena bukan tidak mungkin bencana besar yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya akan datang untuk mengingatkan kita.Jadi langkah utama kita supaya hal tersebut tidak terjadi adalah memulai dengan hal kecil. Seperti membuang sampah pada tempatnya, mengurangi menggunakan kendaraan bermotor atau mulai dengan gerakan menanam pohon.

Sekian ceramah yang saya sampaikan dengan tema “lingkungan ”. Semoga kita tetap menjadi pribadi yang selalu mencintai lingkungan sekitar. Dan tak lupa saya mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kata-kata yang kurang berkenan.Akhir kata Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Nah diatas telah dipaparkan contoh teks ceramah yang bisa menjadi bahan referensi bagi yang membutuhkan. Contoh teks ceramah bisa dipelajari dan bisa diganti beberapa isi pembahasannya jika ingin digunakan sendiri.

Contoh teks ceramah ini biasa digunakan saat khutbah, pelajar yang harus sedang ada tugas membuat teks ceramah maupun bagi orang awam yang akan mempresentasikan atau bicara di depan publik.

Currently unrated

Comments

Riddles

22nd Jul- 2020, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20 Oct- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20Aug- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
10Aug- 2019, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
10Aug- 2015, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments

More News  »

What is Lifetime Value of customer

Recent news

Have you ever heard about LTV? well if you talk about Macroprudential policy, it will be loan to value. But if you talk about startups and the world of tech, it refers to the Lifetime value of a company. 

read more
2 weeks, 6 days ago

Mengenal lebih dalam kurikulum merdeka

Recent news

Akhirnya Indonesia menerapkan kurikulum merdeka, namun sebenarnya apa sih itu kurikulum merdeka? 

read more
4 weeks, 1 day ago

How to understand the impact of interactive variable from interaction model to depended variable

Recent news

I tried from my own research. And here it is

read more
1 month, 1 week ago

Thing you should do, to not clutter the social media

Recent news

There 7 things that really move the needle when it comes to social media. They aren’t always easy, but they really do produce results.

read more
1 month, 1 week ago

Elektabilitas cawapres 2024, Erick Thohir paling atas

Recent news

Jelang Pilpres 2024, sejumlah nama telah teridentifikasi dan mendapat dukungan publik. Tiga teratas capres sejauh ini adalah Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Ketiganya memang telah mengantongi dukungan dari beberapa partai politik. Namun, dukungan pada ketiganya tampak masih belum ajeg. Hal ini menunjukkan bahwa preferensi publik juga belum ajeg, masih rentan terhadap perkembangan situasi politik maupun kondisi lain.

read more
6 months, 4 weeks ago

Perbedaan pandangan Dr Soepomo, Muh Yamin, dan Soekarno terhadap UUD 45

Recent news

Sebelum negara Indonesia merdeka, terdapat berbagai organisasi seperti BPUPKI. Di BPUPKI sendiri ada beragam peristiwa bersejarah. Misalnya adalah lahirnya pandangan Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno terhadap negara merdeka.
Pandangan ini lahir pada Sidang BPUPKI I di tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945. Nantinya, pandangan ini akan berpengaruh terhadap kehidupan bangsa dan negara Indonesia setelah merdeka

Pandangan Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno terhadap Negara Merdeka pada Sidang BPUPKI

Mengutip buku IPS Terpadu – Jilid 2B, Sri Pujiastuti, dkk (2007:3), BPUPKI adalah singkatan dari Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. BPUPKI lahir akibat janji PM Koiso untuk memerdekakan Indonesia agar Indonesia mau membantu Jepang melawan sekutu.
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, terdapat berbagai hal yang terjadi selama BPUPKI terbentuk. Contohnya adalah lahirnya pandangan Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno terhadap negara merdeka pada Sidang BPUPKI I. Berikut penjelasannya:

1. Mohammad Yamin

Mohammad Yamin berpidato pada tanggal 29 Mei 1945, yakni pada hari pertama Sidang BPUPKI I. Dalam pidato tersebut, Mohammad Yamin mengemukakan bahwa Indonesia harus merdeka berdasarkan peradaban bangsa sendiri, buka meniru negara lainnya.
Selain itu, beliau juga mengatakan bahwa Indonesia yang akan dibentuk meruppakan negara rakyat dalam suatu republik. Negara ini dipimpin oleh kepala negara pilihan serta dijalankan oleh kementerian dan bertanggung jawab pada majelis musyawarah

2. Soepomo

Soepomo menyatakan pandangannya akan negara merdeka pada tanggal 31 Mei 1945. Beliau berpendapat mengenai konsep negara integralistik yang mempunyai beberapa ciri-ciri, yakni:
  • Negara merupakan pengejawantahan secara organik oleh warga negara

read more
7 months ago

Sepuluh fakta menarik tentang Jepang yang banyak orang belum tahu

Recent news

Berikut adalah 10 fakta menarik tentang Jepang yang mungkin tidak banyak diketahui orang:

read more
7 months ago

Kumpulan rumus rumus fisika

Recent news

Rumus-rumus Fisika memang terkadang sulit dipahami. Butuh ketelitian dan kesabaran dalam mencerna setiap pembahasannya. Sobat notafraid yang mungkin berencana masuk IPA atau sudah masuk jurusan tersebut pasti merasakan hal seperti itu.

read more
7 months, 1 week ago

More News »

Generic placeholder image

Collaboratively administrate empowered markets via plug-and-play networks. Dynamically procrastinate B2C users after installed base benefits. Dramatically visualize customer directed convergence without