Contoh negara maju di benua Eropa

(Comments)

Austria

Eropa adalah bagian barat benua Eurasia. Eropa dipisahkan karena memiliki budaya yang berbeda dengan budaya di Asia. Benua ini terkenal karena kemajuan teknologi dan kebudayaannya. Meskipun letak benua ini tidak strategis dan memiliki iklim yang kurang menguntungkan, tapi benua ini mampu mempengaruhi dunia. Sebagian besar negara di benua Eropa adalah negara maju.

Mengapa materi ini penting untuk kamu

Sesuai ulasan yang menarik di halaman notafra.id adalah mengetahui mengapa materi ini penting. Semenjak kita mengetahui materi ini penting maka kita akan lebih tertarik untuk mempelajarinya dan tidak hanya menuliskan di kertas hasil dari riset kita.

Meskipun eropa cenderung tidak memiliki iklim yang menunjang untuk produktif, tapi hal ini menjadi senjata mereka untuk bisa menata diri dalam mencoba untuk tetap produktif. Pertanian terbesar dan termaju dalam hal teknologi ada di wilayah Wageningen Belanda. Meskipun mereka tidak memiliki musim seperti negara tropis ternyata hal itu tidak menghalangi mereka untuk maju.

Farming in Netherland

Kemudian wilayah penghasil anggur terbesar juga berada di Perancis. Dan Perancis memiliki musim salju loh dimana pada musim tersebut mustahil untuk menanam Anggur.

Wineyard di Perancis

Berikut adalah profil negara-negara maju di benua Eropa:

Negara Maju di Benua Eropa

Negara Maju di Benua Eropa

1. Austria

Austria

Austria adalah sebuah negara terkurung daratan di Eropa Tengah yang berbatasan darat dengan Republik Ceko, Jerman, Hungaria, Slovakia, Slovenia, Italia, Swiss, dan Liechtenstein. Ibukotanya adalah Wina. Austria adalah negara terkaya ke-12 di dunia berdasarkan PDB (Produk Domestik Bruto) per kapita. Negara ini memiliki perekonomian pasar yang telah maju dan juga memiliki standar hidup yang tinggi. Sampai tahun 1980-an, banyak perusahaan terbesar di Austria yang dinasionalisasikan. Sektor pariwisata juga ikut membantu perekonomian nasional.

2. Belgia

Belgia adalah sebuah negara kerajaan di Eropa Barat. Negara ini merupakan anggota Uni Eropa dan tempat markas besar NATO. Ibukotanya adalah Brussel. Perekonomian di Belgia sangat terglobalisasi. Infrastruktur di negara ini sangatlah baik dan terintegrasi dengan negara-negara di Eropa. Belgia merupakan negara pedagang terbesar ke-15 di dunia pada tahun 2007. Negara ini juga yang mengawali revolusi industri pada abad ke-19 masehi.

3. Denmark

Denmark adalah sebuah negara kerajaan di Eropa Utara yang berbatasan dengan Swedia, Norwegia, dan Jerman. Ibukotanya adalah Kopenhagen. Denmark merupakan negara yang tergolong memiliki pendapatan yang tinggi bahkan menempati peringkat ke-18 dalam hal PDB per kapita. Kebijakan liberalisasi tarif impor pada tahun 1797 mengawali perekonomian liberal di Denmark. Kesejahteraan dan hak-hak pekerja sangatlah baik. Komoditas ekspor utama negara ini adalah industri, daging bab*, dan pertanian. Pada tahun 2011, Denmark menempati peringkat 11 dalam hal nilai ekspor per kapita.

4. Estonia

Estonia adalah sebuah negara di kawasan Baltik yang berbatasan dengan Latvia, Rusia, Swedia, dan Finlandia. Ibukotanya adalah Tallinn. Negara ini termasuk negara maju karena memiliki perekonomian yang tinggi, indeks pembangunan manusia yang tinggi, standar hidup yang tinggi, kebebasan yang sangat dijunjung, pendidikan yang maju, dan kebebasan pers. Negara ini seringkali disebut sebagai negara paling banyak terakses internet di Eropa.

5. Finlandia

Finlandia adalah negara di Eropa Utara yang berbatasan dengan Swedia, Norwegia, Rusia, dan Estonia. Ibukotanya adalah Helsinki. Finlandia adalah negara paling stabil di dunia, negara paling bebas bagi pers, dan memiliki sistem pendidikan yang terbaik di dunia. Bahkan Newsweek mengatakan bahwa Finlandia adalah negara terbaik di dunia. Sektor perekonomiannya yang terbesar terletak di sektor manufaktur.

6. Perancis

Perancis adalah negara di Eropa Barat. Ibukotanya berada di Paris. Orang Perancis telah menikmati standar hidup yang tinggi dan standar pendidikan, kesehatan, harapah hidup, kebebasan berpendapat, dan pengembangan manusia yang sangat baik. Perancis termasuk dalam Grup 7 yang berisi negara-negara yang sudah terindustrialisasi. Perancis adalah negara dengan perekonomian terbesar kedua di Eropa dan terbesar ketujuh di dunia. Perancis juga memiliki 39 perusahaan terbesar dari 500 perusahaan terbesar di dunia menurut Fortune Global 500. Mata uang Perancis adalah Euro yang telah menggantikan Franc Perancis (₣) pada tahun 2002. Perekonomian didukung oleh infrastruktur yang sangat baik. Negara ini juga terkenal akan kebudayaan dan kulinernya.

7. Jerman

Jerman adalah sebuah negara di Eropa Barat. Ibukotanya adalah Berlin. Negara ini terdepan dalam beberapa sektor industri dan teknologi dan merupakan negara eksportir dan importir terbesar ketiga di dunia. Standar hidup di Jerman sangatlah tinggi dengan penduduknya yang telah memiliki skill dan sangat produktif. Banyak artis, filsuf, musikus, olahragawan, pengusaha, ilmuan, dan penemu ternama di dunia lahir dan tumbuh di Jerman. Perekonomian di Jerman didukung oleh sistem ekonomi sosial, banyaknya perusahaan dengan nilai saham tinggi, tingkat korupsi yang rendah, dan tingkat inovasi yang sangat tinggi. Dari daftar Fortune Global 500, 28 diantaranya bermarkas di Jerman. Beberapa perusahaan terkenal dari Jerman yaitu Mercedes-Benz, BMW, SAP, Volkswagen, Audi, Siemens, Allianz, Adidas, Porsche, dan DHL.

8. Republik Ceko

Republik Ceko adalah sebuah negara terkurung daratan di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Jerman, Austria, Slovakia, dan Polandia. Ibukotanya adalah Praha. Negara ini memiliki pendapatan ekonomi yang tinggi, pengembangan manusia yang baik, pendapatan per kapita yang tinggi, dan standar hidup yang tinggi. Republik Ceko juga termasuk dalam 10 negara terdamai di dunia dengan sistem demokrasinya yang sangat kuat, angka pengangguran yang rendah, dan stabilnya pemerintahan di negara tersebut. Sebagian besar perekonomian berasal dari sektor perbankan dan telekomunikasi.

9. Yunani

Yunani adalah sebuah negara yang berada di Eropa Tenggara. Ibukotanya berada di Athena. Negara ini adalah negara demokratis dan merupakan negara maju dengan penghasilan tinggi, kualitas hitup yang tinggi, dan standar hidup yang sangat tinggi. Yunani merupakan negara dengan kekuatan pengiriman laut terunggul di dunia, salah satu destinasi wisata terbaik di dunia, dan negara dengan perekonomian terbesar di Balkan. Pendapatan per kapita di Yunani berkisar antara $21.910 sampai $25.705. Perekonomiannya bersumber pada sektor jasa, pariwisata, dan industri.

10. Irlandia

Republik Irlandia adalah sebuah negara di pulau Irlandia (Eropa Utara). Ibukotanya adalah Dublin. Pada tahun 2011 dan 2013, Irlandia menempati posisi ke tujuh dalam hal negara paling maju di dunia berdasarkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia). Negara ini juga maju dalam hal kebebasan pers, kebebasan ekonomi, dan hak penduduk. Negara ini sejak tahun 1980-an berhasil bertransformasi dari perekonomian yang didominasi oleh pertanian menjadi ekonomi modern berbasis ilmu pengetahuan yang berfokus pada industri berteknologi tinggi dan jasa.

11. Italia

Italia adalah sebuah negara di Eropa Selatan yang berbatasan dengan Perancis, Swiss, Austria, Slovenia, San Marino, dan Kota Vatikan. Di dalam wilayah Italia terdapat dua negara kecil yaitu Kota Vatikan dan San Marino. Italia adalah negara dengan perekonomian terbesar ketiga di Zona Eropa dan terbesar kedelapan di dunia. Italia memiliki tingkat pengembangan manusia yang tinggi dan memiliki angka harapan hidup tertinggi di Eropa. Negara ini berperan penting dalam militer dunia, kebudayaan dunia, hubungan diplomatik, dan memiliki kekuatan terbesar di Eropa. Negara ini juga merupakan salah satu negara yang paling sering dikunjungi.

12. Luksemburg

Luksemburg adalah negara terkurung daratan di Eropa Barat yang berbatasan dengan Belgia, Jerman, dan Perancis. Ibukotanya berada di Kota Luksemburg. Luksemburg merupakan negara maju dengan perekonomian yang sudah maju dan PDB per kapita yang tertinggi di dunia (data PBB tahun 2014). Letaknya yang ditengah benua Eropa membuatnya sangat strategis. Negara ini memiliki perekonomian dan politik yang stabil, inflasi yang rendah, pertumbuhan ekonomi yang tinggi, dan tingkat inovasi yang tinggi. Angka pengangguran juga rendah yakni sekitar 6,1%. Luksemburg merupakan surga penggemplang pajak nomor dua di dunia setelah Swiss.

13. Belanda

Belanda adalah sebuah negara kerajaan di Eropa Barat yang berbatasan dengan Jerman dan Belgia. Negara ini juga memiliki tiga pulau teritorial di Karibia. Ibukotanya adalah Amsterdam. Belanda adalah negara pengekspor hasil pangan terbesar kedua di dunia, negara terbahagia ketujuh di dunia, dan pendapatan per kapita tertinggi ke-13 di dunia. Ketiga kota besar di Belanda (Amsterdam, Rotterdam, dan Eindhoven) telah membentuk perekonomian di dunia ini.

14. Portugal

Portugal adalah negara yang berada di ujung barat Eropa yang berbatasan dengan Spanyol. Ibukotanya berada di Lisboa. Negara ini telah menikmati perekonomian yang tinggi dan standar hidup yang tinggi. Tingkat pendidikan di Portugal sangatlah baik. Terdapat beberapa universitas kelas dunia yang menghasilkan manager berkualitas internasional. Komoditas ekonomi utama negara ini adalah jasa dan industri. Pada tahun 2014, Portugal mengalami deflasi sebesar 0,3%.

15. Russia

Ru*ia adalah negara yang berada di Eropa Timur yang berbatasan dengan Norwegia, Finlandia, Estonia, Latvia, Lithuania, Polandia, Belarus, Ukraina, Georgia, Azerbaijan, Kazakhstan, Tiongkok, Mongolia, dan Korea U*ara. Negara ini adalah negara terluas di dunia. Perekonomian Ru*ia adalah salah satu yang terbesar di dunia karena memiliki cadangan mineral dan energi terbanyak di dunia. Negara ini juga memiliki beberapa senjata nuklir dan senjata pemusnah massal. Komoditas utama negara ini adalah minyak bumi dan gas alam.

next page

Mungkin dirimu juga tertarik dengan beberapa artikel serupa

Negara negara di Asia dan ibu kotanya
Negara negara di Afrika beserta ibu kotanya
Negara Negara ASEAN
Negara negara dengan mata uang terendah
Negara negara paling bahagia
Contoh negara maju di benua eropa
Gambar mata uang negara di benua eropa
Contoh negara berkembang di benua eropa
Daftar negara negara anggota Uni Eropa atau European Union

Current rating: 3.3

Comments

Riddles

22nd Jul- 2020, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20 Oct- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20Aug- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
10Aug- 2019, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
10Aug- 2015, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments

More News  »

What does the Fed do in 2008

Recent news
2 weeks, 1 day ago

What does the Fed do in 2008

Recent news

Today, one of the popular topic related to financial policy is the question on

read more
2 weeks, 1 day ago

What is Lifetime Value of customer

Recent news

Have you ever heard about LTV? well if you talk about Macroprudential policy, it will be loan to value. But if you talk about startups and the world of tech, it refers to the Lifetime value of a company. 

read more
1 month, 1 week ago

Mengenal lebih dalam kurikulum merdeka

Recent news

Akhirnya Indonesia menerapkan kurikulum merdeka, namun sebenarnya apa sih itu kurikulum merdeka? 

read more
1 month, 2 weeks ago

How to understand the impact of interactive variable from interaction model to depended variable

Recent news

I tried from my own research. And here it is

read more
2 months ago

Thing you should do, to not clutter the social media

Recent news

There 7 things that really move the needle when it comes to social media. They aren’t always easy, but they really do produce results.

read more
2 months ago

Elektabilitas cawapres 2024, Erick Thohir paling atas

Recent news

Jelang Pilpres 2024, sejumlah nama telah teridentifikasi dan mendapat dukungan publik. Tiga teratas capres sejauh ini adalah Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Ketiganya memang telah mengantongi dukungan dari beberapa partai politik. Namun, dukungan pada ketiganya tampak masih belum ajeg. Hal ini menunjukkan bahwa preferensi publik juga belum ajeg, masih rentan terhadap perkembangan situasi politik maupun kondisi lain.

read more
7 months, 2 weeks ago

Perbedaan pandangan Dr Soepomo, Muh Yamin, dan Soekarno terhadap UUD 45

Recent news

Sebelum negara Indonesia merdeka, terdapat berbagai organisasi seperti BPUPKI. Di BPUPKI sendiri ada beragam peristiwa bersejarah. Misalnya adalah lahirnya pandangan Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno terhadap negara merdeka.
Pandangan ini lahir pada Sidang BPUPKI I di tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945. Nantinya, pandangan ini akan berpengaruh terhadap kehidupan bangsa dan negara Indonesia setelah merdeka

Pandangan Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno terhadap Negara Merdeka pada Sidang BPUPKI

Mengutip buku IPS Terpadu – Jilid 2B, Sri Pujiastuti, dkk (2007:3), BPUPKI adalah singkatan dari Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. BPUPKI lahir akibat janji PM Koiso untuk memerdekakan Indonesia agar Indonesia mau membantu Jepang melawan sekutu.
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, terdapat berbagai hal yang terjadi selama BPUPKI terbentuk. Contohnya adalah lahirnya pandangan Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno terhadap negara merdeka pada Sidang BPUPKI I. Berikut penjelasannya:

1. Mohammad Yamin

Mohammad Yamin berpidato pada tanggal 29 Mei 1945, yakni pada hari pertama Sidang BPUPKI I. Dalam pidato tersebut, Mohammad Yamin mengemukakan bahwa Indonesia harus merdeka berdasarkan peradaban bangsa sendiri, buka meniru negara lainnya.
Selain itu, beliau juga mengatakan bahwa Indonesia yang akan dibentuk meruppakan negara rakyat dalam suatu republik. Negara ini dipimpin oleh kepala negara pilihan serta dijalankan oleh kementerian dan bertanggung jawab pada majelis musyawarah

2. Soepomo

Soepomo menyatakan pandangannya akan negara merdeka pada tanggal 31 Mei 1945. Beliau berpendapat mengenai konsep negara integralistik yang mempunyai beberapa ciri-ciri, yakni:
  • Negara merupakan pengejawantahan secara organik oleh warga negara

read more
7 months, 3 weeks ago

More News »

Generic placeholder image

Collaboratively administrate empowered markets via plug-and-play networks. Dynamically procrastinate B2C users after installed base benefits. Dramatically visualize customer directed convergence without