Cara menghindari problem bisnis online

(Comments)

Cara Menghindari Permasalahan Pada Bisnis Online

434
 🕒 3 menit

Cara Menghindari Permasalahan Pada Bisnis Online – Semakin canggihnya teknologi yang dikembangkan oleh manusia juga akan semakin mempermudah hidup mereka sehingga menjadi lebih praktis, mudah dan lebih tertata.

Baca Juga: Pelajari Untung Rugi Investasi Perak Ini

Bahkan masyarakat pun tak perlu lagi jauh-jauh menuju toko atau mall jika ingin berbelanja karena berbagai macam kebutuhan tersedia di toko online.

Memang sejak dulu sudah ada yang namanya bisnis online namun belum terlalu berkembang seperti sekarang ini. Apalagi kini banyak sekali portal situs e-commerce yang semakin menjamur dan dapat menjadi pilihan bagi banyak orang.

Baca Juga: Bisnis Recehan Beromset Miliaran ala Raja FO Perry Tristianto

Namun Anda juga harus berhati-hati dan mengetahui cara menghindari penipuan bisnis online yang juga sedang marak seiring pertumbuhan usahanya.

Hal ini disebabkan karena penjual dan juga pembeli tak berhadapan satu dengan lainnya sehingga sangat rawan terkena berbagai macam tindak penipuan.

Baca Juga: Angin Segar bagi E-Commerce Indonesia lewat Paket Kebijakan Ekonomi

Maraknya penipuan yang bermodus bisnis online tidak boleh sampai dipandang sebelah mata karena hal ini akan membuat Anda semakin merugi.

Mungkin awalnya uang yang hilang tidak seberapa, namun jika hal itu terulang untuk kedua kalinya, tentunya Anda harus melakukan tindakan pencegahan sekaligus menggunakan beberapa cara supaya terhindar dari penipu bisnis online sebagai berikut:

Cara Menghindari Permasalahan Pada Bisnis Online

Jangan terlalu tergiur dengan barang yang memiliki harga jual murah atau diskon

Menjadi pembeli yang pintar dan bijak menjadi sebuah prioritas bagi Anda sebagai konsumen yang sering melakukan belanja online sehingga Anda memperoleh barang yang diinginkan dan juga sesuai dengan harapan.

Baca Juga: Dedy Indrawan, Bukti Keberhasilan UKM yang Berbisnis Lewat E-commerce

Biasanya salah satu cara yang sering digunakan oleh penipu untuk menjaring korbannya adalah memasang harga beberapa barang dengan murah atau sangat rendah dibandingkan dengan situs lainnya atau bahkan konter asli yang mungkin menjual produk serupa.

Bila memang Anda sedang mencari barang dan kebetulan menemukan toko online yang memasang harga barangnya sangat murah, maka Anda tidak boleh langsung tergiur begitu saja dengan apa yang mereka promosikan karena belum tentu tempat lainnya juga memasang harga murah.

Baca Juga: Cara Menghitung Return on Investment (ROI)

Sebaiknya belilah barang di toko online yang sudah terpercaya sehingga semua transaksi keuangan online yang Anda lakukan tidak akan menimbulkan resiko apapun.

Pilihlah juga situs yang memiliki situs polisi online karena mereka adalah pengaman yang mencegah tindakan penipuan dari penjual.

Menyimpan semua bukti transaksi dengan baik

Setelah Anda memesan barang dan melakukan pembayaran, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah menyimpan semua bukti pembayaran termasuk juga dengan bukti percakapan melalui SMS ataupun media sosial lainnya hingga barang yang Anda pesan benar-benar sudah sampai di tangan.

Baca Juga: Plus Minus Memiliki Polis Asuransi Sebagai Instrumen Investasi

Jika nantinya Anda membuang semua bukti dan barang tak kunjung datang atau resi tak pernah diberikan, maka pihak yang dirugikan hanya Anda sendiri karena bila melapor pun tak akan ada gunanya sebab semua bukti telah dihapus.

Baca Juga: Daftar Media Sosial yang Kini Sudah Punah

Dengan menyimpan bukti-bukti itu, maka Anda bisa terhindar dari bentuk penipuan. Jika tak bisa menyimpan struk pembayaran, maka fotolah bukti tersebut dan simpan baik-baik jika seandainya bukti asli hilang.

Jangan selalu percaya pada testimoni

Banyak orang yang mengatakan jika ingin melihat keaslian dari sebuah toko online, maka Anda harus melihat testimoni atau review dari orang-orang yang pernah membeli di toko online yang sama. Mungkin jaman dahulu hal itu bisa dijadikan sebagai acuan hanya saja tidak untuk kali ini.

Baca Juga: Kota-Kota Di Indonesia Yang Sudah Mengaplikasikan Smart City

Banyak oknum penipu yang sudah mahir untuk memalsukan bukti testimoni atau mengarangnya sendiri sehingga terlihat benar-benar asli dan juga meyakinkan sehingga para korbannya pun akan semakin tertarik untuk membelinya.

Meminta foto barang yang asli

Dalam beberapa bentuk penipuan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab adalah mengirimkan barang yang tidak sama atau sesuai dengan gambar yang terdapat pada media sosial atau situs belanja online.

Baca Juga: 5 Produk Virtual Reality (VR) Yang Layak Dicoba

Untuk memastikan jika barang yang Anda beli adalah asli, maka hal yang harus Anda lakukan adalah meminta foto atau gambar aslinya yang benar-benar nyata sebagai pembanding dengan foto aslinya.

Bila perlu, Anda bisa meminta foto asli barang tersebut lebih dari satu kali dan diambil dari berbagai macam sisi sehingga benar-benar membuktikan jika barang itu nyata.

Baca Juga; Pertumbuhan P2P Lending di China

Semoga beberapa cara menghindari penipuan bisnis online bisa Anda terapkan ketika belanja online sehingga terhindar dari penipuan dan Anda pun bisa memperoleh barang yang diinginkan.

Currently unrated

Comments

Riddles

22nd Jul- 2020, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20 Oct- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20Aug- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
10Aug- 2019, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
10Aug- 2015, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments

More News  »

What is Lifetime Value of customer

Recent news

Have you ever heard about LTV? well if you talk about Macroprudential policy, it will be loan to value. But if you talk about startups and the world of tech, it refers to the Lifetime value of a company. 

read more
2 weeks, 6 days ago

Mengenal lebih dalam kurikulum merdeka

Recent news

Akhirnya Indonesia menerapkan kurikulum merdeka, namun sebenarnya apa sih itu kurikulum merdeka? 

read more
4 weeks, 1 day ago

How to understand the impact of interactive variable from interaction model to depended variable

Recent news

I tried from my own research. And here it is

read more
1 month, 1 week ago

Thing you should do, to not clutter the social media

Recent news

There 7 things that really move the needle when it comes to social media. They aren’t always easy, but they really do produce results.

read more
1 month, 2 weeks ago

Elektabilitas cawapres 2024, Erick Thohir paling atas

Recent news

Jelang Pilpres 2024, sejumlah nama telah teridentifikasi dan mendapat dukungan publik. Tiga teratas capres sejauh ini adalah Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Ketiganya memang telah mengantongi dukungan dari beberapa partai politik. Namun, dukungan pada ketiganya tampak masih belum ajeg. Hal ini menunjukkan bahwa preferensi publik juga belum ajeg, masih rentan terhadap perkembangan situasi politik maupun kondisi lain.

read more
7 months ago

Perbedaan pandangan Dr Soepomo, Muh Yamin, dan Soekarno terhadap UUD 45

Recent news

Sebelum negara Indonesia merdeka, terdapat berbagai organisasi seperti BPUPKI. Di BPUPKI sendiri ada beragam peristiwa bersejarah. Misalnya adalah lahirnya pandangan Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno terhadap negara merdeka.
Pandangan ini lahir pada Sidang BPUPKI I di tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945. Nantinya, pandangan ini akan berpengaruh terhadap kehidupan bangsa dan negara Indonesia setelah merdeka

Pandangan Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno terhadap Negara Merdeka pada Sidang BPUPKI

Mengutip buku IPS Terpadu – Jilid 2B, Sri Pujiastuti, dkk (2007:3), BPUPKI adalah singkatan dari Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. BPUPKI lahir akibat janji PM Koiso untuk memerdekakan Indonesia agar Indonesia mau membantu Jepang melawan sekutu.
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, terdapat berbagai hal yang terjadi selama BPUPKI terbentuk. Contohnya adalah lahirnya pandangan Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno terhadap negara merdeka pada Sidang BPUPKI I. Berikut penjelasannya:

1. Mohammad Yamin

Mohammad Yamin berpidato pada tanggal 29 Mei 1945, yakni pada hari pertama Sidang BPUPKI I. Dalam pidato tersebut, Mohammad Yamin mengemukakan bahwa Indonesia harus merdeka berdasarkan peradaban bangsa sendiri, buka meniru negara lainnya.
Selain itu, beliau juga mengatakan bahwa Indonesia yang akan dibentuk meruppakan negara rakyat dalam suatu republik. Negara ini dipimpin oleh kepala negara pilihan serta dijalankan oleh kementerian dan bertanggung jawab pada majelis musyawarah

2. Soepomo

Soepomo menyatakan pandangannya akan negara merdeka pada tanggal 31 Mei 1945. Beliau berpendapat mengenai konsep negara integralistik yang mempunyai beberapa ciri-ciri, yakni:
  • Negara merupakan pengejawantahan secara organik oleh warga negara

read more
7 months ago

Sepuluh fakta menarik tentang Jepang yang banyak orang belum tahu

Recent news

Berikut adalah 10 fakta menarik tentang Jepang yang mungkin tidak banyak diketahui orang:

read more
7 months ago

Kumpulan rumus rumus fisika

Recent news

Rumus-rumus Fisika memang terkadang sulit dipahami. Butuh ketelitian dan kesabaran dalam mencerna setiap pembahasannya. Sobat notafraid yang mungkin berencana masuk IPA atau sudah masuk jurusan tersebut pasti merasakan hal seperti itu.

read more
7 months, 1 week ago

More News »

Generic placeholder image

Collaboratively administrate empowered markets via plug-and-play networks. Dynamically procrastinate B2C users after installed base benefits. Dramatically visualize customer directed convergence without