Akibat begadang! Ternyata salah satu organ tubuh ini bisa rusak bahkan hancur

(Comments)

Begadang jangan begadang, kalau tak ada gunanya!!

Mungkin lirik lagu itu terdengar cliche, tapi sebenarnya Bang Roma yang flamboyan juga sudah tahu kalau kebanyakan bergadang itu berbahaya. Begadang bro! Itulah kata kata yang sering kita dengan apabila ada Piala Dunia atau musim ujian. Padahal tidur larut malam atau bahkan tidak tidur sama sekali adalah faktor utama yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. Akibatnya adalah tubuh kita mudah untuk terserang penyakit. Selain itu menurut riset, bahkan akan ada organ tubuh yang akan hancur setiap kali kamu begadang. Terdengar cukup seram kan?

Daftar bacaan 

  1. Riset terbaru Terkait begadang
  2. Jadwal Tubuh dalam memproses zat kimia
  3. Hal yang perlu kita cermati

Riset terbaru terkait begadang

Beberapa waktu ini, dunia medis dicengangkan oleh sejumlah dokter di National Taiwan Hospital karena seorang dokter muda (37 tahun) yang menderita kanker hati sebanyak 10 cm. Padahal ia sangat mempercayai hasil kontrol hati (GOT, GPT) hingga saat ini. Banyak orang yang masih mempercayai hasil indeks kontrol manfaat hati. Mereka menganggap apabila hasil indeks menunjukkan angka normal maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan tentang kesehatan hati. Bahkan masih banyak pula dokter-dokter spesialis yang meyakini kesalahpahaman ini.

Hal ini sangatlah mengagetkan, karena dokter-dokter yang seharusnya memberikan pengetahuan tentang kesehatan yang benar, justru mereka sendiri masih meyakini suatu hal yang salah. Seharusnya penyakit ini ditangani dengan metode yang tepat dan benar. Dokter Hsu Chin mengatakan bahwa untuk saat ini cara yang bisa dilakukan adalah mendeteksi sedini mungkin sehingga bisa segera dilakukan pengobatan.

Berikut adalah faktor utama penyebab rusaknya hati :

  1. Waktu tidur yang tidak teratur, yakni tidur terlalu malam atau bangun terlalu siang
  2. Terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan kimia
  3. Terlalu sering makan makanan yang mengandung pengawet, pewarna, penyedap rasa, dan pemanis buatan

Faktor paling utama yang menyebabkan hati rusak adalah waktu tidur yang tidak teratur. Artinya tidur teralu malam atau bangun terlalu siang. akibat begadang bagi tubuh kita sangatlah merugikan. Pencegahan dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Pencegahan ini dapat dilakukan dengan pengetahuan mengenai jadwal pembuangan serta penyerapan zat yang tidak bermanfaat.

Jadwal tubuh ketika akan membuang zat yang tidak bermanfaat bagi tubuh kita :

  • Pukul 21.00-23.00: terjadi pembuangan zat beracun di bagian kelenjar getah bening. Oleh karenanya, pada waktu tersebut haruslah dilewati dengan keadaan yang rileks. Apabila di waktu itu seorang ibu masih melakukan aktivitas yang berat maka akan mengganggu kesehatannya. Itulah salah satu alasan bahaya begadang bagi tubuh kita.
  • Pukul 00.00-04.00: sumsung tulang belakang menghasilkan darah. Proses ini berlangsung dalam keadaan tidur.
  • Pukul 01.00-03.00: terjadi pengeluaran zat beracun di bagian empedu. Proses ini berlangsung dalam keadaan tidur. Untuk itu jangan begadang karena akan menghancurkan organ tubuh ini.
  • Pukul 03.00-05.00: pembersihan di bagian paru-paru. Proses ini akan mengakibatkan batuk yang cukup hebat karena de-toxin sudah mencapai saluran pernafasan. Sehingga batuk ini tidak perlu diobati agar tidak mengganggu proses de-toxin.
  • Pukul 05.00-07.00: proses de-toxin di bagian usus besar. Sehingga buang air diperlukan pada waktu itu.
  • Pukul 07.00-09.00: terjadi proses penyerapan nutrisi makanan di bagian usus kecil. Sehingga diperlukan makan pagi untuk melindungi kesehatan kita.

Sebagian besar proses penyerapan dan pengeluaran zat beracun terjadi saat tubuh dalam keadaan tidur. Hal tersebut membuktikan bahwa tidur merupakan hal yang penting untuk dijaga. Organ tubuh yang akan hancur setiap kali kamu begadang tidak hanya berkaitan dengan hati, tetapi usus besar, usus kecil, empedu dan masih banyak lagi. Kesadaran tentang bahaya begadang sangat diperlukan demi kesehatan tubuh. Untuk itu jagalah gaya hidup sehatmu.

Jadi jagalah kesehatanmu guys. Share ke semua orang yang anda sayangi, terutama untuk yang suka begdang. Menurut Dennis G West, pengarang buku Kesehatan Best Seller, banyak hal yang perlu di perhatikan seperti :

  • Menjawab telephone dengan telinga kiri.
  • Jangan minum obat dengan air dingin.
  • Jangan konsumsi makanan berat setelah jam 6 sore.
  • Minum lebih banyak air putih ketika pagi hari dan lebih sedikit malam hari.
  • Jam tidur yang paling baik adalah jam 10 malam hingga jam 5 pagi.
  • Jangan cepat berbaring setelah minum obat.
  • Saat baterai Hp dibawah 10% janganlah terima telephone karena radiasi meningkat 100 kali.

Semoga info singkat ini dapat bermanfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Bantu share untuk kebaikan bersama.

Currently unrated

Comments

Teori krisis keuangan

Recent news
2 weeks, 1 day ago

Artist created a blended cat art with the landscape

Recent news

  
Cat Landscape Illustrations by Lim Heng Swee

This post may contain affiliate links. If you make a purchase, My Modern Met may earn an affiliate commission. Please read our disclosure for more info.

read more
2 weeks, 2 days ago

What if room famous paintings come to life

Recent news

What if Room Famous Paintings come to Life

Edited from the post of  EMMA TAGGART

read more
2 weeks, 3 days ago

Coronavirus memiliki asal mula dari alam

Recent news

Ilustrasi coronavirus (gambar stok).  |  Kredit: © pinkeyes / stock.adobe.com
Ilustrasi coronavirus (gambar stok).
Kredit: © pinkeyes / Adobe Stock

Novel coronavirus SARS-CoV-2 yang muncul di kota Wuhan, Cina, tahun lalu dan sejak itu menyebabkan epidemi COVID-19 berskala besar dan menyebar ke lebih dari 70 negara lain adalah produk evolusi alami, menurut temuan yang dipublikasikan hari ini di jurnal Nature Medicine .

read more
2 weeks, 3 days ago

Coronavirus: Negara mana saja yang mengunci dirinya

Recent news

Polisi Prancis mengendalikan kendaraan di Ustaritz, Prancis barat daya, Kamis, 19 Maret 2020.

Polisi Prancis mengendalikan kendaraan di Ustaritz, Prancis barat daya, Kamis, 19 Maret 2020.   -   Copyright   AP Photo / Bob Edme

read more
2 weeks, 3 days ago

Creativity amid the Corona outbreak - WFH design

Recent news

Some have set up their office on their beds. Others have migrated to kitchen tables or their couches. Many are trying to figure out how to maintain some normalcy while sharing small spaces with partners or family members.
Writng
And in the absence of proper work-from-home infrastructure (like, you know, an actual desk), a lot of people are getting creative.

The liquor cabinet desks

Emma Northcott, who is based in London, is using her liquor cabinet while she waits for an office that she ordered online to come in.
Patrick Gipson in New York had a similar idea.
They won't have to travel far for (virtual) happy hour.

    read more
    3 weeks ago

    Strategy for press release and also the contact of all journalist room in Indonesia

    Recent news

    Lately

    read more
    1 month, 1 week ago

    The History of Financial Crisis after the Bretton Woods treaty ends

    Recent news
    1 month, 2 weeks ago

    More News »

    Generic placeholder image

    Collaboratively administrate empowered markets via plug-and-play networks. Dynamically procrastinate B2C users after installed base benefits. Dramatically visualize customer directed convergence without