Akibat begadang! Ternyata salah satu organ tubuh ini bisa rusak bahkan hancur

(Comments)

Begadang jangan begadang, kalau tak ada gunanya!!

Mungkin lirik lagu itu terdengar cliche, tapi sebenarnya Bang Roma yang flamboyan juga sudah tahu kalau kebanyakan bergadang itu berbahaya. Begadang bro! Itulah kata kata yang sering kita dengan apabila ada Piala Dunia atau musim ujian. Padahal tidur larut malam atau bahkan tidak tidur sama sekali adalah faktor utama yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. Akibatnya adalah tubuh kita mudah untuk terserang penyakit. Selain itu menurut riset, bahkan akan ada organ tubuh yang akan hancur setiap kali kamu begadang. Terdengar cukup seram kan?

Daftar bacaan 

  1. Riset terbaru Terkait begadang
  2. Jadwal Tubuh dalam memproses zat kimia
  3. Hal yang perlu kita cermati

Riset terbaru terkait begadang

Beberapa waktu ini, dunia medis dicengangkan oleh sejumlah dokter di National Taiwan Hospital karena seorang dokter muda (37 tahun) yang menderita kanker hati sebanyak 10 cm. Padahal ia sangat mempercayai hasil kontrol hati (GOT, GPT) hingga saat ini. Banyak orang yang masih mempercayai hasil indeks kontrol manfaat hati. Mereka menganggap apabila hasil indeks menunjukkan angka normal maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan tentang kesehatan hati. Bahkan masih banyak pula dokter-dokter spesialis yang meyakini kesalahpahaman ini.

Hal ini sangatlah mengagetkan, karena dokter-dokter yang seharusnya memberikan pengetahuan tentang kesehatan yang benar, justru mereka sendiri masih meyakini suatu hal yang salah. Seharusnya penyakit ini ditangani dengan metode yang tepat dan benar. Dokter Hsu Chin mengatakan bahwa untuk saat ini cara yang bisa dilakukan adalah mendeteksi sedini mungkin sehingga bisa segera dilakukan pengobatan.

Berikut adalah faktor utama penyebab rusaknya hati :

  1. Waktu tidur yang tidak teratur, yakni tidur terlalu malam atau bangun terlalu siang
  2. Terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan kimia
  3. Terlalu sering makan makanan yang mengandung pengawet, pewarna, penyedap rasa, dan pemanis buatan

Faktor paling utama yang menyebabkan hati rusak adalah waktu tidur yang tidak teratur. Artinya tidur teralu malam atau bangun terlalu siang. akibat begadang bagi tubuh kita sangatlah merugikan. Pencegahan dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Pencegahan ini dapat dilakukan dengan pengetahuan mengenai jadwal pembuangan serta penyerapan zat yang tidak bermanfaat.

Jadwal tubuh ketika akan membuang zat yang tidak bermanfaat bagi tubuh kita :

  • Pukul 21.00-23.00: terjadi pembuangan zat beracun di bagian kelenjar getah bening. Oleh karenanya, pada waktu tersebut haruslah dilewati dengan keadaan yang rileks. Apabila di waktu itu seorang ibu masih melakukan aktivitas yang berat maka akan mengganggu kesehatannya. Itulah salah satu alasan bahaya begadang bagi tubuh kita.
  • Pukul 00.00-04.00: sumsung tulang belakang menghasilkan darah. Proses ini berlangsung dalam keadaan tidur.
  • Pukul 01.00-03.00: terjadi pengeluaran zat beracun di bagian empedu. Proses ini berlangsung dalam keadaan tidur. Untuk itu jangan begadang karena akan menghancurkan organ tubuh ini.
  • Pukul 03.00-05.00: pembersihan di bagian paru-paru. Proses ini akan mengakibatkan batuk yang cukup hebat karena de-toxin sudah mencapai saluran pernafasan. Sehingga batuk ini tidak perlu diobati agar tidak mengganggu proses de-toxin.
  • Pukul 05.00-07.00: proses de-toxin di bagian usus besar. Sehingga buang air diperlukan pada waktu itu.
  • Pukul 07.00-09.00: terjadi proses penyerapan nutrisi makanan di bagian usus kecil. Sehingga diperlukan makan pagi untuk melindungi kesehatan kita.

Sebagian besar proses penyerapan dan pengeluaran zat beracun terjadi saat tubuh dalam keadaan tidur. Hal tersebut membuktikan bahwa tidur merupakan hal yang penting untuk dijaga. Organ tubuh yang akan hancur setiap kali kamu begadang tidak hanya berkaitan dengan hati, tetapi usus besar, usus kecil, empedu dan masih banyak lagi. Kesadaran tentang bahaya begadang sangat diperlukan demi kesehatan tubuh. Untuk itu jagalah gaya hidup sehatmu.

Jadi jagalah kesehatanmu guys. Share ke semua orang yang anda sayangi, terutama untuk yang suka begdang. Menurut Dennis G West, pengarang buku Kesehatan Best Seller, banyak hal yang perlu di perhatikan seperti :

  • Menjawab telephone dengan telinga kiri.
  • Jangan minum obat dengan air dingin.
  • Jangan konsumsi makanan berat setelah jam 6 sore.
  • Minum lebih banyak air putih ketika pagi hari dan lebih sedikit malam hari.
  • Jam tidur yang paling baik adalah jam 10 malam hingga jam 5 pagi.
  • Jangan cepat berbaring setelah minum obat.
  • Saat baterai Hp dibawah 10% janganlah terima telephone karena radiasi meningkat 100 kali.

Semoga info singkat ini dapat bermanfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Bantu share untuk kebaikan bersama.

Currently unrated

Comments

Riddles

22nd Jul- 2020, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20 Oct- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20Aug- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
10Aug- 2019, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
10Aug- 2015, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments

More News  »

What is Lifetime Value of customer

Recent news

Have you ever heard about LTV? well if you talk about Macroprudential policy, it will be loan to value. But if you talk about startups and the world of tech, it refers to the Lifetime value of a company. 

read more
2 weeks, 6 days ago

Mengenal lebih dalam kurikulum merdeka

Recent news

Akhirnya Indonesia menerapkan kurikulum merdeka, namun sebenarnya apa sih itu kurikulum merdeka? 

read more
4 weeks, 1 day ago

How to understand the impact of interactive variable from interaction model to depended variable

Recent news

I tried from my own research. And here it is

read more
1 month, 1 week ago

Thing you should do, to not clutter the social media

Recent news

There 7 things that really move the needle when it comes to social media. They aren’t always easy, but they really do produce results.

read more
1 month, 2 weeks ago

Elektabilitas cawapres 2024, Erick Thohir paling atas

Recent news

Jelang Pilpres 2024, sejumlah nama telah teridentifikasi dan mendapat dukungan publik. Tiga teratas capres sejauh ini adalah Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Ketiganya memang telah mengantongi dukungan dari beberapa partai politik. Namun, dukungan pada ketiganya tampak masih belum ajeg. Hal ini menunjukkan bahwa preferensi publik juga belum ajeg, masih rentan terhadap perkembangan situasi politik maupun kondisi lain.

read more
6 months, 4 weeks ago

Perbedaan pandangan Dr Soepomo, Muh Yamin, dan Soekarno terhadap UUD 45

Recent news

Sebelum negara Indonesia merdeka, terdapat berbagai organisasi seperti BPUPKI. Di BPUPKI sendiri ada beragam peristiwa bersejarah. Misalnya adalah lahirnya pandangan Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno terhadap negara merdeka.
Pandangan ini lahir pada Sidang BPUPKI I di tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945. Nantinya, pandangan ini akan berpengaruh terhadap kehidupan bangsa dan negara Indonesia setelah merdeka

Pandangan Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno terhadap Negara Merdeka pada Sidang BPUPKI

Mengutip buku IPS Terpadu – Jilid 2B, Sri Pujiastuti, dkk (2007:3), BPUPKI adalah singkatan dari Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. BPUPKI lahir akibat janji PM Koiso untuk memerdekakan Indonesia agar Indonesia mau membantu Jepang melawan sekutu.
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, terdapat berbagai hal yang terjadi selama BPUPKI terbentuk. Contohnya adalah lahirnya pandangan Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno terhadap negara merdeka pada Sidang BPUPKI I. Berikut penjelasannya:

1. Mohammad Yamin

Mohammad Yamin berpidato pada tanggal 29 Mei 1945, yakni pada hari pertama Sidang BPUPKI I. Dalam pidato tersebut, Mohammad Yamin mengemukakan bahwa Indonesia harus merdeka berdasarkan peradaban bangsa sendiri, buka meniru negara lainnya.
Selain itu, beliau juga mengatakan bahwa Indonesia yang akan dibentuk meruppakan negara rakyat dalam suatu republik. Negara ini dipimpin oleh kepala negara pilihan serta dijalankan oleh kementerian dan bertanggung jawab pada majelis musyawarah

2. Soepomo

Soepomo menyatakan pandangannya akan negara merdeka pada tanggal 31 Mei 1945. Beliau berpendapat mengenai konsep negara integralistik yang mempunyai beberapa ciri-ciri, yakni:
  • Negara merupakan pengejawantahan secara organik oleh warga negara

read more
7 months ago

Sepuluh fakta menarik tentang Jepang yang banyak orang belum tahu

Recent news

Berikut adalah 10 fakta menarik tentang Jepang yang mungkin tidak banyak diketahui orang:

read more
7 months ago

Kumpulan rumus rumus fisika

Recent news

Rumus-rumus Fisika memang terkadang sulit dipahami. Butuh ketelitian dan kesabaran dalam mencerna setiap pembahasannya. Sobat notafraid yang mungkin berencana masuk IPA atau sudah masuk jurusan tersebut pasti merasakan hal seperti itu.

read more
7 months, 1 week ago

More News »

Generic placeholder image

Collaboratively administrate empowered markets via plug-and-play networks. Dynamically procrastinate B2C users after installed base benefits. Dramatically visualize customer directed convergence without