Mengenal negara yang masyarakatnya hobi main Basket - Lithuania

(Comments)

Jonas Valanciunas

Mengetahui profil negara negara di eropa memang sesuatu yang mengasyikkan. Seperti negara Lithuania ini. Negara ini terkenal dengan orang orang yang jago main basket. Saya memiliki banyak rekan yang jago basket berasal dari Negara Lithuania. Istilahnya kalau di daerah Asia Tenggara, maka Lithuania ini seperti Filipina.

Letak Geografis

Terkait dengan profil geografisnya, negara Lithuania terletak di benua Eropa, tepatnya dibagian utara benua Eropa. Negara yang secara geografisnya berada diantara 53°-57°LU dan 21°-27°BT ini berbatasan dengan negara Polandia di selatan dan berbatasan dengan Latvia disebelah utaranya. Sedangkan di sebelah tenggaranya berbatasan Polandia dan Oblast Kaliningrad (sebuah wilayah enklave Rusia) di barat dayanya. Lithuania adalah salah satu dari tiga negara yang terletak di kawasan Baltik. Ibukota Lithuania adalah kota Vilnius.

Para pemain basket Lithuania

Dalam sejarahnya, Lithuania pernah menjadi negara terbesar di benua Eropa pada abad ke-14. Pada tahun 1569, Lithuania dan Polandia bersatu membentuk negara Persemakmuran Polandia-Lithuania. Namun hingga pada tahun 1772 – 1795, negara ini secara sistematis dipecahkan dan dikuasai oleh negara-negara tetangganya. Lithuania kemudian memperoleh kembali kemerdekaannya setelah Perang Dunia I, tetapi pada tahun 1940 dianeksasi oleh Uni Soviet. Kekuasaan Uni Soviet terhadap Lithuania ini tidak pernah diakui oleh Amerika Serikat dan sebagian besar negara-negara lainnya.

Demografis 

Pada 11 Maret 1990, Lithuania mendeklarasikan kemerdekaannya namun tidak diakui oleh Uni Soviet hingga bubarnya Uni Soviet pada tahun 1991. Tanggal 6 September 1991 kemudian diperingati sebagai hari Kemerdekaannya Republik Lithuania.

Luas wilayah Lithuania adalah sebesar 65.300km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 2.793.284 jiwa (2018). Mayoritas penduduknya adalah etnis Lithuania 84.1%, Polandia 6.6%, Rusia 5.8% dan Belarus 1.2%. Agama Katolik Roma adalah agama mayoritas di negara bekas Uni Soviet ini. Bahasa resminya adalah bahasa Lithuania. Lithuania mengalami penurunan jumlah penduduk dengan tingkat pertumbuhan penduduk disekitar -1.1% (2018).

Vilnius ibu kota Lithuania

Lithuania menganut Sistem pemerintahan Republik semi-Presidensil yang kepala negaranya adalah seorang Presiden sedangkan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri. Presiden yang dipilih secara langsung untuk masa jabatan 5 tahun dengan maksimum 2 kali periode masa jabatan. Presiden memiliki kekuasaan besar seperti mengurusi urusan luar negeri, keamanan nasional dan sebagai Panglima tertinggi militer serta menunjuk Perdana Menteri, sejumlah pegawai negeri sipil dan juga Hakim untuk semua pengadilan.

Di bidang perekonomian, Republik Lithuania merestrukturisasi ekonominya untuk integrasi ke dalam lembaga-lembaga Eropa Barat setelah memperoleh kemerdekaannya dari Uni Soviet. Kebijakan stabilisasi makroekonomi, termasuk privatisasi sebagian besar perusahaan milik negara dan juga komitmen yang kuat terhadap pengaturan dewan mata uang mengarah pada ekonomi yang terbuka dan berkembang pesat serta meningkatnya permintaan konsumen. Investasi asing dan pendanaan Uni Eropa membantu dalam transisi ini.

Pada 2015, Rusia merupakan mitra dagang terbesar Lituania yang diikuti oleh Polandia, Jerman dan Latvia. Perdagangan barang dan jasa antara Amerika Serikat dan Lithuania mencapai hingga US$ 2,2 miliar. Lithuania membuka terminal gas alam cair yang dibiayai sendiri pada Januari 2015, menyediakan pasokan gas alam non-Rusia pertama ke Negara-negara Baltik dan mengurangi ketergantungannya pada gas Rusia yang sebelumnya adalah 100% menjadi sekitar 30% pada 2016. Pendapatan Domestik Bruto atau PDB Lithuania adalah sebesar US$91,47 miliar (2017) dengan Pendapatan Per Kapitanya sebesar US$32.400,- (2017). Pertumbuhan Ekonominya adalah sebesar 3,9% di tahun 2017.

Di Hubungan Luar Negeri, Lithuania bergabung menjadi negara anggota PBB pada 17 September 1991. Lituania juga merupakan negara anggota dari beberapa lembaga-lembaga Internasional yang berada dibwah PBB seperti FAO, IAEA, ICAO, ILO, IMF, IMO, ITU, UNCTAD, UNESCO, UNIDO, UNWTO, UPU, WHO, WIPO, WMO dan WTO. Republik Lithuania juga aktif di berbagai organisasi Internasional lainnya seperti NATO, Uni Eropa dan OECD.

Profil Negara Lithuania

Berikut ini adalah Profil lengkap Negara Lithuania.

  • Nama Lengkap : Republik Lithuania (Republic of Lithuania)
  • Bentuk Pemerintahan : Republik semi-Presidensil
  • Kepala Negara : Presiden Gitanas NAUSEDA (sejak 12 Juli 2019)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Saulius SKVERNELIS (sejak 13 Desember 2016)
  • Ibukota : Vilnius
  • Luas Wilayah : 65.300 km2
  • Jumlah Penduduk : 2.793.284 jiwa (2018)
  • Pertumbuhan Penduduk : –1,1% (2018)
  • Angka Kelahiran : 9,8 bayi per 1000 penduduk
  • Bahasa Resmi : Bahasa Lithuania
  • Etnis : Lithuania 84.1%, Polandia 6.6%, Rusia 5.8%, Belarus 1.2%, etnis lainnya 1,1% dan tidak diketahui 1,2% (estimasi 2011)
  • Agama : Katolik Roma 77.2%, Ortodoks Rusia 4.1%, Kepercayaan lama 0.8%, Evangelical Lutheran 0.6%, Evangelical Reformist 0.2%, agama lainnya 0.8%, tidak beragama 6.1%, tidak diketahui 10.1% (estimasi 2011)
  • Hari Kemerdekaan : 11 Maret 1990 (deklarasi kemerdekaan dari Uni Soviet); 6 September 1991 (diakui oleh Uni Soviet); 6 July 1253 (Pendirian negara oleh MINDAUGAS); 1 Juli 1569 (Pembentukan negara Persemakmuran Polandia-Lithuania); 16 Februari 1918 (Memperoleh Kemerdekaan dari Uni Soviet dan Jerman)
  • Hari Nasional : 16 February 1918 (Memperoleh Kemerdekaan dari Uni Soviet dan Jerman); 11 Maret 1990 (deklarasi kemerdekaan dari Uni Soviet)
  • Lagu Kebangsaan : “Tautiska giesme” (The National Song)
  • Kode Domain Internet : .lt
  • Kode Telepon : 370
  • Mata Uang : Litai Lithuania (LTL)
  • Pendapatan Per Kapita : US$32.400,- (2017)
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$91,47 miliar (2017)
  • Lokasi : Benua Eropa (Eropa Utara)

Lambang Negara Lithuania dan Bendera Lithuania

Bendera Lithuania

Lambang negaranya adalah seorang ksatria era medieval dengan baju besi 

Lambang negara Lithuania

Pembagian Wilayah Administrasi Lithuania

Secara administratif, Republik Lithuania terbagi atas 10 County. Berikut ini daftar 10 County di Republik Lithuania beserta Ibukotanya.

No. County Ibukota

  1. Alytus County Alytus
  2. Kaunas County Kaunas
  3. Klaipėda County Klaipėda
  4. Marijampolė County Marijampolė
  5. Panevėžys County Panevėžys
  6. Šiauliai County Šiauliai
  7. Tauragė County Tauragė
  8. Telšiai County Telšiai
  9. Utena County Utena
  10. Vilnius County Vilnius 
Current rating: 5

Comments

Teori krisis keuangan

Recent news
1 week, 1 day ago

Artist created a blended cat art with the landscape

Recent news

  
Cat Landscape Illustrations by Lim Heng Swee

This post may contain affiliate links. If you make a purchase, My Modern Met may earn an affiliate commission. Please read our disclosure for more info.

read more
1 week, 2 days ago

What if room famous paintings come to life

Recent news

What if Room Famous Paintings come to Life

Edited from the post of  EMMA TAGGART

read more
1 week, 3 days ago

Coronavirus memiliki asal mula dari alam

Recent news

Ilustrasi coronavirus (gambar stok).  |  Kredit: © pinkeyes / stock.adobe.com
Ilustrasi coronavirus (gambar stok).
Kredit: © pinkeyes / Adobe Stock

Novel coronavirus SARS-CoV-2 yang muncul di kota Wuhan, Cina, tahun lalu dan sejak itu menyebabkan epidemi COVID-19 berskala besar dan menyebar ke lebih dari 70 negara lain adalah produk evolusi alami, menurut temuan yang dipublikasikan hari ini di jurnal Nature Medicine .

read more
1 week, 3 days ago

Coronavirus: Negara mana saja yang mengunci dirinya

Recent news

Polisi Prancis mengendalikan kendaraan di Ustaritz, Prancis barat daya, Kamis, 19 Maret 2020.

Polisi Prancis mengendalikan kendaraan di Ustaritz, Prancis barat daya, Kamis, 19 Maret 2020.   -   Copyright   AP Photo / Bob Edme

read more
1 week, 3 days ago

Creativity amid the Corona outbreak - WFH design

Recent news

Some have set up their office on their beds. Others have migrated to kitchen tables or their couches. Many are trying to figure out how to maintain some normalcy while sharing small spaces with partners or family members.
Writng
And in the absence of proper work-from-home infrastructure (like, you know, an actual desk), a lot of people are getting creative.

The liquor cabinet desks

Emma Northcott, who is based in London, is using her liquor cabinet while she waits for an office that she ordered online to come in.
Patrick Gipson in New York had a similar idea.
They won't have to travel far for (virtual) happy hour.

    read more
    2 weeks ago

    Strategy for press release and also the contact of all journalist room in Indonesia

    Recent news

    Lately

    read more
    1 month ago

    The History of Financial Crisis after the Bretton Woods treaty ends

    Recent news
    1 month, 1 week ago

    More News »

    Generic placeholder image

    Collaboratively administrate empowered markets via plug-and-play networks. Dynamically procrastinate B2C users after installed base benefits. Dramatically visualize customer directed convergence without