Daftar Negara Berkembang di Eropa Tengah dan Timur

(Comments)

Vilnus

Daftar Negara Berkembang di Eropa Tengah dan Timur

Kalau mau lihat daftarnya, berikut ini daftar negara negaranya, Ibu kota, dan Mata uang. Dari negara negara tersebut hanya Slovakia yang sudah menggunakan Euro.  

No Negara Ibu kota Mata uang
1 Belarusia Minsk

Rubel Belarus

2 Bulgaria Sofia

Lev Bulagaria

3 Hungaria Budapest Forint
4 Ukraina Kiev Hryvnia
5 Moldova Chisinau Leu
6 Ceko Prague Koruna
7 Polandia Warsaw Zloty
8 Rumania Bukares Leu
9 Slovakia Bratislava Euro

Meski demikian, menurut komposisi wilayahnya Benua Eropa terbagi menjadi beberapa bagian yaitu Eropa Barat, Eropa Utara, Eropa Selatan, dan Eropa Timur. Eropa Timur secara geografis terletak di bagian timur Benua Eropa dan dikelilingi oleh Pegunungan Ural dan Kaukasus. Negara-negara yang terletak di Eropa Timur pada umumnya adalah pecahan dari Uni Soviet yang memerdekakan diri dan menjadi negara mandiri.

Sebutan Eropa Timur berawal dari sebutan negara barat kepada negara-negara yang menganut paham komunis saat Perang Dunia dengan nama Blok Timur. Setelah perang dunia usai, dengan kekalahan di pihak Uni Soviet, mulailah bermunculan negara-negara baru. Negara inilah yang menjadi bagian Eropa Timur saat ini. Berbeda dengan negara di bagian Benua Eropa lainnya, dari segi ekonomi, hampir seluruh negara di Eropa Timur termasuk ke dalam negara berkembang. Kali ini kita akan bahas satu persatu profil negara berkembang di Eropa Timur. Berikut ulasannya.

  1. Belarus

Belarus adalah salah satu negara di Eropa Timur yang berbatasan langsung dengan Rusia. Belarus sering juga disebut dengan nama Belarusia. Untuk lebih lengkapnya berikut profil negara Belarus.

  • Ibukota : Minsk
  • Pemerintahan : Republik Presidensial
  • Luas Wilayah : 207.595 km2
  • Mata uang : Rubel Belarus
  • Bahasa : Belarus dan Rusia

Belarus berasal dari kata “Bela” yang berarti putih dan “Rus” yang berarti tanah Slavia Timur yang saat ini sudah menjadi milik Belarus dan Ukaraina. 40% negara Belarus dipenuhi oleh hutan hijau dan 12,4% wilayahnya dipenuhi oleh rawa-rawa. Belarus memiliki salah satu rawa terbesar di Eropa yaitu Polesia. Danau yang berada di negara ini termasuk banyak hingga mencapai 11.000 danau dan 28.000 sungai besar dan kecil sehingga Belarus mendapat julukan Blue Eyed Line. Secara administratif Negara Belarus terbagi menjadi 1 kota khusus yaitu Minsk dan 6 provinsi antara lain Brest, Homyel, Hrodna, Mahilyow, Minsk, dan Vitsebsk. Mayoritas penduduk Belarus menganut Kristen Orthodox Rusia dan Katholik.

  1. Bulgaria

Bulgaria adalah negara di Eropa Timur yang memiliki wilayah terluas ke-16 di Benua Eropa. Berikut profil singkat negara Bulgaria.

  • Ibukota : Sofia
  • Pemerintahan : Republik Parlementer
  • Luas Wilayah : 110.994 km2
  • Mata uang : Lev Bulgaria
  • Bahasa : Bulgaria

Secara geografis Bulgaria berbatasan langsung dengan Rumania di sebelah utara, Makedonia dan Serbia di sebelah barat, Laut Hitam di sebelah timur, dan Yunani dan Turki di sebelah selatan. Pada awal berdiri Bulgaria memiliki bentuk pemerintahan berupa kerajaan dan sempat dikuasai oleh Kekhalifahan Ustmaniyah sebelum dikalahkan pada Perang Salib. Saat ini dengan pemerintahan berbentuk Republik setelah Perang Dunia II usai. Secara geografis bentang alam Bulgaria termasuk variatif mulai dari salju di Puncak Alpen dan Pegunungan Balkan sampai ke pesisir Laut Hitam di bagian timur. Sumber daya alam Bulgaria berasal dari tembaga, mangan, timbal, seng, emas, besi, perak, uranium, marmer, kaolin, dan yang lainnya. Pendapatan negara berasal dari produksi bahan tambang dan manufaktur. Terdapat 540 sungai yang mengalir di negara ini. Selain itu terdapat 3 taman nasional dengan 35% daratan yang dipenuhi hutan. Terdapat beberapa ragam fauna yang berhabitat disini yaitu beruang coklat, serigala, elang, dan cerpelai.

  1. Hongaria

Hongaria atau Hungaria adalah negara yang hanya memiliki daratan dan tidak memiliki laut. Negara ini dikepung oleh Austria di sebelah barat, Slowakia di sebelah utara, Ukraina di sebelah timur, dan Kroasia dan Serbia di sebelah selatan. Berikut adalah profil singkatnya.

  • Ibukota : Budapest
  • Pemerintahan : Republik Parlementer
  • Luas Wilayah : 93.030 km2
  • Mata uang : Forint
  • Bahasa : Hongaria

Secara geografis Hongaria dibagi oleh 2 sungai yang mengalir yaitu Sungai Tisza dan Danube. Iklim benua menyebabkan musim dingin yang lembab dan berawan serta musim panas yang hangat sampai panas. Sejak tahun 2004 Hongaria bergabung dengan Uni Eropa dan menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang meningkat tajam. 80% pendapatan domestik bruto disumbangkan oleh sektor swasta. Hingga saat ini Hongaria tercatat sebagai negara yang memiliki salah satu standar kehidupan tertinggi di Eropa Timur. Ibukota Hongaria yaitu Budapest adalah kota terbesar di negara ini. Terdapat banyak situs historical dan museum / monumen bersejarah di dalam Budapest. Keindahan arsitektur di Budapest menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung kesini.

  1. Ukraina

Ukraina adalah salah satu negara pecahan Uni Soviet yang berbatasan langsung dengan Rusia. Berikut adalah profil singkat negara ini.

  • Ibukota : Kiev
  • Pemerintahan : Republik semi Presidensial
  • Luas Wilayah : 603.500 km2
  • Mata uang : Hryvnia
  • Bahasa : Ukraina

Ukraina adalah negara dengan luas wilayah terbesar di Benua Eropa. Dari penduduknya yang berkisar sejumlah 44,5 juta jiwa, Ukrania menduduki peringkat ke-32 terbanyak di dunia. Lanskap Ukraina terdiri dari dataran yang subur dan plato. Sumber daya alam yang dihasilkan berupa barang tambang seperti batu bara, biji besi, mangan, minyak bumi, nikel, dan lainnya. Tanah permukaan Ukraina terdiri dari tanah hitam sebanyak 2/3 bagian yang menjadikan Ukraina sebagai salah satu negara tersubur di dunia. Selain itu hutan Ukraina adalah rumah berbagai flora, fauna, jamur, dan mikroorganisme. Sejauh ini terdapat lebih dari 6.600 jamur yang sudah tercatat. Dari segi ekonomi setelah berpisah dari Uni Soviet, Ukraina masuk ke dalam jurang kemiskinan dan beralih dari ekonomi terencana ke ekonomi pasar. Saat ini Ukraina termasuk ke dalam negara berkembang di Eropa Timur.

  1. Moldova

Moldova adalah salah satu negara kecil di Eropa Timur yang terletak diantara Rumania dan Ukraina. Berikut adalah profil singkat negara Moldova.

  • Ibukota : Chisinau
  • Pemerintahan : Republik Parlementer
  • Luas Wilayah : 33.846 km2
  • Mata uang : Leu Moldova
  • Bahasa : Rumania

Moldova mendeklarasikan kemerdekaan di tahun 1991 setelah berpisah dari Uni Soviet. Dari segi geografis terdapat 2 sungai yang mengaliri negara daratan ini yaitu Sungai Dniester dan Prut. Tanah di Moldova terbentuk dari 745 jenis-jenis tanah. Para penduduknya mengandalkan hasil pertanian untuk bertahan hidup sehingga Moldova menjadi pemasok Utama agrikultur di Eropa Timur. Moldova hanya memiliki sedikit cadangan minyak bumi dan gas alam. Sumber daya alam yang dihasilkan berjenis material bangunan, bahan mentah semen, besi, dan kaca.

  1. Ceko

Pada tahun 2017 WHO mengeluarkan data terbaru mengenai daftar negara dengan penduduk tidak sehat di dunia. Ternyata peringkat pertama jatuh kepada negara Ceko, salah satu negara berkembang di Eropa Timur. Lebih lengkapnya berikut kita simak profil singkat Negara Ceko.

  • Ibukota : Praha
  • Pemerintahan : Republik Parlementer
  • Luas Wilayah : 78.866 km2
  • Mata uang : Koruna
  • Bahasa : Ceko

Negara Ceko terbentuk setelah bubarnya Negara Cekoslowakia di tahun 1993. Ceko tidak memiliki laut dan dikelilingi oleh negara Eropa Timur lainnya seperti Austria, Jerman, Slowakia, dan Polandia. Karena tidak memiliki pantai, para warganya harus ke luar negeri untuk mengunjungi pantai. Pantai terdekat ada di negara Kroasia yang merupakan negara tetangganya. Perekonomian Ceko bersandar pada ekspor manufaktur seperti industri kristal, metal, mobil, elektronik, kimia, dan bir. Ceko sangat terkenal dengan produksi birnya yang bermutu tinggi. Ceko mengekspor bir ke negara-negara di dunia, akibatnya harga bir di negara ini sangatlah murah bahkan lebih murah daripada air mineral biasa. Daya tarik pariwisata Ceko terletak pada bangunan dengan arsitektur indah. Terdapat sekitar 1.600 kastil yang tersebar di seluruh kota.

  1. Polandia

Polandia adalah salah satu negara di Eropa Timur yang pernah memiliki raja sebagai pemimpin pemerintahan tertinggi. Berikut adalah profil singkat negara ini.

  • Ibukota : Warsawa
  • Pemerintahan : Republik Parlementer
  • Luas Wilayah : 312.679 km2
  • Mata uang : Zloty
  • Bahasa : Polandia

Polandia berbatasan langsung dengan Belarus dan Ukraina di sebelah barat, Ceko dan Slowakia di sebelah selatan, dan Rusia di sebelah timur laut. Negara Polandia memiliki bendera yang memiliki warna sama dengan Bendera Merah Putih namun dengan komposisi putih di atas dan merah di bawah. Polandia memiliki wilayah berupa dataran rendah dengan banyak danau dan hutan-hutan kecil. Sungai terpanjang di Polandia adalah Sungai Vistula yang bermuara di Laut Baltik. Sumber daya alam Polandia berasal dari tembaga, gas alam, batu bara, timbal, seng, belerang. Cadangan batu bara yang melimpah menjadikan Polandia sebagai produsen dan pemasok utama dan terkenal di dunia. Pertumbuhan ekonomi Polandia ditopang oleh industri manufaktur, pertanian, dan perdagangan.

  1. Rumania

Rumania adalah negara di Eropa Timur yang mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi setelah reformasi dan bergabung dengan Uni Eropa di tahun 2007. Berikut profil singkat negara ini.

  • Ibukota : Bukares
  • Pemerintahan : Republik semi Presidensial
  • Luas Wilayah : 238.391 km2
  • Mata uang : Leu Rumania
  • Bahasa : Rumania

Secara geografis Rumania memiliki dataran yang datar dengan tanah yang subur. Wilayah Rumania terbagi menjadi 6 daerah yaitu Transylvania, Bukovina, Moldavia, Banat, Walachia, dan Dobruja. Sungai Danube adalah sungai yang paling penting di Rumania, terdapat kanal sepanjang 640 km yang menghubungkannya dengan Laut Hitam. Karena tanahnya yang subur, 60% lahannya cocok untuk pertanuan. Sumber daya alam yang berasal dari tanah Rumania adalah emas, perak, tembaga, minyak bumi, gas alam, batu bara, bijih besi, dan garam. Secara ekonomi Rumania memiliki industri manufaktur berat, pertambangan, dan hasil pertanian yang menyumbang pendapatan negara ini.

9. Slowakia

Slowakia adalah negara republik yang merupahan pecahan Cekoslowakia. Berikut adalah profil singkat negara ini.

  • Ibukota : Bratislava
  • Pemerintahan : Republik Parlementer
  • Luas Wilayah : 49.035 km2
  • Mata uang : Euro
  • Bahasa : Slowakia

Secara geografis negara Slowakia merupakan dataran rendah dan memiliki alam pegunungan. Bratislava sebagai ibukota negara ini adalah sebuah kota yang unik. Karena ini adalah satu-satunya kota yang berada di dua negara yaitu Austria dan Hungaria. Bratislava memiliki bangunan-bangunan tua yang artistik dan sudah berdiri kokoh sejak abad ke-12. Salah satunya St Michael’s Gate yang berfungsi sebagai benteng kota di zaman dahulu. Dari segi ekonomi sejak bergabung dengan Uni Eropa tahun 2004, Slowakia mengalami transformasi perekonomian dengan privatisasi besar-besaran dan peningkatan investasi asing ke dalam negeri. Slowakia berada di posisi yang strategis dan menghubungkan perekonomian di Eropa Tengah dan Timur. Saat ini Slowekia merupakan negara tujuan investasi pertama di kawasan Eropa Timur terutama investasi di bidang ilmu pengetahuan, riset terapan, dan industri berteknologi tinggi.

Sekian pembahasan kali ini mengenai negara-negara di Eropa Timur. Semoga artikel ini bisa memberikan insight lebih dan menambah pengetahuan kita mengenai negara berkembang di Eropa khususnya di bagian Timur. Sampai jumpa di artikel lainnya!.

Current rating: 5

Comments

Riddles

22nd Jul- 2020, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20 Oct- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20Aug- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
10Aug- 2019, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
10Aug- 2015, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments

More News  »

What is Lifetime Value of customer

Recent news

Have you ever heard about LTV? well if you talk about Macroprudential policy, it will be loan to value. But if you talk about startups and the world of tech, it refers to the Lifetime value of a company. 

read more
3 weeks ago

Mengenal lebih dalam kurikulum merdeka

Recent news

Akhirnya Indonesia menerapkan kurikulum merdeka, namun sebenarnya apa sih itu kurikulum merdeka? 

read more
1 month ago

How to understand the impact of interactive variable from interaction model to depended variable

Recent news

I tried from my own research. And here it is

read more
1 month, 1 week ago

Thing you should do, to not clutter the social media

Recent news

There 7 things that really move the needle when it comes to social media. They aren’t always easy, but they really do produce results.

read more
1 month, 2 weeks ago

Elektabilitas cawapres 2024, Erick Thohir paling atas

Recent news

Jelang Pilpres 2024, sejumlah nama telah teridentifikasi dan mendapat dukungan publik. Tiga teratas capres sejauh ini adalah Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Ketiganya memang telah mengantongi dukungan dari beberapa partai politik. Namun, dukungan pada ketiganya tampak masih belum ajeg. Hal ini menunjukkan bahwa preferensi publik juga belum ajeg, masih rentan terhadap perkembangan situasi politik maupun kondisi lain.

read more
7 months ago

Perbedaan pandangan Dr Soepomo, Muh Yamin, dan Soekarno terhadap UUD 45

Recent news

Sebelum negara Indonesia merdeka, terdapat berbagai organisasi seperti BPUPKI. Di BPUPKI sendiri ada beragam peristiwa bersejarah. Misalnya adalah lahirnya pandangan Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno terhadap negara merdeka.
Pandangan ini lahir pada Sidang BPUPKI I di tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945. Nantinya, pandangan ini akan berpengaruh terhadap kehidupan bangsa dan negara Indonesia setelah merdeka

Pandangan Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno terhadap Negara Merdeka pada Sidang BPUPKI

Mengutip buku IPS Terpadu – Jilid 2B, Sri Pujiastuti, dkk (2007:3), BPUPKI adalah singkatan dari Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. BPUPKI lahir akibat janji PM Koiso untuk memerdekakan Indonesia agar Indonesia mau membantu Jepang melawan sekutu.
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, terdapat berbagai hal yang terjadi selama BPUPKI terbentuk. Contohnya adalah lahirnya pandangan Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno terhadap negara merdeka pada Sidang BPUPKI I. Berikut penjelasannya:

1. Mohammad Yamin

Mohammad Yamin berpidato pada tanggal 29 Mei 1945, yakni pada hari pertama Sidang BPUPKI I. Dalam pidato tersebut, Mohammad Yamin mengemukakan bahwa Indonesia harus merdeka berdasarkan peradaban bangsa sendiri, buka meniru negara lainnya.
Selain itu, beliau juga mengatakan bahwa Indonesia yang akan dibentuk meruppakan negara rakyat dalam suatu republik. Negara ini dipimpin oleh kepala negara pilihan serta dijalankan oleh kementerian dan bertanggung jawab pada majelis musyawarah

2. Soepomo

Soepomo menyatakan pandangannya akan negara merdeka pada tanggal 31 Mei 1945. Beliau berpendapat mengenai konsep negara integralistik yang mempunyai beberapa ciri-ciri, yakni:
  • Negara merupakan pengejawantahan secara organik oleh warga negara

read more
7 months ago

Sepuluh fakta menarik tentang Jepang yang banyak orang belum tahu

Recent news

Berikut adalah 10 fakta menarik tentang Jepang yang mungkin tidak banyak diketahui orang:

read more
7 months ago

Kumpulan rumus rumus fisika

Recent news

Rumus-rumus Fisika memang terkadang sulit dipahami. Butuh ketelitian dan kesabaran dalam mencerna setiap pembahasannya. Sobat notafraid yang mungkin berencana masuk IPA atau sudah masuk jurusan tersebut pasti merasakan hal seperti itu.

read more
7 months, 1 week ago

More News »

Generic placeholder image

Collaboratively administrate empowered markets via plug-and-play networks. Dynamically procrastinate B2C users after installed base benefits. Dramatically visualize customer directed convergence without