Cara membuat visa transit Dubai

(Comments)

Cara Membuat Visa Transit Dubai & Info Terbaru Wisatawan Wajib Tahu

Kamu berencana pergi ke sebuah negara tetapi tiketnya mengharuskan transit di Dubai? Apakah sebagai orang Indonesia kita harus memiliki visa khusus walaupun hanya transit di Dubai? Bila harus, tentunya kamu ingin tahu bagaimana cara membuat visa transit Dubai, sehingga perjalanan kamu tidak mengalami kendala.

Sebelum kita membahas bagaimana caranya dan everything you need to know tentang cara membuat visa transit ini, sebaiknya kita mulai dengan mengenal apa itu visa transit terlebih dahulu.

Apa Itu Visa Transit

Sumber: Pexels @n-voitkevich

Apa yang menjadi perbedaan antara visa umum dengan visa transit? Secara sederhana, sebuah visa adalah dokumen penting yang mengizinkan seseorang untuk memasuki sebuah negara dan tinggal selama periode tertentu.

Sesuai dengan namanya, visa transit adalah salah satu jenis visa yang diberikan kepada seseorang yang memasuki suatu negara melalui sebuah bandara dan harus berada di sana lebih dari 8 jam, sebagai bagian dari perjalanan menuju destinasi utama.

Dengan kata lain, negara yang kamu masuki menggunakan visa transit bukan negara tujuan utama, yang bisa kamu buktikan dengan menunjukkan tiket pesawat menuju ke destinasi utama.

Melalui penjelasan ini, kamu bisa mengetahui bahwa visa transit Dubai, Emirates merupakan jenis visa yang kamu butuhkan ketika akan melakukan transit di Dubai sebagai bagian dari perjalanan.

Apakah Warga Negara Indonesia Membutuhkan Visa Transit Dubai?

Sumber: imigrasi.go.id

Lalu, sebagai warga negara Indonesia, apakah kamu membutuhkan visa transit Dubai untuk orang Indonesia? Sampai sekarang, sesuai dengan aturan dari pihak imigrasi Uni Emirat Arab, warga negara Indonesia wajib memiliki visa transit ketika harus melakukan transit di Dubai.

Jadi, pastikan bahwa kamu telah terlebih dahulu memiliki visa transit sebelum berangkat ya. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari masalah yang mungkin saja terjadi.

Cara Membuat Visa Transit Dubai

Sumber: Pixabay @mohamed_hassan-5229782

Sekarang kamu sudah mengetahui bahwa sebagai warga negara Indonesia wajib memiliki visa transit ketika berada di Dubai. Lalu, bagaimana cara membuat visa transit Dubai? For your information, Kedutaan Besar Uni Emirat Arab tidak menyediakan layanan visa secara langsung ke pribadi.

Semua proses pengajuan visa harus melalui maskapai yang berkantor pusat di Dubai, travel agent, atau juga hotel. Karena perjalanan ke Dubai pasti menggunakan pesawat, maka lebih mudah bagi kamu untuk memilih salah satu maskapai penerbangan yang berkantor pusat di Dubai, yaitu Emirates.

Cara membuat visa Dubai online untuk transit ternyata cukup mudah bila menggunakan maskapai Emirates. Kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut ini:

1. Membeli Tiket Pesawat Emirates

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa cara membuat visa transit Dubai harus melalui salah satu lembaga yang mendapatkan persetujuan pemerintah Uni Emirat Arab. Dalam hal ini, kamu harus memiliki tiket dari maskapai Emirates, sehingga proses pengajuan visa transit bisa melalui website resmi maskapai ini.

2. Masuklah ke Website Resmi Emirates

Setelah kamu membuka website Emirates dan login, masuklah ke bagian “Manage Booking/Check In”. Isilah pada bagian “Last Name” dan “Booking Reference”. Selanjutnya, tekan pada bagian “Manage Booking”. Pada halaman selanjutnya, kamu tinggal mencari “Apply for your UAE Visa” di bagian bawah.

3. Mulailah Mengisi Formulir Pengajuan Visa

Cara mengurus visa transit Dubai selanjutnya adalah dengan mengisi formulir pengajuan visa. Pada halaman ‘Online UAE Visa Application’, lanjut dengan tekan pada bagian “Continue to Visa Application”. Kamu tinggal memilih salah satu pilihan waktu yang tersedia.

Jangan lupa untuk centang pada bagian “Terms and Conditions” serta “Privacy Policy”,. Lanjutkan dengan menekan “Continue”.

4. Mengisi Data Diri

Langkah selanjutnya dalam cara membuat visa transit Dubai adalah dengan mengisi data diri. Pastikan informasi yang kamu berikan jelas dan valid untuk menghindari hal-hal yang tidak kamu inginkan dan akan merugikan kamu di kemudian hari. Lanjutkan proses dengan menekan “Continue”.

5. Upload Dokumen Sah Sesuai dengan Syarat yang Ditentukan

Beberapa dokumen yang wajib kamu serahkan yaitu:

Bagian halaman pertama dan halaman belakang paspor
Pas foto ukuran 3,5x4,5 cm dengan latar putih. Karena ukuran data harus kecil, kamu bisa melakukan resize pada website Emirates.
Dokumen pendukung seperti foto identitas diri (KTP), surat keterangan bekerja, atau rekening koran.

6. Lakukan Pembayaran Pengajuan Visa Transit

Berikutnya, kamu harus melakukan pembayaran biaya pengajuan sesuai dengan nilai yang tertera, bias menggunakan kartu kredit atau debit. Kamu akan menerima email pemberitahuan ketika pembayarannya sudah berhasil.

7. Menerima Hasil Pengajuan Visa Transit

Setelah semua proses kamu lakukan, saatnya untuk menunggu dan menerima hasil dari pengajuan visa transit. Pemberitahuan bahwa visa kamu sudah approved akan kamu terima melalui email.

Syarat Pembuatan Visa Transit Dubai

Sumber: Unsplash @jaimie_96

Sama seperti visa pada umumnya, cara membuat visa transit Dubai juga memerlukan beberapa syarat yang harus kamu penuhi. Apa saja syarat visa Dubai 2022 yang harus kamu penuhi? Berikut ini beberapa syarat, yaitu:

1.
Memiliki paspor yang masih valid minimal 3 bulan sebelum keberangkatan.
2.
Fotokopi berwarna paspor
3.
Pas foto berwarna
4.
Formulir pengajuan visa yang asli
5.
Fotokopi tiket pesawat

Waktu Pembuatan Visa Transit Dubai dan Masa Berlakunya

Sumber: Pixabay @jackmac34-483877

Sebagai bentuk layanan kepada para pengunjung, pemerintah Uni Emirat Arab memberikan kemudahan pada orang-orang yang mengajukan visa. Waktu yang kamu butuhkan untuk membuat visa transit Dubai tidak lama, hanya berkisar 3 sampai 4 hari saja.

Ada 2 jenis visa transit yang bisa kamu pilih, yaitu yang memiliki masa berlaku 48 jam dan 96 jam. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Biaya Pembuatan Visa Transit Dubai

Sumber: Pixabay @techphotogal-1739491

Karena jenis visa transit ini berbeda dengan visa pada umumnya, maka biayanya tidaklah sebesar biaya visa lainnya. Lalu, berapa biaya visa transit Dubai yang harus kamu bayarkan? Nilai uang yang harus kamu bayarkan bergantung pada jenis visa yang kamu pilih.

Ada 2 pilihan jenis visa, dan kamu bisa melihat nilainya pada tabel di bawah ini.

Jenis Visa

Estimasi Biaya

48 jam

USD 10

96 jam

USD 30

Itulah informasi lengkap mengenai cara membuat visa transit Dubai yang bisa kamu dapatkan. Bagi kamu yang baru pertama kali transit di Dubai, pastinya kamu belum tahu bahwa cara membuat visa transit Dubai harus melalui maskapai penerbangan yang memiliki homebase di Dubai, agen travel, atau hotel.

Agar kamu tidak kesulitan dan juga lebih memudahkan kamu dalam cara membuat visa transit Dubai, segera pesan tiket Emirates melalui Traveloka. Dengan aplikasi Traveloka, pemesanan tiket pesawat jadi lebih mudah.

Currently unrated

Comments

Riddles

22nd Jul- 2020, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20 Oct- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20Aug- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
10Aug- 2019, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
10Aug- 2015, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments

More News  »

What is Lifetime Value of customer

Recent news

Have you ever heard about LTV? well if you talk about Macroprudential policy, it will be loan to value. But if you talk about startups and the world of tech, it refers to the Lifetime value of a company. 

read more
2 weeks, 6 days ago

Mengenal lebih dalam kurikulum merdeka

Recent news

Akhirnya Indonesia menerapkan kurikulum merdeka, namun sebenarnya apa sih itu kurikulum merdeka? 

read more
4 weeks, 1 day ago

How to understand the impact of interactive variable from interaction model to depended variable

Recent news

I tried from my own research. And here it is

read more
1 month, 1 week ago

Thing you should do, to not clutter the social media

Recent news

There 7 things that really move the needle when it comes to social media. They aren’t always easy, but they really do produce results.

read more
1 month, 1 week ago

Elektabilitas cawapres 2024, Erick Thohir paling atas

Recent news

Jelang Pilpres 2024, sejumlah nama telah teridentifikasi dan mendapat dukungan publik. Tiga teratas capres sejauh ini adalah Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Ketiganya memang telah mengantongi dukungan dari beberapa partai politik. Namun, dukungan pada ketiganya tampak masih belum ajeg. Hal ini menunjukkan bahwa preferensi publik juga belum ajeg, masih rentan terhadap perkembangan situasi politik maupun kondisi lain.

read more
6 months, 4 weeks ago

Perbedaan pandangan Dr Soepomo, Muh Yamin, dan Soekarno terhadap UUD 45

Recent news

Sebelum negara Indonesia merdeka, terdapat berbagai organisasi seperti BPUPKI. Di BPUPKI sendiri ada beragam peristiwa bersejarah. Misalnya adalah lahirnya pandangan Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno terhadap negara merdeka.
Pandangan ini lahir pada Sidang BPUPKI I di tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945. Nantinya, pandangan ini akan berpengaruh terhadap kehidupan bangsa dan negara Indonesia setelah merdeka

Pandangan Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno terhadap Negara Merdeka pada Sidang BPUPKI

Mengutip buku IPS Terpadu – Jilid 2B, Sri Pujiastuti, dkk (2007:3), BPUPKI adalah singkatan dari Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. BPUPKI lahir akibat janji PM Koiso untuk memerdekakan Indonesia agar Indonesia mau membantu Jepang melawan sekutu.
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, terdapat berbagai hal yang terjadi selama BPUPKI terbentuk. Contohnya adalah lahirnya pandangan Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno terhadap negara merdeka pada Sidang BPUPKI I. Berikut penjelasannya:

1. Mohammad Yamin

Mohammad Yamin berpidato pada tanggal 29 Mei 1945, yakni pada hari pertama Sidang BPUPKI I. Dalam pidato tersebut, Mohammad Yamin mengemukakan bahwa Indonesia harus merdeka berdasarkan peradaban bangsa sendiri, buka meniru negara lainnya.
Selain itu, beliau juga mengatakan bahwa Indonesia yang akan dibentuk meruppakan negara rakyat dalam suatu republik. Negara ini dipimpin oleh kepala negara pilihan serta dijalankan oleh kementerian dan bertanggung jawab pada majelis musyawarah

2. Soepomo

Soepomo menyatakan pandangannya akan negara merdeka pada tanggal 31 Mei 1945. Beliau berpendapat mengenai konsep negara integralistik yang mempunyai beberapa ciri-ciri, yakni:
  • Negara merupakan pengejawantahan secara organik oleh warga negara

read more
7 months ago

Sepuluh fakta menarik tentang Jepang yang banyak orang belum tahu

Recent news

Berikut adalah 10 fakta menarik tentang Jepang yang mungkin tidak banyak diketahui orang:

read more
7 months ago

Kumpulan rumus rumus fisika

Recent news

Rumus-rumus Fisika memang terkadang sulit dipahami. Butuh ketelitian dan kesabaran dalam mencerna setiap pembahasannya. Sobat notafraid yang mungkin berencana masuk IPA atau sudah masuk jurusan tersebut pasti merasakan hal seperti itu.

read more
7 months, 1 week ago

More News »

Generic placeholder image

Collaboratively administrate empowered markets via plug-and-play networks. Dynamically procrastinate B2C users after installed base benefits. Dramatically visualize customer directed convergence without