Dukung program 1000 startup Indonesia.


Reading Time: 1

Melihat trend yang berkembang saat ini, sangat menarik memperhatikan bahwa Indonesia sedang fokus pada gerakan 1000 startup. Salah satu video yang dikemas apik adalah #1000StartupDigital.

Di sini saya melihat bahwa memang kondisi Indonesia sangat membutuhkan startup. Melihat bahwa dari sisi kekuatan konsumen, market di Indonesia yang memiliki 93 juta pengguna internet adalah kekuatan tersendiri. Meski demikian perlu dipahami bahwa 93 juta ini sebagian besar adalah pengguna internet melalui aplikasi mobile.

Tentunya perlu pendekatan tersendiri bagaimana agar dapat memenangkan market ini. Tantangan terbesar yang lain adalah menciptakan aplikasi yang ringan karena walau di beberapa tempat akses internet di Indonesia sangat lah cepat seperti kota kota besar Jakarta, Medan, Bandung, Surabaya, dan Jogjakarta namun masyarakat kita sangatlah picky atau pemilih dalam menggunakan layanan produk karena batasan bandwidth pulsa.

Di samping itu hal menarik bahwa pendekatan pembuatan startup di mana menggunakan istilah hacker, hipster, dan hustler ternyata sangat menarik. Karena memang dari ketiga komponen itu sangat lah benar bahwa dalam pembuatan produk startup pasti ada 3 komponen penting ini. Pengalaman saat saya bekerja untuk Brainly dan Tessy, ketiga faktor ini selalu ada.